Home » Strategi-bisnis » Mudah! Inilah Cara Menghitung HPP dalam Bisnis Sepatu Anak

Mudah! Inilah Cara Menghitung HPP dalam Bisnis Sepatu Anak

Mudah! Inilah Cara Menghitung HPP dalam Bisnis Sepatu Anak

Keuntungan merupakan salah satu tujuan pebisnis dalam menjalankan bisnisnya. Untuk mendapatkan keuntungan, pebisnis perlu menentukan berapa harga jual yang sesuai. Lantas, bagaimana cara menghitung HPP dalam bisnis sepatu anak? 

Sesuai dengan teori ekonomi, keuntungan dapat dihasilkan dari penjualan barang atau jasa yang telah diberi nilai tambah dan dihitung harga pokok produksi dan harga jualnya. 

Dalam suatu bisnis diperlukan harga pokok produksi sebagai acuan menghitung harga jual yang sudah memperkirakan keuntungan dan strategi bisnis yang dijalankan.

Pengertian HPP

HPP merupakan singkatan dari Harga Pokok Penjualan dan diartikan sebagai biaya yang harus dikeluarkan oleh suatu perusahaan atau bisnis baik secara langsung ataupun tidak langsung yang mencakup biaya produksi barang dan penjualannya. Selanjutnya, HPP akan memiliki pengaruh pada jumlah keuntungan dan kerugian suatu perusahaan.

HPP akan menggambarkan keuntungan atau kerugian dengan cara membandingkan berbagai anggaran pengeluaran seperti biaya bahan baku, biaya sumber daya, gaji pekerja, biaya pemasaran, dan lain-lain

Pentingnya Menghitung HPP pada Bisnis

HPP merupakan salah satu komponen yang krusial untuk dihitung karena memiliki peran yang sangat besar dalam menjalankan bisnis. Berikut beberapa peranan HPP.

Sebagai Penentu Harga Jual

HPP menjadi pertimbangan untuk produsen menentukan harga jual produk karena HPP menjelaskan biaya-biaya apa saja yang dibutuhkan dalam produksi dan baru harga jual ditetapkan agar tetap menguntungkan.

Sebagai Penentu Margin Laba Kotor

HPP yand dihitung juga memberikan informasi terkait laba kotor yang diperoleh dalam satu kali proses produksi. Angka yang didapatkan bisa menjadi acuan untuk mengetahui laba bersihnya.

Menentukan Efisiensi Produk

Setelah mengetahui HPP, sebuah bisnis dapat menentukan berapa jumlah produk yang sebaiknya diproduksi agar laba yang diperoleh sesuai dengan target. HPP yang besar sebanding dengan biaya pengeluaran yang besar untuk proses produksi.

Setelah mengetahui pentingnya perhitungan HPP, maka selanjutnya kamu perlu mengetahui apa saja yang termasuk ke dalam elemen produksi dan cara menghitung HPP dalam bisnis sepatu anak agar kamu bisa menargetkan keuntungan sesuai tujuan bisnis yang dijalankan.

Elemen-elemen Produksi

Elemen biaya yang ada pada suatu proses produksi terdiri dari tiga jenis yaitu:

Biaya Bahan Baku

Biaya bahan baku bisa disebut sebagai direct material yang biasanya berjumlah besar dan terpenting yang digunakan untuk menghasilkan suatu produk.

Biaya Tenaga Kerja

Dalam proses pembuatan sepatu anak, diperlukan pekerja yang digaji dengan biaya tenaga kerja. Dalam hal ini, mereka dapat disebut sebagai tim produksi.

Biaya Overhead

Biaya ini merupakan biaya-biaya yang menunjang selain bahan baku dan gaji tenaga kerja. Biaya ini bergantung pada jenis barang yang diproduksi. Biaya yang termasuk dalam biaya overhead adalah listrik, bahan penunjang, alat, biaya penyusutan, dan lain-lain. 

Cara Menghitung HPP dalam Bisnis Sepatu Anak

Berikut adalah rumus yang bisa kamu gunakan untuk menghitung HPP untuk bisnis sepatu anak.

Hitung Modal Bahan Baku

Rumus yang digunakan untuk menghitung modal yang dikeluarkan dari bahan baku yang digunakan adalah sebagai berikut.

