Home » Strategi Bisnis » 5 Cara Membangun Keterikatan Emosi Konsumen Bisnis Sepatu Anak

5 Cara Membangun Keterikatan Emosi Konsumen Bisnis Sepatu Anak

Relasi antara sebuah bisnis dengan konsumen pada masa kini tidak cukup hanya sebatas bersifat transaksional. Keterikatan emosi dibutuhkan untuk menjalin relasi jangka panjang, sehingga konsumen menjadi pelanggan setia.

Teknik emotional marketing adalah salah satu strategi untuk membangun keterikatan emosi dengan konsumen dalam bisnis sepatu anak.

Mengapa Penting Membangun Keterikatan Emosi?

Sebuah penelitian oleh Nielsen membuktikan bahwa keterlibatan emosi dalam iklan mampu mendongkrak penjualan hingga 23%. Penelitian ini menunjukkan bahwa emosi berpengaruh penting terhadap keputusan pembelian.

Di sisi lain, Sipralytics, menjelaskan bahwa orang-orang yang tersentuh secara emosi turut merasakan apa yang tampil pada iklan. Hal ini membuat mereka percaya pada pesan yang disampaikan.

Jadi, apabila kamu bermaksud untuk melakukan brand awareness atau meningkatkan angka penjualan, cobalah untuk menyentuh emosi konsumen. Lantas, bagaimana caranya?

5 Cara Membangun Keterikatan Emosi Konsumen

Berikut ini ada 5 cara untuk membangun keterikatan emosi antara bisnis sepatu kamu dengan konsumen:

1. Storytelling

Teknik ini sesuai untuk membangun keterikatan emosi konsumen bisnis sepatu anak. Kamu dapat menerapkannya dalam bentuk video iklan di media sosial, website brand, serta tayangan di offline store.

Sebagai contoh, video berisi beberapa anak yang bermain gembira di playground dengan sepatu barunya. Salah satu anak, lalu menginjak tumpahan jus di lantai namun tidak terpeleset karena kualitas sol sepatu yang baik.

Selain menyampaikan pesan informasi tentang kualitas produk, kamu perlu memberi penekanan pada ekspresi kegembiraan anak-anak dan kekuatiran orang tua yang berujung kelegaan ini.

2. Copywriting yang Kreatif

Kamu bisa menggunakan kata-kata yang memiliki kesan menyenangkan dan hangatnya kedekatan relasi. Misalnya, kalimat “kami mengundang Anda dan si kecil untuk merayakan kenaikan kelas”, sebagai bagian dari promosi diskon waktu tertentu.

Kalimat tersebut menimbulkan kesan adanya relasi yang intim dan turut bergembira atas kegembiraan konsumen.

Contoh lainnya, “lompatan tertinggi si kecil adalah kebahagiaan kami”. Penggunaan kalimat semacam ini sebagai caption tak hanya akan memberikan gambaran nyata tentang sepatu anak yang ringan untuk melompat dan berlari.

Namun, juga sebagai pesan pada orang tua bahwa brand sepatu anak kamu berada pada pihak yang sama dengan orang tua dalam hal mendukung tumbuh kembang anak.

3. Keunikan Desain

Bantu konsumen untuk mudah terikat secara emosi dengan brand sepatu anak melalui desain yang unik. Desain yang dimaksud tidak hanya pada produk sepatu itu sendiri.

Hal lain seperti tema interior store, mascot, kardus sepatu, seragam staff, hingga musik yang diperdengarkan di toko. Berusahalah untuk menciptakan nuansa yang berbeda ketika konsumen melangkah masuk ke toko.

Misalnya, jika kamu menerapkan tema playground untuk interior store. Kamu bisa menggunakan karpet karet warna-warni, rak sepatu yang penuh warna, menyediakan perosotan indoor, serta membuat lagu jingle yang khas.

