Home » Strategi Bisnis » Membuat Produk yang Unik di Bisnis Pembuatan Website

Membuat Produk yang Unik di Bisnis Pembuatan Website

Bagaimana cara membuat produk bisnis yang unik dan berbeda dari kompetitor pada sebuah bisnis pembuatan website?

Bagi perkembangan sebuah bisnis, memiliki produk atau jasa yang selalu laris dan diminati orang banyak adalah sebuah keuntungan.

Namun, akan jauh lebih baik jika produk tersebut memiliki sesuatu yang unik, yang bisa membedakan bisnismu dan bisnis kompetitor di bidang yang sama.

Misalnya, pada sebuah bisnis mi instan dengan rasa ayam bawang; sebuah produsen membuat mi instan dengan rasa asin dan gurih, produsen lain membuat mi instan dengan sensasi pedas, sedangkan satu produsen lainnya membuat mi instan dengan rasa ayam bawang biasa, namun memiliki porsi jumbo.

Semua produsen tersebut memiliki keunikan masing-masing pada produknya, namun tetap menjual produk yang sama, yaitu mi instan dengan rasa ayam bawang.

Nah, bagaimana menerapkan konsep tersebut pada bisnis pembuatan website?

Cara Membuat Produk yang Unik pada Bisnis Pembuatan Website

Seperti telah disebutkan di atas, sangatlah penting bagi sebuah bisnis untuk memiliki pembeda dari bisnis serupa lainnya.

Hal ini bertujuan agar bisnismu memiliki daya saing berdasarkan inovasi tersebut, dan juga membantu membangun kelompok konsumen yang juga unik.

Nantinya, brand kamu akan selalu identik dengan keunikan tersebut, dan kelompok konsumen ini akan selalu setia dengan bisnismu.

Berikut adalah beberapa cara mudah yang bisa kamu terapkan untuk dapat mengembangkan produk atau jasa yang berbeda dengan yang dimiliki kompetitor.

Silakan disimak!


1. Mengenali kekuatan & kelemahan kompetitor

Saat mengawali bisnis ini, tentu kamu pernah melakukan analisis SWOT terlebih dahulu.

Nah, untuk mengungguli kompetisi yang ada, kamu perlu melakukan analisis ini lagi kepada para kompetitor di sekitarmu.

Ada berapa kompetitor yang bersaing secara langsung?

Dan apa saja keunggulan, serta kelemahan mereka?

Kamu perlu mengetahui informasi-informasi tersebut, agar bisa mendapatkan ide mengenai bagaimana mengungguli mereka.

Sebagai contoh, kompetitor X mungkin memiliki variasi produk dan jasa yang lengkap, namun lokasi bisnisnya jauh dari pusat keramaian; sementara kompetitor Y memiliki tempat yang strategis tetapi layanan konsumen yang dimiliki kurang baik.

Catatlah semua hasil analisis tersebut ke dalam suatu daftar yang bisa kamu evaluasi nantinya.


2. Menggunakan kelemahan kompetitor

Dari analisis yang kamu lakukan, kamu akan mendapatkan gambaran mengenai apa saja keunggulan dan kelemahan para kompetitor.

Hal yang paling tepat untuk kamu lakukan berikutnya adalah dengan menggunakan kelemahan kompetitor, dan menjadikannya sebagai keunggulanmu.

Misalnya, seperti contoh di atas, kompetitor X memiliki variasi produk dan jasa yang lengkap, namun lokasinya jauh dari pusat keramaian dan juga tidak memiliki website bisnis yang responsif dan informatif.

Kamu tidak perlu berusaha melengkapi produk dan jasa yang disediakan agar sama seperti kompetitor X, cukup sediakan layanan konsumen yang sigap serta membuat website dengan deskripsi produk/jasa yang jelas.

Hal itu jelas akan menjadi sebuah pembeda yang sangat dihargai oleh para konsumen.


3. Menyesuaikan inovasi dengan konsep awal bisnis

Cara membuat keunikan dan pembeda lainnya adalah dengan membuat inovasi pada bisnis.

Namun, kamu perlu selalu menyesuaikan inovasi tersebut dengan konsep awal bisnismu.

Sebagai contoh, jika bisnismu melayani jasa pembuatan website, inovasi yang tepat berikutnya adalah dengan menambahkan layanan pembelian domain dan penyediaan hosting.

