Home » Strategi-bisnis » Cara Antisipasi Biaya Tidak Terduga Bisnis Pembuatan Website

Cara Antisipasi Biaya Tidak Terduga Bisnis Pembuatan Website

Cara Antisipasi Biaya Tidak Terduga Bisnis Pembuatan Website

Sebagai pebisnis, kamu harus memperhatikan biaya overhead atau biaya tidak terduga. Dengan demikian, kamu bisa mengetahui apakah laporan keuangan milikmu stabil atau tidak. Kemudian, kamu juga bisa merancang cara antisipasi biaya tidak terduga secara tepat pada bisnis pembuatan website.

Biaya tidak terduga adalah biaya di luar kebutuhan utama bisnis. Misalnya, biaya konsumsi untuk karyawan lembur, biaya untuk karyawan sakit, biaya perbaikan komputer, biaya perbaikan komponen jaringan internet, dan biaya-biaya lainnya.

Cara Antisipasi Biaya Tidak Terduga Bisnis Website

Dalam bisnis pembuatan website, tentu saja ada biaya tidak terduga yang harus kamu keluarkan. Oleh karena itu, kamu harus tahu bagaimana cara untuk mengatasinya. Nah, berikut cara antisipasi biaya tidak terduga yang perlu diketahui:

Membuat Dana Cadangan

Untuk mengatasi biaya overhead atau biaya tak terduga, maka kamu perlu menyiapkan dana siaga. Dana inilah yang akan berguna untuk menyelesaikan permasalahan keuangan. Dengan begitu, kamu bisa membayar biaya tidak terduga secara mudah.

Selain itu, adanya dana cadangan ini, kamu akan merasa aman. Karena dana cadangan bisa digunakan pada saat tertentu. Jadi, kamu tidak perlu merasakan tunggakan uang. 

Cara membuat dana cadangan, kamu bisa menyisihkan uang yang nantinya dimasukkan ke dalam tabungan usahamu. Presentasi total omset yang bisa kamu sisihkan ke dalam dana cadangan mencapai 40% hingga 50%.

Gunakanlah pada kondisi yang memang membutuhkan dana lebih. Seperti saat bisnis gagal memenuhi target tahunan, mulai bangkrut, gaji karyawan yang tidak sesuai awal perjanjian, dan lain sebagainya. Maka, sebaiknya jangan ikut sertakan dana cadangan ke dalam kas utama bisnismu. 

Gunakan Asuransi

Cara antisipasi biaya tidak terduga selanjutnya adalah dengan menggunakan asuransi bisnis. Asuransi memiliki jenis yang bermacam-macam, antara lain asuransi kesehatan, asuransi properti, asuransi uang, dan lain sebagainya.

Dengan mendaftarkan bisnis yang kamu tekuni ke asuransi, maka masalah-masalah bisa diatasi dengan baik. Misalnya, seperti kesehatan karyawan, kerusakan fasilitas, gaji karyawan, dan lain sebagainya. Selain itu, kamu juga lebih aman dengan adanya asuransi ini. Apalagi asuransi bisa digunakan sebagai investasi masa depan.

Contoh asuransi yang bisa kamu gunakan, seperti Allianz, Prudential Indonesia, FWD Indonesia, dan perusahaan asuransi lainnya. Yuk, segera daftarkan asuransi bisnis kamu untuk keamanan bersama!

Buat Prediksi Pengeluaran

Data-data pengeluaran dari bulan sebelumnya bisa kamu jadikan sebagai cara untuk memprediksi biaya tak terduga. Dengan begitu, kamu bisa membuat daftar prediksi pengeluaran yang akan datang.

Kamu harus menempatkan pengeluaran tidak terduga dalam neraca keuangan bisnis pembuatan website milikmu. Macam-macam prediksi pengeluaran, antara lain biaya kesehatan karyawan, biaya rumah sakit atau klinik, biaya lembur, biaya perbaikan komputer, dan lain sebagainya.

Selain itu, identifikasi pengeluaran yang berlebih juga harus kamu lakukan. Apalagi jika pengeluaran tersebut untuk hal yang tidak penting. Misalnya, seperti aplikasi yang sudah jarang digunakan dalam bisnis pembuatan website milikmu. Maka, sebaiknya hentikan layanannya.

Mengontrol Pengeluaran

Lakukan kontrol pengeluaran dalam bisnismu untuk antisipasi biaya tidak terduga. Sehingga, kamu bisa mengatasi permasalahan yang terjadi dengan lebih mudah. Sebagai contoh, masalah keuangan untuk fasilitas yang menunjang pembuatan website.

