Home » Blog » Bisnis & UKM, Daily » Menghitung HPP Bisnis Kopi Secara Cepat dan Tepat

Menghitung HPP Bisnis Kopi Secara Cepat dan Tepat

·
4 menit
Cara Menghitung HPP Bisnis Kopi Secara Cepat dan Tepat

Saat ini, sudah banyak generasi muda yang memilih bisnis sebagai pekerjaan. Baik sampingan maupun pekerjaan pokok. Salah satu bisnis yang cukup populer adalah bisnis kopi. Lalu, bagaimana cara menghitung HPP bisnis kopi?

Sebagai seorang pebisnis, kamu wajib mengetahui perhitungan harga pokok penjualan. Tujuannya agar keuntungan yang kamu dapatkan bisa mengembalikan modal awal, menutup biaya operasional, dan memperpanjang umur kedai kopi milik kamu.

Oleh sebab itu, kamu harus mengetahui cara menghitung HPP bisnis kopi secara tepat dan tidak boleh sembarangan. Harga jual tidak hanya seputar nilai keuntungan yang besar, tetapi harga tersebut harus bisa diterima para pelanggan kamu. 

Artinya, harga produk tetap terjangkau, namun kamu tidak mengalami kerugian dan masih mendapatkan keuntungan yang layak.

Pengertian HPP

HPP atau Harga Pokok Penjualan adalah total keseluruhan biaya yang kamu keluarkan secara tidak langsung dan langsung. Biaya tersebut untuk mendapatkan jasa atau barang yang dapat mendukung operasional bisnis kopi kamu.

Saat menghitung HPP bisnis kopi, kamu bisa menentukan harga jual dari produk kopi milik kamu. Sebelum menentukan HPP, kamu juga perlu mengetahui tentang Food Cost.

Pengertian Food Cost dan Perannya Dalam Menghitung HPP Bisnis Kopi

Food Cost merupakan total biaya yang kamu keluarkan untuk menghasilkan atau mendapatkan menu kopi dengan resep tertentu. Mulai dari bahan, proses pengolahan, sampai menjadi menu kopi yang siap jual dalam satu porsi.

Umumnya yang bertugas untuk menghitung food cost adalah chef atau chief cook. Angka normal untuk food cost minuman biasanya sekitar 28% sampai 32%. Namun, angka tersebut hanyalah perkiraan yang umum, food cost sebenarnya bergantung pada pemilik bisnis kopi. Semakin kecil angka food cost, maka semakin bagus.

Setelah kamu mengetahui angka food cost dan menghitung HPP bisnis kopi, hal tersebut berguna sebagai bahan pertimbangan menentukan harga jual.

Faktor Penting Dalam Menghitung HPP Bisnis Kopi

Ada sejumlah faktor yang bisa mempengaruhi HPP, harga jual, atau food cost. Beberapa faktor ini harus kamu perhatikan dengan teliti, agar tidak berakibat fatal. Silahkan simak penjelasan masing-masing faktor berikut ini:

1. Biaya Langsung

Biaya langsung adalah biaya yang bisa kamu bebankan secara langsung pada objek produk atau biaya. Umumnya jenis biaya ini untuk membayar gaji karyawan yang telah menghasilkan sebuah produk kopi. Selain itu, biaya langsung juga mencakup bahan baku yang kamu gunakan untuk memproduksi secangkir kopi.

2. Batasan Harga

Faktor kedua dalam menghitung HPP bisnis kopi adalah batasan harga. Batasan harga berfungsi sebagai media atau alat pengawas saat menentukan harga. Misalnya, ketika pelanggan ingin menambahkan ekstra menu atau topping. kamu harus tetap memperhitungkan keuntungan yang akan kamu dapatkan. 

3. Biaya Operasional

Biaya operasional adalah salah satu faktor yang berpengaruh pada harga jual dan juga food cost. Jenis biaya yang satu ini adalah biaya wajib yang kamu keluarkan, seperti biaya penjualan dan biaya administrasi.

Cara Menghitung HPP Bisnis Kopi dengan Rumus Food Cost

Berikut ini ada beberapa contoh cara menghitung HPP kopi per cup, per set menu, dan juga food cost aktual minuman:

1. Menghitung HPP Kopi per Cup

Berikut ini contoh perhitungan HPP minuman kopi per satu cup dengan menggunakan bahan-bahan seperti:

  • 2 gram kopi bubuk: Harga 1 kg kopi Rp 100.000. Jadi untuk 2 gram kopi bubuk, harganya adalah Rp 100.000 : 1.000 x 2 = Rp 200.
  • 100 gram boba: Harga 1 kg boba Rp 50.000. Jadi untuk 100 gram boba, harganya adalah Rp 50.000 : 1.000 x 100 = Rp 5.000.
  • 200 ml susu cair full cream: Harga 1 liter susu cair full cream Rp 30.000. Jadi untuk 200 ml susu cair full cream, harganya adalah Rp 30.000 : 1.000 x 200 = Rp 6.000.
  • 20 gram gula pasir: Harga 1 kg gula pasir Rp 50.000. Jadi untuk 20 gram gula pasir, harganya adalah Rp 50.000 : 1.000 x 20 = Rp 1.000.
  • 1 cup minuman harganya Rp 500.

