Home » Strategi Bisnis » Mengenal dan Cara Antisipasi Biaya Tidak Terduga Bisnis Kosmetik

Mengenal dan Cara Antisipasi Biaya Tidak Terduga Bisnis Kosmetik

Pengeluaran tidak terduga biasanya terjadi di semua jenis bisnis, termasuk bisnis di bidang kosmetik. Oleh sebab itu, kamu perlu mengenal dan cara antisipasi biaya tidak terduga agar keuangan bisnis tetap stabil.

Sebenarnya, biaya tidak terduga bukan hanya terjadi dalam urusan bisnis saja. Di kehidupan sehari-hari masalah tersebut sering kali kita alami entah karena ada kebutuhan darurat atau hal lain yang sangat mendesak. Salah satu cara mengantisipasinya adalah dengan menyiapkan dana darurat.

Dalam bisnis, dana darurat juga memiliki peran yang sangat penting untuk menjaga kestabilan keuangan. Jadi, para pengusaha khususnya di bidang kosmetik harus mempersiapkan dana tersebut agar bisnis bisa terus berjalan lancar. 

Mengenal dan Cara Antisipasi Biaya Tidak Terduga dalam Bisnis Kosmetik

Seperti yang telah dibicarakan di atas, biaya tidak terduga bisa terjadi sewaktu-waktu sehingga kamu perlu mengantisipasinya dari jauh-jauh hari. Tapi, sebelum mengetahui cara antisipasi biaya tak terduga dalam bisnis kosmetik, ada baiknya jika mengenal apa itu biaya tidak terduga terlebih dahulu agar lebih mudah mencari cara mengantisipasinya. 

Mengenal Biaya Tidak Terduga dalam Bisnis Kosmetik

Biaya tidak terduga biasanya disebut juga dengan hidden cost. Seperti namanya, biaya ini akan muncul secara tiba-tiba sehingga pihak pengelola bisnis tidak pernah memprediksi dan memperkirakannya sebelumnya.

Oleh sebab itu, biaya tidak terduga ini harus ada di setiap keputusan keuangan bisnis yang kamu lakukan. Contoh ketika kamu akan membeli mesin produksi secara kredit untuk kebutuhan produktivitas perusahaan, maka kamu harus mempersiapkan dana untuk membayar angsurannya. Kamu juga harus mempersiapkan anggaran khusus untuk biaya perbaikan ketika mesin tersebut bermasalah di kemudian hari.

Itu hanya sebagian contoh kecil yang bisa dijadikan gambaran untuk bisnis kosmetik skala besar. Ada kemungkinan biaya tidak terduga yang lebih besar sehingga kamu sebagai pengelola bisnis harus benar-benar mempersiapkan strategi untuk mengantisipasi hal tersebut.

Pasalnya, keuangan bisnis akan terganggu jika tidak menyiapkan antisipasi ketika terjadi pengeluaran biaya tidak terduga dalam jumlah besar di kemudian hari.

Macam-macam Biaya Tidak Terduga dalam Bisnis Kosmetik

Berbicara tentang mengenal dan cara antisipasi biaya tidak terduga kamu juga harus mengetahui apa saja hal-hal yang memicu pengeluaran tidak terduga.

Berikut ini ada beberapa contoh macam-macam biaya tidak terduga yang bisa saja terjadi pada bisnis kosmetik kamu di kemudian hari nanti.

  • Denda keterlambatan pembayaran.
  • Biaya tidak terduga dari asuransi bisnis yang digunakan.
  • Masalah hukum dan legalitas bisnis.
  • Terjadi kecurangan yang dilakukan karyawan yang merugikan perusahaan.
  • Terjadi kerugian materi karena suatu peristiwa seperti kebakaran, kehilangan, tertipu, dan lainnya.

Jadi, itulah beberapa contoh macam-macam biaya tidak terduga yang harus kamu antisipasi mulai sekarang.

Cara Mengantisipasi Biaya Tidak Terduga dalam Bisnis Kosmetik

Dalam mengembangkan bisnis pasti ada saja rintangan yang menghambat pertumbuhan bisnis kosmetikmu. Untuk mengantisipasi hal tersebut, kamu perlu untuk mencari cara menanggulanginya, terutama dari sisi keuangan.