Bahan baku yang digunakan = saldo awal bahan baku + pembelian bahan baku – saldo akhir bahan baku

Hitung Biaya Produksi

Rumus yang digunakan untuk menghitung biaya produksi adalah sebagai berikut.

Total biaya produksi = biaya bahan baku yang digunakan + biaya pekerja + biaya overhead

Hitung Harga Pokok Produksi

Rumus yang digunakan untuk menghitung harga pokok produksi adalah sebagai berikut.

Harga pokok produksi = jumlah biaya produksi + saldo awal persediaan barang dalam proses produksi – saldo akhir persediaan barang dalam proses produksi

Hitung Harga Pokok Penjualan (HPP)

Rumus yang digunakan untuk menghitung HPP adalah sebagai berikut.

HPP = harga pokok produksi + persediaan barang awal – persediaan barang akhir

Secara umum, perhitungan HPP bukanlah hal yang sulit. Oleh karena itu, sempatkanlah membuat perhitungan harga pokok penjualan untuk produkmu secara berkala agar laba yang kamu dapatkan dapat dihitung dengan pasti.

Untuk menerapkan perhitungan harga pokok penjualan, terdapat dua jenis metode utama yang bisa digunakan yaitu sebagai berikut.

Metode Full Costing

Nama lain dari metode ini adalah metode harga pokok penuh. Metode ini sering digunakan berbagai perusahaan karena tergolong lebih mudah dan praktis. Pada metode ini, keseluruhan biaya produksi baik yang tergolong biaya tetap atau biaya variabel tidak dipisahkan.

Metode yang diterapkan tidak membedakan jenis biaya tetap atau biaya variabel. Semua biaya yang dikeluarkan untuk mensukseskan proses produksi dihitung pada metode ini sehingga jarang menimbulkan beban pada kelangsungan bisnis selanjutnya karena biayanya cenderung tetap.

Metode Variabel Costing

Metode ini merupakan metode yang berlawanan dengan metode full costing. Metode ini hanya menggunakan biaya yang termasuk ke dalam variabel. Biaya variabel adalah biaya yang dapat berubah-ubah menyesuaikan dengan aktivitas yang berjalan. Contoh biaya ini adalah biaya pengemasan, biaya pengiriman, dan lain-lain.

Biaya-biaya variabel yang digunakan akan masuk ke dalam perhitungan sedangkan biaya yang tetap dikategorikan sebagai biaya periode cost. Biaya tetap adalah biaya yang meliputi gaji pekerja, pajak, dan biaya produksi yang sudah tetap dan tidak berubah.

Nah, itulah cara menghitung HPP dalam bisnis sepatu anak dengan mudah. Selamat mencoba!


Bank digital hadir untuk pelaku UKM, freelancers, dan online sellers di Indonesia. 

Urus segala keperluan bisnis dan keuangan pakai KoinWorks NEO. Kemudahan berbagai layanan seperti bebas biaya transfer antar bank dan pinjaman modal tanpa agunan untuk bisnismu hanya dengan satu aplikasi! 

Lihat juga berbagai panduan dan informasi bisnis hanya di KoinWorks.

[E-Book GRATIS] Dapatkan konten ekslusif seputar strategi bisnis di sini
DAFTAR SEKARANG!
Pilih E-book untuk kamu download.
Dalam Ebook ini mengulas:Cara mudah untuk pebisnis melakukan iklan Google Display Network berupa banner atau visual yang ampuh untuk meningkatkan penjualan.
Dalam Ebook ini mengulas:Membantu pebisnis mengetahui lebih banyak tentang performa promosi yang dilakukan di dunia digital terutamanya platform Facebook untuk menentukan audiens.
Dalam Ebook ini mengulas:Penggunaan Business Metrics/KPI yang tepat untuk melacak sejauh mana bisnis kita sudah berjalan dan seberapa banyak target dari usaha kita yang sudah tercapai.
Ingin tahu lebih lanjut, KoinWorks NEO mau kenalan sama kamu lebih dekat.
Mudah! Inilah Cara Menghitung HPP dalam Bisnis Sepatu Anak

Langganan via Email​

Dapatkan Tips dan Berita Keuangan Gratis di Inbox Anda​