HPP per cup kopi adalah Rp 200+Rp 5.000+Rp 6.000+Rp 1.000+Rp 500 = Rp 12.200.

2. Menghitung HPP Kopi per Set Menu

Jadi, untuk menghitung HPP bisnis kopi per set menu. Jika persediaan awal seluruh bahan baku sebesar Rp 500.000. Kemudian pada bulan yang sama terjadi pembelian sebesar Rp 600.000 dan angka persediaan akhir sebesar Rp 600.000.

Rumus perhitungan HPP dasar makanan atau minuman, yaitu:

HPP= Persediaan Awal+Pembelian-Persediaan Akhir

Sehingga, HPP per set menu kopi adalah Rp 500.000+Rp 60.000-Rp 600.000= Rp 500.000.

3. Rumus Menghitung HPP Kopi Menggunakan Food Aktual Minuman

Setelah kamu mengetahui HPP kopi per set menu, kamu juga harus mengetahui total keseluruhan penjualan satu set menu kopi. Jika dalam waktu satu bulan terjual 100 set menu kopi dengan harga Rp 18.000. Jadi, total keseluruhan penjualannya adalah 100 x Rp 18.000= Rp 1.800.000.

Total HPP per satu set menu kopi, yaitu Rp 500.000. Jika kamu bandingkan dengan jumlah penjualan Rp 1.800.000, maka angka food costnya adalah Rp 500.000 : Rp 1.800.000 x 100% = 27%.

Menentukan Harga Jual dari Hasil Menghitung HPP Bisnis Kopi

Langkah terakhir, yaitu menentukan margin keuntungan yang kamu inginkan. Contohnya 20%, 30%, 45% sampai 50%, dan lain-lain dari total harga pokok penjualan.

Saat menentukan margin keuntungan, pastikan harga jual produk kopi kamu masih bisa bersaing di pasaran. Harga jual menarik minat para pembeli dan tidak terlalu tinggi.

Menghitung HPP bisnis kopi bermanfaat untuk menjadi patokan ketika menentukan harga jual. Selain itu, kamu juga bisa mengetahui keuntungan yang kamu inginkan dari angka HPP tersebut.

Berikut ini cara menghitung harga jual kopi per cup:

  • HPP kopi per cup Rp 12.200.
  • Misalnya kamu menginginkan margin keuntungan sebesar 50%.
  • Maka harga jual kopi per cup adalah Rp 12.200 + 50% = Rp 18.300.

Agar lebih memudahkan, kamu bisa membulatkan harganya menjadi Rp 18.000. Harga tersebut masih cukup terjangkau untuk anak sekolah, mahasiswa, dan juga para pekerja kantoran. Sedangkan margin keuntungan 50% adalah keuntungan bersih menurut perhitungan food cost.

Sudah Siap Menghitung HPP Bisnis Kopi?

Setelah menyimak cara menghitung HPP bisnis kopi di atas, apakah kamu sudah siap untuk mempraktekkannya? Caranya cukup mudah bukan? Saat kamu sudah mengetahui rumus perhitungan HPP secangkir kopi, kamu akan lebih mudah untuk menentukan keuntungan dan harga jual.

Semoga informasi ini berguna untuk memperbaiki kondisi bisnis kopi milik kamu. Agar bisnis kopi kamu bisa mendapatkan keuntungan maksimal dan memiliki umur yang panjang untuk terus beroperasi.

Friska
Ketika banyak orang membutuhkan panduan dalam menyelesaikan masalah keuangan yang mereka hadapi, mereka sering mengalami kesulitan dalam mencari sumber/ saran terbaik. Karena itulah tulisan melalui artikel adalah hal yang menjadi passion bagiku karena akan membantu banyak orang yang mengalami kesulitan-kesulitan tersebut.

Langganan via Email​

Dapatkan Tips dan Berita Keuangan Gratis di Inbox Anda​

Pinjaman bisnis sd 2M dapat CASHBACK GOPAY s/d Rp 9,9 Juta, Sikaaat