Kamu bisa memulai dari hal yang paling sederhana, yakni menggunakan aplikasi pembuatan website yang memiliki harga terjangkau. Misalnya, seperti WordPress, Adobe Dreamweaver, Adobe XD, dan Bootstrap

Selain itu, kamu juga bisa menyatukan beberapa kebutuhan. Dengan begitu, biaya yang harus kamu keluarkan pun lebih sedikit. Ini berfungsi agar bisnis milikmu menjadi lebih hemat.

Sebagai contoh, ketika kamu ingin mengadakan event marketing bersama karyawan atau klien. Daripada melakukan event di berbagai tempat, namun hari yang sama, lebih baik laksanakan di satu tempat saja. Dengan begitu, kamu bisa menghemat biaya, waktu, dan tenaga.

Mengatur Manajemen Waktu

Selain manajemen waktu untuk dirimu sendiri, kamu juga perlu menerapkan disiplin kepada karyawan. Ini berfungsi untuk membantu kamu dalam mengurangi biaya tidak terduga dalam bisnis.

Beberapa contoh manajemen waktu, antara lain memberikan deadline pembuatan website maupun aktivitas dalam kantor lainnya, time block saat meeting, membuat jadwal aktivitas bisnis, dan lain-lain.

Agar time management berjalan baik dan efektif, maka buatlah sesuai peraturan yang berlaku di dalam lingkungan bisnismu. Misalnya, jika deadline waktu pekerjaan diberikan masing-masing karyawan adalah 3 hari, maka saat hari ke 3 pekerjaan harus selesai.

Menghemat Fasilitas

Menghemat fasilitas menjadi salah satu cara antisipasi biaya tidak terduga yang harus kamu lakukan. Dengan menggunakan fasilitas secara hemat, maka biaya yang harus dikeluarkan pun tidak banyak.

Cara ini cukup ampuh untuk menghemat biaya bisnis, khususnya biaya overhead. Karena biaya tak terduga memang kebanyakan berasal dari fasilitas, terlebih fasilitas yang menggunakan listrik dan air.

Contoh menghemat penggunaan fasilitas, seperti mematikan komputer ketika sudah selesai bekerja, mematikan lampu ruangan, mematikan AC, dan mematikan peralatan listrik lainnya.

Walaupun hal-hal tersebut terlihat sepele, namun jika tidak segera dilakukan, kemungkinan biaya bisnis menjadi membengkak. Tentu saja berakhir menjadi biaya tak terduga yang harus dibayar.

Sudah Paham Tentang Biaya Tidak Terduga Bisnis Pembuatan Website?

Itulah pengertian dan cara antisipasi biaya tidak terduga dalam bisnis pembuatan website. Tetaplah waspada dalam mengatasi biaya bisnis satu ini, sebab keuangan bisnismu yang menjadi taruhannya. Oleh sebab itu, berhati-hati dalam menggunakan sesuatu untuk bisnis, karena bisa jadi biaya overhead.


Bank digital hadir untuk pelaku UKM, freelancers, dan online sellers di Indonesia. 

Urus segala keperluan bisnis dan keuangan pakai KoinWorks NEO. Kemudahan berbagai layanan seperti bebas biaya transfer antar bank dan pinjaman modal tanpa agunan untuk bisnismu hanya dengan satu aplikasi! 

Lihat juga berbagai panduan dan informasi bisnis hanya di KoinWorks.

[E-Book GRATIS] Dapatkan konten ekslusif seputar strategi bisnis di sini
DAFTAR SEKARANG!
Pilih E-book untuk kamu download.
Dalam Ebook ini mengulas:Cara mudah untuk pebisnis melakukan iklan Google Display Network berupa banner atau visual yang ampuh untuk meningkatkan penjualan.
Dalam Ebook ini mengulas:Membantu pebisnis mengetahui lebih banyak tentang performa promosi yang dilakukan di dunia digital terutamanya platform Facebook untuk menentukan audiens.
Dalam Ebook ini mengulas:Penggunaan Business Metrics/KPI yang tepat untuk melacak sejauh mana bisnis kita sudah berjalan dan seberapa banyak target dari usaha kita yang sudah tercapai.
Ingin tahu lebih lanjut, KoinWorks NEO mau kenalan sama kamu lebih dekat.
Cara Antisipasi Biaya Tidak Terduga Bisnis Pembuatan Website

Langganan via Email​

Dapatkan Tips dan Berita Keuangan Gratis di Inbox Anda​