Home » Strategi Bisnis » Cara Mengembangkan Cabang Bisnis Pembuatan Website

Cara Mengembangkan Cabang Bisnis Pembuatan Website

Mengembangkan cabang bisnis pembuatan website bertujuan untuk meningkatkan pendapatan, menjangkau lebih banyak klien, dan langkah awal membangun brand menjadi lebih besar.

Berbagai macam keuntungan inilah yang patut kamu manfaatkan untuk mengembangkan cabang bisnis pembuatan website milikmu saat ini. Tidak perlu bingung bagaimana caranya, yuk, langsung simak artikel ini sampai selesai!

4 Cara Jitu Mengembangkan Cabang Bisnis Pembuatan Website

Bisnis pembuatan website berbeda dengan bisnis sektor lainnya seperti ritel pakaian atau makanan. Buat kamu yang saat ini masih ragu atau bingung, berikut empat cara jitu mengembangkan cabang bisnis pembuatan website yang mudah untuk dipahami dan bisa langsung dipraktikkan:

Memilih Partnership yang Sesuai

Mengembangkan cabang bisnis membutuhkan adanya pihak ketiga. Oleh karena itu, kamu harus memilih partnership yang sesuai dengan bisnis pembuatan website milikmu. Lantas, siapa partner yang tepat atau sesuai dengan bisnis yang kamu kelola saat ini?

Umumnya, partner yang cocok dengan bisnis pembuatan website adalah perusahaan hosting dengan cara menjadi reseller hosting tersebut. Keberadaan partner ini sangat efektif untuk mendukung sekaligus meningkatkan revenue cabang bisnis website milikmu.

Alasan lain mengapa kamu perlu menjalin hubungan dengan pihak ketiga adalah:

  • Kamu akan mendapatkan keuntungan dari setiap penjualan hosting tersebut.
  • Membuat bisnis website milikmu semakin kredibilitas dengan adanya banyak layanan yang dimiliki untuk klien.
  • Bisa membuat bisnis pembuatan website milikmu berbeda dari kompetitor sejenis.

Salah satu perusahaan hosting yang bisa kamu ajak bekerja sama adalah Niagahoster. Agar menjadi bagian dari reseller hosting di perusahaan ini pun cenderung mudah dan menawarkan berbagai macam benefit seperti:

  • Kamu bisa menjadi reseller hosting dengan modal Rp 0 alias tanpa modal.
  • White label, yaitu kamu masih bisa menggunakan brand bisnis pembuatan website milikmu sendiri.
  • Bebas menentukan harga paket hosting sendiri.
  • Kemudahan dalam melayani atau mengelola klien.

Membangun Tim yang Baik dan Solid

Mengembangkan cabang bisnis pembuatan website juga membutuhkan tim atau pekerja baru. Meski ditugaskan di kantor cabang, akan tetapi hal ini bukan menjadi alasan untuk memilih calon pekerja yang sembarangan.

Tim yang baik dan solid juga menjadi penentu berkembang atau tidaknya bisnis cabang milikmu nanti. Oleh karena itu, usahakan untuk memilih calon pekerja yang kompeten dan memiliki pengalaman kerja yang dibutuhkan.

Bisnis pembuatan website juga memerlukan pekerja yang bisa mengelola administrasi dengan baik. Selain itu, kamu juga membutuhkan seorang Account Executive untuk memastikan hasil pekerjaan sesuai harapan.

Demi mendapatkan tim yang kompeten, tuliskan kriteria yang dibutuhkan. Misalnya untuk calon pegawai di bidang IT membutuhkan pengalaman kerja berupa membuat website minimal 1,5 tahun.

Sedangkan untuk calon administrasi atau Account Executive dibutuhkan pengalaman kerja di bidang yang sama minimal 2 tahun. Demi memastikan valid atau tidaknya pengalaman kerja mereka, kamu bisa melihat melalui profil Linkedin.

Melakukan Promosi

Promosi adalah strategi pemasaran yang selalu dilakukan oleh para pemilik bisnis. Meski bisnis pembuatan website milikmu sudah cukup populer, tetap saja kamu membutuhkan strategi ini untuk melebarkan dan mengembangkan cabang bisnis website milikmu.

Promosi bisa dilakukan dengan cara beriklan. Ada dua jenis iklan yang bisa kamu coba, yaitu iklan gratis atau tanpa biaya dan iklan berbayar. 

Contoh iklan gratis adalah memasarkan cabang bisnis pembuatan website milikmu melalui media sosial perusahaan. Sedangkan untuk iklan berbayar, bisa melalui Facebook Ads, Instagram Ads, dan lainnya.

Strategi iklan harus dipikirkan dengan matang supaya efektif dan menghasilkan Return of Ads Spend atau ROAS. Jadi, tidak hanya balik modal, iklan yang kamu lakukan bisa mendatangkan keuntungan yang berlipat, lho.

Kamu bisa menggunakan iklan gratis maupun berbayar secara bersamaan. Namun, hal ini harus disesuaikan dengan kondisi keuangan yang kamu miliki agar tidak menimbulkan kerugian nantinya.

Contoh dua iklan yang terbukti efektif untuk mengambangkan cabang bisnis pembuatan website dan bisa kamu coba adalah:

  • Paid Search: Iklan melalui mesin pencari ini mampu meningkatkan bisnis pembuatan website milikmu hingga 63%. Jadi, jika ingin cabang bisnis cepat berkembang, kamu harus memaksimalkan beriklan di mesin pencarian seperti Google.
  • Paid Social: Seperti namanya, iklan ini membutuhkan media sosial seperti Instagram atau Facebook. Jangkauan dari media sosial ini juga terbilang luas.

Up Selling

Cara terakhir adalah menerapkan up selling, yaitu strategi untuk menjual produk pembuatan website dengan memberikan manfaat lebih kepada klien. Umumnya, strategi up selling dilakukan dengan menawarkan fitur-fitur tambahan yang membuat klien tertarik.

Contoh, kamu bisa menawarkan fitur personalisasi. Fitur ini bisa memudahkan klien melakukan perubahan pada tampilan website mereka sesuai dengan visi dan misi perusahaan atau brand. Karena manfaatnya cukup menarik dan memudahkan klien, maka harganya pun sedikit mahal.

Jadi, up selling merupakan strategi yang perlu kamu lakukan untuk mengembangkan cabang bisnis pembuatan website milikmu. Fokus utama dari strategi bisnis satu ini adalah memberikan kepuasan kepada klien.

Meski harganya lebih mahal, rata-rata klien rela mengeluarkan biaya lebih agar bisa menikmati fitur menarik tersebut. Oleh karena itu, jangan pernah ragu untuk menawarkan fitur-fitur eksklusif kepada klien, ya.

Yuk, Kembangkan Cabang Bisnis Website Milikmu Sekarang!

Itulah empat cara jitu mengembangkan cabang bisnis website. Bagaimana? Keempat cara di atas cukup mudah untuk dipahami, bukan? Jadi, tunggu apalagi? Yuk, kembangkan cabang bisnis website milikmu sekarang juga!


Untuk para pelaku usaha kecil dan menengah, online sellers, dan freelancers. Kamu bisa lihat artikel lainnya di KoinWorks untuk dapatkan insight positif bagaimana cara berbisnis!

Nikmati kemudahan transaksi bisnis dan keuangan kamu dalam satu aplikasi hanya di KoinWorks NEO!

Download aplikasi KoinWorks dan mulai kembangkan asetmu sekarang!

Langganan via Email​

Dapatkan Tips dan Berita Keuangan Gratis di Inbox Anda​