Home » Strategi-bisnis » Mengenal dan Cara Antisipasi Biaya Tidak Terduga Bisnis Sepatu Anak

Mengenal dan Cara Antisipasi Biaya Tidak Terduga Bisnis Sepatu Anak

Mengenal dan Cara Antisipasi Biaya Tidak Terduga Bisnis Sepatu Anak

Dalam bisnis apapun, ada baiknya kamu mempersiapkan dana tak terduga yang dapat digunakan jika terdapat keperluan mendesak. Bagaimana mengenal dan cara antisipasi biaya tidak terduga dalam bisnis sepatu anak agar bisnis tetap berjalan lancar?

Untuk menjaga kestabilan keuangan dalam bisnis kamu, pengeluaran tidak terduga memang perlu dipersiapkan. Ada berbagai kasus yang memungkinkan kamu menggunakan dana tidak terduga seperti karyawan kompeten yang memutuskan resign, fasilitas yang rusak hingga pandemi yang dapat memengaruhi aktivitas bisnis kamu.

Para pengusaha di bidang sepatu anak harus mempersiapkan dana tidak terduga agar bisnis yang dijalaninya terus berjalan lancar. Bagaimana cara antisipasi dana tersebut? Simak penjelasannya berikut ini, ya!

Mengenal dan Cara Antisipasi Biaya Tidak Terduga untuk Bisnis Sepatu Anak

Dana tidak terduga bisa diperlukan sewaktu-waktu walaupun saat ini kamu belum mengetahui untuk apa. Namun sebelum mempersiapkannya, ada baiknya kamu mengetahui dan memahami apa yang dimaksud dengan dana tidak terduga dalam bisnis sepatu anak. Setelah mengetahuinya, kamu bisa lebih mudah menemukan cara untuk mengantisipasinya.

Mengenal Dana Tidak Terduga pada Bisnis Sepatu Anak

Dana atau biaya tidak terduga sering disebut sebagai hidden cost yang artinya adalah sejumlah biaya yang muncul dengan tiba-tiba dan tidak diperkirakan sebelumnya. Pada dasarnya,biaya ini terdapat di setiap keputusan bisnis yang kamu lakukan.

Contoh ketika kamu akan melakukan pembelian sejumlah sepatu anak dari supplier dengan sistem pre-order kepada pelangganmu maka kamu harus mempersiapkan dana untuk membayar pengirimannya. Selain itu kamu juga harus menyiapkan dana khusus untuk biaya kompensasi kepada pelanggan ketika barang tersebut rusak bahkan hilang di perjalanan.

Bisnis yang kamu jalankan kemungkinan akan terganggu jika kamu membutuhkan pengeluaran tiba-tiba dalam jumlah yang besar dan tidak menyiapkan dana tidak terduga sebelumnya. 

Jenis-jenis Biaya Tidak Terduga dalam Bisnis Sepatu Anak

Sebelum kamu mengenal dan cara antisipasi biaya tidak terduga, kamu perlu mengetahui apa saja faktor yang mendorong pengeluaran tidak terduga terjadi. Berikut adalah beberapa contoh biaya tidak terduga yang mungkin terjadi pada bisnis sepatu anak.

  • Terjadi bencana pada bisnis kamu contohnya kebakaran, pencurian, penipuan dan lain-lain.
  • Terjadi pandemi atau wabah penyakit.
  • Terjadi penyelewengan yang dilakukan oleh karyawan dan sangat merugikan bisnis yang dijalankan.
  • Sengketa hukum dan legalitas usaha
  • Dana tidak terduga dari pihak asuransi yang bekerjasama
  • Denda saat terlambat melakukan pembayaran

Hal-hal yang disebutkan di atas merupakan biaya tidak terduga dalam menjalankan bisnis sepatu anak dan biaya tersebut harus diantisipasi dari sekarang, ya!

Cara Antisipasi Biaya Tidak Terduga dalam Bisnis Sepatu Anak

Cara antisipasi yang paling penting untuk dilakukan tentu saja dari sisi keuangan. Biaya tidak terduga yang tentu saja datangnya mendadak tidak harus diatasi dengan cara mendadak pula. Lebih baik jika biaya tersebut disiapkan dari jauh-jauh hari.

Berikut beberapa cara untuk antisipasi biaya tidak terduga dalam bisnis sepatu anak.