Meskipun biaya tidak terduga datang secara mendadak, bukan berarti harus mencari cara mengatasinya saat masalah tersebut terjadi. Justru dari jauh-jauh hari kamu harus mempersiapkan cara untuk mengantisipasi hal tersebut.

Ada beberapa cara yang bisa kamu lakukan untuk mengantisipasi biaya-biaya tidak terduga, sebagai berikut.

Siapkan Dana Darurat

Pertama, kumpulkan dana darurat yang ideal untuk mengantisipasi kebutuhan-kebutuhan tidak terduga di masa mendatang. Cara mengumpulkan dana darurat yang ideal untuk bisnis, yaitu dengan menyisihkan 1 % hingga 3 % laba kotor yang diperoleh perusahaan.

Memang nilainya tidak terlalu besar dari total laba kotor, tapi harus dilakukan secara berkala agar bisa terkumpul banyak. Dana yang sudah terkumpul tersebut bisa kamu gunakan sewaktu-waktu ketika terjadi hal-hal mendesak.

Gunakan Dana Darurat secara Tepat

Ketika dana darurat sudah terkumpul, sebaiknya jangan digunakan untuk memenuhi pengeluaran rutin yang sebenarnya tidak terlalu darurat. Begitu pula sebaliknya, jangan menggunakan anggaran rutin untuk memenuhi kebutuhan darurat karena bisa menghambat kinerja bisnismu.    

Gunakan Asuransi untuk Menjamin Bisnis

Tidak hanya kesehatan dan jiwa kamu saja yang perlu diasuransikan, bisnis pun juga begitu. Dengan menggunakan asuransi, kamu tidak perlu terlalu khawatir ketika terjadi risiko-risiko yang merugikan bisnis. Sebab perusahaan asuransi akan memberikan ganti rugi atas kerugian materi yang dialami bisnis kosmetikmu.

Contoh ketika gudang penyimpanan produk mengalami musibah kebakaran yang cukup hebat hingga membuat perusahaan mengalami kerugian yang cukup besar. Kamu bisa mengajukan klaim kepada pihak asuransi untuk mendapatkan ganti rugi atas kerugian yang terjadi.

Rencanakan Pengeluaran 

Tidak hanya perlu menyiapkan dana darurat dan menggunakan asuransi untuk menjamin bisnis, kamu juga harus membuat perencanaan anggaran yang jelas dan terstruktur sehingga arus pengeluaran rutin pada bisnis bisa terukur dan terprediksi. Dengan begitu, kamu bisa lebih mudah mengelola keuangan. 

Jangan Terlalu Mengandalkan Pinjaman

Sebisa mungkin jangan terlalu mengandalkan pinjaman untuk pengeluaran yang tidak begitu darurat. Sebab jika bisnismu memiliki banyak pinjaman di bank dan tidak sanggup membayarnya tepat waktu, maka akan berdampak buruk bagi bisnis karena bank menganggap bisnismu memiliki riwayat kredit yang buruk. 

Sewaktu-waktu kamu membutuhkan suntikan dana untuk pengeluaran darurat dan jalan satu-satunya adalah mengambil pinjaman, maka akan sulit bagi kamu untuk mendapatkan pinjaman kembali dari bank.

Sudah Siap Menerapkan Cara di Atas?

Semoga dari pembahasan di atas tentang mengenal dan cara antisipasi biaya tidak terduga bisa membantu kamu lebih baik lagi dalam mengelola bisnis. 5 cara di atas bisa kamu terapkan untuk mengantisipasi biaya-biaya tidak terduga yang kemungkinan terjadi di kemudian hari.


Untuk para pelaku usaha kecil dan menengah, online sellers, dan freelancers. Kamu bisa lihat artikel lainnya di KoinWorks untuk dapatkan insight positif bagaimana cara berbisnis!

Nikmati kemudahan transaksi bisnis dan keuangan kamu dalam satu aplikasi hanya di KoinWorks NEO!

Lukito Wijaya

Download aplikasi KoinWorks dan mulai kembangkan asetmu sekarang!

Langganan via Email​

Dapatkan Tips dan Berita Keuangan Gratis di Inbox Anda​