Buat anak-anak tidak hanya merasa terkesan karena mendapatkan sepatu baru, tetapi juga kegembiraan ketika ia datang ke toko. Lain kali, anak-anak akan mengajak orang tuanya untuk kembali ke toko kamu.

4. Pelayanan Bintang Lima

Konsumen umumnya hanya mengingat pelayanan yang sangat baik dan sangat buruk. Pelayanan yang hanya rata-rata tidak akan mampu mengusik emosi. Oleh karena itu, kamu wajib memberikan pelayanan bintang lima untuk membangun keterikatan emosi dengan konsumen. Beberapa hal yang dapat kamu lakukan antara lain:

Senyum dan Keramahan

Senyum menularkan kebahagiaan. Sebuah penelitian di Swedia menyebutkan bahwa orang akan secara otomatis terpicu untuk tersenyum ketika melihat wajah orang lain yang tersenyum padanya.

Oleh karena itu, layanan toko yang penuh senyum dan keramahan tentu akan membuat konsumen nyaman dan senang ketika berbelanja.

Respon yang Cepat dan Humanis

Sediakan kontak yang dapat dihubungi oleh para pelanggan yang ingin mencari informasi atau bahkan mengeluh. Kamu juga perlu pastikan bahwa staf yang bertugas akan melayani dengan cepat dan humanis. 

Cepat berarti segera merespon tiap pesan yang masuk. Sedangkan sisi humanis dapat kamu tunjukkan dengan gaya bahasa yang luwes atau tidak kaku. Konsumen dapat membedakan apakah ia berkirim pesan dengan dengan komputer atau manusia.

Selain itu, kamu juga perlu fokus untuk menyediakan solusi bagi konsumen. Sampaikan semua solusi yang memang mungkin. Misalnya, apabila konsumen mengeluh sepatu anak yang baru dibeli ternyata kekecilan.

Pertama, katakan bahwa kamu dengan sepenuh hati membantunya. Apabila website brand memiliki artikel untuk mengatasi hal ini, kamu dapat mengarahkannya ke sana.

Jika tokomu menyediakan layanan pengembalian barang, kamu dapat membantu konsumen dengan penjelasan yang rinci. Pastikan juga kendala telah selesai sebelum menutup pembicaraan.

5. Promosi Spesial

Setiap orang akan mudah tersentuh emosinya jika mendapat perlakukan yang spesial. Kamu dapat membuat program promosi berkaitan dengan hal ini.

Contoh pertama, buat program diskon spesial di bulan ulang tahun anak. Kamu bisa membuat iklan yang mengatakan bahwa brand sepatu anak ingin turut merayakan ulang tahun anak dari pelanggan bisnis sepatu kamu.

Kedua, kamu juga bisa membuat hadiah mainan untuk setiap pembelian sepatu model tertentu. Hal ini sudah diterapkan oleh brand makanan McDonalds dengan produk happy meals yang selalu sukses menarik perhatian. Kamu juga bisa coba!

Yuk, Bangun Keterikatan Emosi dengan Konsumen!

Keberhasilan menyentuh emosi konsumen tidak hanya akan menimbulkan emosi positif di hati konsumen ketika melakukan pembelian sepatu anak. Namun, juga membangun keterikatan emosi, sehingga konsumen menjadi pelanggan setia bisnis sepatu anak milikmu.


Lihat berbagai strategi tepat dan efisien untuk bisnis sepatu anak kamu.

Bank digital khusus UKM pertama di Indonesia hadir untuk bantu segala keperluan bisnis dan keuanganmu.

Kemudahan berbagai layanan seperti bebas biaya transfer antar bank dan pinjaman modal tanpa agunan untuk bisnismu hanya dengan satu aplikasi! Pakai KoinWorks NEO sekarang!

Lukito Wijaya

Download aplikasi KoinWorks dan mulai kembangkan asetmu sekarang!

Langganan via Email​

Dapatkan Tips dan Berita Keuangan Gratis di Inbox Anda​