5 Sikap Konservatif yang Bisa Merugikan Keuangan di Masa Depan – Semua orang di dunia ini pasti mencari keamanan finansial agar bisa hidup dengan nyaman dan tidak memiliki masalah keuangan di masa depan.

Masalahnya adalah karena rasa khawatir yang berlebihan membuat mereka tidak berani mengambil langkah untuk memulai sesuatu.

Selain itu keputusan keuangan yang dilakukan juga terlalu konservatif. Tanpa disadari sikap yang konservatif tersebut bisa merugikan diri Anda sendiri di masa depan.

Tidak percaya? Simak pembahasan selengkapnya di bawah ini.

5 Sikap Konservatif yang Bisa Merugikan Keuangan di Masa Depan

1Terlalu Banyak Memiliki Dana Cair

uang - rupiah - 5 Alasan Mengapa Harus Terus Meningkatkan Pengetahuan tentang Uang, Meskipun Anda Telah Kaya Raya

Memiliki dana darurat di dalam tabungan sangat bermanfaat untuk memenuhi kebutuhan tak terduga, seperti biaya perbaikan mobil atau biaya kesehatan.

Baca juga: 3 Insting Manusia yang Ternyata Bisa Membahayakan Investasi Mereka

Meskipun penting, jangan sampai menyimpan dana di dalam tabungan terlalu besar hanya karena terlalu khawatir dengan keadaan darurat di masa depan.

Hal yang perlu diingat adalah setiap kelebihan uang yang tersimpan di dalam rekening tabungan adalah jumlah uang yang bisa diinvestasikan ke produk investasi dengan tingkat pengembalian yang lebih besar.


2Selalu Membeli Barang Termurah

belanja baju - pakaian - shopping - 7 Alasan Anda Tidak Perlu Membeli Pakaian Berdasarkan Tren, Bijaklah Menghabiskan Uang! Mau Tampil Maksimal Tanpa Biaya Mahal? Ini Triknya! - belajar self-love - manajemen keuangan

Kebiasaan berhemat adalah hal yang baik agar Anda bisa terbebas dari permasalahan keuangan di masa depan.

Baca juga: 4 Jenis Orang Berdasarkan Cara Mengelola Anggaran Keuangan

Masalahnya adalah saat selalu mencari barang dengan harga yang paling murah bisa jadi Anda akan membakar banyak uang dalam jangka panjang.

Bagaimana hal tersebut bisa terjadi?

Sebab barang dengan harga yang lebih murah biasanya memiliki kualitas yang rendah. Itu artinya Anda akan lebih cepat mengganti barang tersebut dan mengeluarkan lebih banyak biaya dalam jangka panjang.


3Memiliki Portofolio Investasi yang Terlalu Konservatif

investasi meeting keuangan

Banyak orang menghindari pasar saham karena dinilai terlalu beresiko, meskipun saham mampu menawarkan imbal hasil yang sangat tinggi.

Padahal saat masih muda, inilah saat yang tepat untuk mengambil resiko tinggi karena saat ini Anda belum memiliki banyak tanggung jawab keuangan.

Baca juga: 3 Konsep Dasar Investasi yang Perlu Diketahui Oleh Para Pemula

Semakin bertambah usia dan mendekati masa pensiun, Anda bisa menempatkan dana ke produk investasi yang lebih aman seperti deposito, reksadana, atau emas.

Anda juga bisa berinvestasi di KoinWorks yang merupakan platform investasi peer to peer lending yang menawarkan imbal hasil hingga 21% per tahun. Modal awal untuk mulai berinvestasi di KoinWorks sangatlah rendah yaitu sekitar Rp100.000 saja.

Ayo mulai mempersiapkan masa depan dari sekarang!


4Tetap Pada Pekerjaan yang Sama

akibat-kartu kredit-terror-utang - dampak negatif cashless society

Jika Anda senang dengan pekerjaan yang dilakukan saat ini dan mendapatkan gaji serta tunjangan yang layak, maka pekerjaan tersebut bisa dipertahankan.

Masalahnya adalah ada beberapa bukti yang memperlihatkan bahwa karyawan yang bertahan dalam sebuah pekerjaan lebih dari 2 tahun biasanya mendapatkan penghasilan 50% lebih sedikit dari mereka yang berganti pekerjaan.


5Ingin Memperbaiki Semuanya Seorang Diri

multitasking - 4 Alasan Utama yang Membuat Banyak Orang Mengubur Impian Mereka -7 Tanda Anda Bekerja Berlebihan, Yuk Utamakan Kesehatan Anda!

Tujuan dari memperbaiki seorang diri adalah untuk menghemat uang, bisa berupa mengganti oli mobil, memperbaiki kran air, dan lain sebagainya.

Permasalahannya adalah semua manusia memiliki keterbatasan begitu juga dengan Anda. Ada banyak sekali contoh saat usaha untuk memperbaiki sesuatu bisa membuat masalah menjadi lebih buruk.

Tidak ada salahnya untuk mempekerjakan seorang profesional untuk menangani perbaikan. Cara seperti ini memungkinkan setiap hal dilakukan dengan benar dan tepat. Anda juga berpotensi untuk menghemat uang dalam jangka panjang.

Itulah 5 sikap konservatif yang tanpa disadari bisa merugikan diri Anda sendiri di masa depan. Semoga pembahasan di atas menginspirasi Anda semua yang telah membacanya.


Agar kami dapat memahami kebutuhan informasi Anda dengan baik dan menyediakan konten yang berkualitas serta informatif kepada setiap pembaca, mohon luangkan waktu untuk mengisi survei singkat berikut:

Isi Survei
.

Tersedia di:  

Mulai perjalanan finansialmu, dengan caramu.

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.