Home » Strategi Bisnis » Tips Merinci Catatan Keuangan Pada Petshop

Tips Merinci Catatan Keuangan Pada Petshop

Dunia bisnis petshop menawarkan banyak persaingan. Seperti bisnis apa pun, kamu harus menemukan cara untuk membedakan diri dari persaingan dan mendapatkan perhatian dari pelanggan. Salah satu faktor penting suksesnya sebuah bisnis adalah keuangan. Maka, kamu perlu membuat catatan keuangan.

Jika kondisi keuangan baik dan pembukuan juga rapi, bisnis akan berjalan sesuai dengan rencana yang sudah kamu tentukan. 

Berikut adalah beberapa tips merinci catatan keuangan yang perlu kamu pertimbangkan untuk membantumu meningkatkan penjualan petshop dan membentuk jaringan pelanggan yang bahagia.

Pentingkah Catatan Keuangan dalam Bisnis Petshop?

Semua bisnis tentunya wajib memiliki catatan keuangan. Baik itu yang sederhana ataupun pembukuan yang cukup rumit. Petshop sekalipun jika ingin mencapai goals yang ditentukan ada baiknya membuat catatan keuangan.

Jika kamu ingin memulai bisnis petshop, pikirkan juga beberapa hal yang menyangkut keuangan seperti pendaftaran pajak, lisensi, dan mempertimbangkan asuransi jika petshop milikmu memberikan jasa penitipan hewan. 

Kamu juga bisa menggunakan software accounting jika dirasa sangat memerlukannya untuk mengatur keuangan. Apabila sangat memerlukannya, pekerjakan akuntan sehingga kamu tidak perlu repot mengurus masalah ini.

Tips Untuk Merinci Catatan Keuangan dalam Bisnis Petshop

Mungkin beberapa dari kalian masih pemula dalam hal keuangan dan bisnis petshop. Jangan khawatir, tips merinci catatan keuangan di bawah ini akan memudahkan kamu untuk mengira-ngira bentuk catatan keuangan seperti apa yang bisa kamu olah sendiri.

Buat Rencana Bisnis Jangka Pendek dan Jangka Panjang

Tuliskan rencana jangka pendek dan panjang untuk memandu catatan keuangan petshop milikmu. Ini penting untuk membantu mengembangkan bisnis kamu dan mengakomodasi segala kemungkinan seperti kerugian atau tuntutan hukum. Penting juga untuk ditunjukkan kepada otoritas jika perlu.

  • Buatlah sedetail mungkin rencana bisnis petshopmu. Buat daftar tanggung jawab pemilik dan semua karyawan. Buat daftar layanan dan harga yang dapat kamu sesuaikan dengan permintaan. Pastikan untuk menghitung biaya yang mungkin harus kamu keluarkan untuk persediaan dan gaji.
  • Selanjutnya putuskan produk dan jasa layanan apa yang akan kamu berikan pada petshopmu. Apakah tokomu akan menjual persediaan hewan atau menjadi tempat jual beli hewan beserta jasa grooming pula?
  • Dapatkan Lisensi, Sertifikat, dan Asuransi yang Benar

Sebelum melanjutkan tips merinci catatan keuangan, kamu harus sudah mempersiapkan lisensi, sertifikat, asuransi dan surat resmi lainnya. Karena pada bagian ini petshopmu tidak akan bisa beroperasi karena nantinya kamu akan berurusan dengan hewan.

  • Biaya Sewa Tempat

Biaya sewa tempat tentunya akan masuk pada rancangan keuangan. Kamu bisa saja membayar sewa lebih besar dari pada membeli supply produk dan perlengkapan lainnya. Maka dari itu, penting untuk mencacat hal-hal yang sekiranya akan membuatmu mengeluarkan uang yang cukup besar.

  • Menetapkan Struktur Harga 

Menyiapkan struktur harga dapat memudahkan pelanggan serta memberikan kesan bahwa kamu adalah pemilik petshop yang profesional. Satu hal yang harus diperhatikan adalah mematok harga yang sesuai dengan pasaran di wilayahmu.

Dengan menetapkan struktur harga, kamu juga dapat lebih mudah merancang pembukuan yang sederhana dan dapat kamu lacak setiap bulan atau tahun.

  • Install Sistem Faktur dan Pembayaran

Setelah kamu menentukan struktur harga, tips merinci catatan keuangan selanjutnya adalah pasang sistem faktur dan pembayaran. Pertimbangkan jenis pembayaran dan bagaimana kamu akan menulis tanda terima, yang akan membantu melegitimasi bisnismu dan mempermudah catatan keuangan.

  • Pastikan untuk memiliki rekening bank terpisah untuk bisnis dan pribadi
  • Pastikan setiap aspek penetapan harga dan penagihan kamu transparan bagi pihak yang terlibat. Mempertahankan praktik bisnis yang adil sangat penting untuk kesuksesan petshopmu.
  • Gunakan Software Accounting

Software akuntansi adalah program komputer yang memelihara pembukuan akun di komputer, termasuk pencatatan transaksi dan saldo akun. Bergantung pada tujuannya, software ini bisa digunakan dalam banyak hal.

Kamu bisa memanfaatkannya untuk mengelola anggaran, mencatat keuangan, mengatur pembayaran gaji dan manajemen hubungan pelanggan. Kamu juga bisa menggunakannya untuk menyiapkan pelaporan keuangan. 

Mungkin terlihat sangat memudahkan pemilik petshop, namun software accounting ini tentunya memiliki biaya pada setiap fitur yang diberikan. Maka dari itu, manfaatkan dengan bijak agar kamu tidak sia-sia menggunakannya.

Sukseskan Bisnis Petshop Kamu dengan Catatan Keuangan yang Baik

Tidak ada yang lebih memuaskan daripada memulai perusahaan yang sukses di industri yang kamu gemari. Untuk pecinta hewan yang ingin berwirausaha, bisnis perawatan atau persediaan hewan peliharaan dapat menjadi salah satu pilihan yang bermanfaat. Melalui bisnis ini, kamu akan mendapat penghasilan selama bertahun-tahun yang akan datang. 

Keuangan memang hal yang sangat penting dalam sebuah bisnis. Bisnis dapat dikatakan sukses jika pengaturan keuangannya baik dan rapi. Oleh sebab itu, banyak hal yang harus di perhatikan saat merinci pembukuan keuangan. 

Banyak bisnis petshop yang tidak bertahan lama dikarenakan kurangnya kesadaran akan rincian catatan keuangan yang baik. Jangan takut untuk memulai bisnis kamu sendiri. Dengan tips merinci catatan keuangan diatas, kamu dapat menciptakan bisnis petshop yang sukses. 

Banyaknya orang yang memiliki hewan peliharaan membuat mereka membutuhkan petshop, maka dari itu atur bisnismu dengan baik agar pelanggan akan terus datang.


Bank digital hadir untuk pelaku UKM, freelancers, dan online sellers di Indonesia. 

Urus segala keperluan bisnis dan keuangan pakai KoinWorks NEO. Kemudahan berbagai layanan seperti bebas biaya transfer antar bank dan pinjaman modal tanpa agunan untuk bisnismu hanya dengan satu aplikasi! 

Lihat juga berbagai panduan dan informasi bisnis hanya di KoinWorks.

Lukito Wijaya

Download aplikasi KoinWorks dan mulai kembangkan asetmu sekarang!

Langganan via Email​

Dapatkan Tips dan Berita Keuangan Gratis di Inbox Anda​