Kamu juga bisa menambahkan layanan audit SEO (search engine optimization) pada bisnismu.

Tetapi, jika kamu menambahkan fitur layanan digital marketing atau content marketing pada bisnis pembuatan website, walaupun biasanya memang beririsan, namun ilmu dan bidangnya sudah berbeda.

Hal yang dikhawatirkan adalah bisnismu nantinya tidak dapat fokus menjalani kedua bidang berbeda tersebut, dan berujung pada berkurangnya kualitas masing-masing pekerjaan.

Jadi, jika tidak sesuai dengan konsep awal dan niche dari bisnismu, sebaiknya jangan dilakukan, ya.


4. Mengoptimalkan ubah suai (customization) produk & harga

Salah satu konsep bisnis yang cukup menarik adalah dengan menyediakan layanan ubah suai antara produk dan jasa yang ditawarkan.

Misalnya, bisnismu menyediakan jasa pembuatan website, lengkap dengan domain dan biaya hosting, dalam satu paket bundling.

Mungkin tidak semua konsumen memerlukan ketiga layanan tersebut.

Bisa saja ada konsumen yang sudah memiliki sebuah domain, dan hanya memerlukan jasa pembuatan website saja.

Nah, di sini kamu bisa lebih fleksibel dalam memberikan penawaran kepada para konsumen.

Biarkan konsumen memilih jenis layanan apa yang mereka inginkan; apakah paket lengkap atau hanya layanan tertentu saja.

Hal yang sama juga perlu kamu terapkan pada inovasi-inovasi yang telah dijelaskan sebelumnya.

Jika dianggap perlu, kamu bisa memberikan survei kepada para konsumen, mengenai apa jenis layanan & format penawaran yang mereka sebenarnya inginkan dari bisnismu.


5. Menyediakan layanan konsumen terbaik

Hal terakhir yang seringkali menjadi pembeda antara satu bisnis dengan bisnis lainnya, dan sering juga terlupakan oleh para pemilik bisnis, adalah layanan konsumen yang handal.

Layanan konsumen ini meliputi pelayanan kepada para calon konsumen dan konsumen, mulai dari sebelum hingga sesudah terjadi transaksi.

Misalnya, layanan konsumen yang membantu menjawab pertanyaan dari calon konsumen yang baru datang ke bisnismu.

Tugasnya adalah memberikan informasi sebaik mungkin, dan membuat calon konsumen tersebut semakin nyaman berinteraksi dengan bisnismu.

Setelah transaksi dilakukan, layanan konsumen juga bertanggung jawab dalam semua pertanyaan, baik mengenai administrasi dan aspek teknis dari layanan pembuatan website tersebut.

Layanan konsumen haruslah responsif dan sigap dalam menanggapi semua pertanyaan, komentar, dan keluhan dari konsumen.

Jika konsumen sudah merasa nyaman, tentu mereka akan lebih sering menggunakan jasamu dibandingkan jasa dari bisnis lainnya.


Sudah Siap untuk Membuat Produk yang Unik pada Bisnis Pembuatan Website?

Nah, itulah beberapa cara mudah untuk menjadikan bisnismu lebih unik dan berbeda dari para kompetitor, sekaligus mengungguli persaingan yang ada.

Mulai dari melakukan analisis SWOT pada kompetitor di sekitar, hingga menyediakan layanan konsumen yang mumpuni.

Membuat keunikan tidak harus selalu dengan hal-hal yang besar.

Hal yang kecil pun jika dilakukan dengan serius dan disiplin, tentu akan menjadi pembeda yang bisa dihargai dan lebih bernilai bagi konsumenmu.

Semoga bermanfaat!

. . .

Kalau kamu termasuk salah satu pelaku usaha kecil, online sellers, atau freelancers, KoinWorks punya satu solusi nih untuk semua kebutuhan keuangan kamu.

Mulai dari transfer antar bank tanpa biaya admin, pembuatan invoice & laporan keuangan, hingga ke akses yang fleksibel untuk mendapatkan pinjaman– semua ini khusus untuk mendukung usaha & bisnis kamu, dan bisa kamu dapatkan di KoinWorks NEO.

Yuk, cari tahu lebih banyak tentang KoinWorks NEO di sini!

Akbar Rachman

Download aplikasi KoinWorks dan mulai kembangkan asetmu sekarang!

Langganan via Email​

Dapatkan Tips dan Berita Keuangan Gratis di Inbox Anda​