Mempersiapkan Dana Darurat Sejak Awal

Sebenarnya dana darurat lebih baik dipersiapkan sejak awal membangun bisnis agar tidak kesusahan di kemudian hari. Namun jika kamu baru saja memulai mempersiapkannya maka kamu bisa mencicilnya. Sisakan beberapa pesen dari kas dalam bisnis kamu. Umumnya, angka ini bisa berkisar antara 1 – 3%. 

Dalam mempersiapkannya, jangan menentukan biaya yang membebankan namun cukup dan konsisten penyediaannya. Seiring dengan waktu berjalan, dana tersebut akan terkumpul dan berguna bagi kelancaran bisnis kamu.

Menggunakan Dana Darurat dengan Bijak

Seperti fungsinya, dana darurat digunakan jika ada keperluan biaya yang tidak terduga dan untuk mempertahankan stabilitas keuangan bisnis. Ketika dana darurat telah terkumpul maka jangan menggunakannya untuk hal yang tidak darurat. Selain itu, jangan sampai juga kamu menggunakan dana rutin untuk keperluan dana darurat.

Mendaftar Asuransi Agar Bisnis Terjamin

Selain asuransi kesehatan dan asuransi jiwa, bisnis sepatu anak yang kamu jalankan juga perlu diasuransikan. Ketika kamu sudah terdaftar dalam asuransi bisnis maka hal tersebut akan meminimalisir risiko yang mungkin terjadi di kemudian hari. Asuransi akan memberi ganti rugi ketika terjadi kerugian materi pada bisnis sepatu anakmu.

Contoh ketika toko sepatu anakmu sebagai tempat display sekaligus gudang terkena musibah kebakaran maka kamu bisa melakukan klaim asuransi untuk memperoleh gani rugi. 

Melakukan Perencanaan Pengeluaran

Membuat perencanaan pengeluaran dengan detail dan terstruktur akan membantu kamu dalam manajemen finansial. Banyak bisnis yang gagal karena kurangnya keterampilan dalam mengelola finansial. Kelompokkanlah pengeluaran bisnis kamu berdasarkan kewajiban, kebutuhan, dan keinginan.

Jangan Mengandalkan Pinjaman Bank

Jangan melakukan peminjaman bank untuk pengeluaran yang sebenarnya tidak darurat karena jika kamu memiliki banyak pinjaman dan tidak membayarnya tepat waktu maka hal tersebut akan berdampak tidak baik bagi bisnis sepatu anakmu.

Bisnis dengan reputasi yang tidak baik dilihat dari riwayat kreditnya akan mempersulit kamu jika di kemudian hari kamu membutuhkan modal besar dari bank.

Nah, itulah penjelasan dalam mengenal dan cara antisipasi biaya tidak terduga dalam bisnis sepatu anak agar bisnismu berjalan lancar. Semoga berhasil dan sukses!


Untuk para pelaku usaha kecil dan menengah, online sellers, dan freelancers. Kamu bisa lihat artikel lainnya di KoinWorks untuk dapatkan insight positif bagaimana cara berbisnis!

Nikmati kemudahan transaksi bisnis dan keuangan kamu dalam satu aplikasi hanya di KoinWorks NEO!

[E-Book GRATIS] Dapatkan konten ekslusif seputar strategi bisnis di sini
DAFTAR SEKARANG!
Pilih E-book untuk kamu download.
Dalam Ebook ini mengulas:Cara mudah untuk pebisnis melakukan iklan Google Display Network berupa banner atau visual yang ampuh untuk meningkatkan penjualan.
Dalam Ebook ini mengulas:Membantu pebisnis mengetahui lebih banyak tentang performa promosi yang dilakukan di dunia digital terutamanya platform Facebook untuk menentukan audiens.
Dalam Ebook ini mengulas:Penggunaan Business Metrics/KPI yang tepat untuk melacak sejauh mana bisnis kita sudah berjalan dan seberapa banyak target dari usaha kita yang sudah tercapai.
Ingin tahu lebih lanjut, KoinWorks NEO mau kenalan sama kamu lebih dekat.
Mengenal dan Cara Antisipasi Biaya Tidak Terduga Bisnis Sepatu Anak

Langganan via Email​

Dapatkan Tips dan Berita Keuangan Gratis di Inbox Anda​