Home » Strategi Bisnis » Rencana Jangka Pendek dan Jangka Panjang Bisnis Petshop

Rencana Jangka Pendek dan Jangka Panjang Bisnis Petshop

Perlu banyak pertimbangan ketika menjalankan bisnis petshop, salah satunya adalah memiliki rencana untuk jangka pendek dan jangka panjang. Rencana ini nantinya akan membuat petshop milikmu berkembang pesat. Namun, menyusun rencana untuk jangka pendek dan panjang harus sesuai visi dan misi bisnis petshop milikmu. 

Rencana Jangka Pendek Bisnis Petshop

Rencana jangka pendek adalah sebuah perencanaan bisnis untuk waktu yang singkat atau short range planning, yakni kurang dari 1 tahun. Meliputi promosi, produk yang dijual, karyawan, hingga keuangan. Berikut rangkumannya:

Menjual Produk Terbaik

Menjual produk yang berkualitas adalah salah satu rencana jangka pendek yang perlu kamu lakukan pada toko petshop milikmu. Ada beberapa poin yang termasuk dalam bagian perencanaan jangka pendek pada bagian produk yang perlu kamu ketahui, seperti:

  • Menjual produk-produk yang lengkap dengan informasi pada kemasannya.
  • Memilih produk-produk dengan kualitas terbaik atau paling banyak dicari oleh pemilik hewan peliharaan. Biasanya produk ini lebih mahal.
  • Memilih supplier yang memiliki track record bagus dan bertanggung jawab. Misalnya, Bahagia Pet Grosir, Kia Pet Shop, Holy Petshop Grosir, atau Rc Pet Shop.
  • Memastikan jumlah produk yang akan dijual sesuai dengan kebutuhan toko.

Perencanaan produk-produk yang dijual ini juga melibatkan pencatatan stok barang yang akurat. Pencatatan tersebut meliputi jumlah barang atau produk yang masuk, jumlah produk yang terjual, dan jumlah produk yang tersisa. Contoh software yang bisa membantu pencatatan stok produk petshop adalah Stock Inventory.

Dari pencatatan ini kamu akan mengetahui mana produk yang paling laku dan mana produk yang kurang atau bahkan tidak laku. Maka untuk perencanaan selanjutnya kamu bisa menentukan berapa jumlah produk yang dibutuhkan untuk masing-masing kategori.

Pelayanan yang Memuaskan

Pelayanan ini tidak hanya berupa keramahan dalam menyapa para pelanggan yang berdatangan. Namun, juga cara kamu menjelaskan produk-produk yang dijual kepada pelanggan, seputar bahan baku, keunggulan, dan lain sebagainya.

Kecepatan dalam melayani pelanggan pun juga penting kamu masukan dalam rencana jangka pendek bisnis petshop.

Jika kamu mempekerjakan karyawan, maka pilihlah yang mengerti dan sayang terhadap hewan. Jika ternyata pengalaman para karyawan milikmu belum sesuai SOP, maka solusinya adalah rutin memberikan pelatihan.

Contoh SOP pada petshop yang perlu kamu susun antara lain:

  • Jam operasional toko. Misalnya, buka jam 09.00 dan tutup pada jam 22.00.
  • Membagi karyawan dalam dua shift, yaitu pagi dan sore.
  • Jam kerja bagi karyawan pagi dimulai dari jam 08.30 – 15.00. Sedangkan untuk karyawan sore dimulai dari jam 15.00 – 22.00.
  • Karyawan harus paham bagaimana merawat hewan peliharaan.
  • Wajib menggunakan ID card pekerja dan penampilan harus rapi.

SOP di atas juga bisa menjadi acuan kamu untuk memantau atau memberikan penilaian hasil kerja minimal tiga bulan sekali. Hasil kinerja ini akan mendorong mereka untuk terus meningkatkan kualitas dan kemampuannya dalam bekerja.

Rencana Jangka Panjang

Rencana jangka panjang adalah sebuah target yang ingin dicapai dalam kurun waktu 3 – 5 tahun mendatang. Berikut ini beberapa contoh rencana jangka panjang yang bisa kamu pertimbangkan:

Ekspansi Bisnis

Ekspansi bisnis merupakan kegiatan memperluas toko menjadi lebih besar. Ketika melakukan ekspansi bisnis petshop memang membutuhkan biaya yang tidak sedikit. Oleh karena itu, kamu perlu mempersiapkannya jauh-jauh hari dengan meningkatkan angka penjualan.

Adanya ekspansi bisnis ini juga akan menandakan petshop milikmu sudah berkembang dengan pesat. Semakin luas toko yang kamu bangun atau sewa, maka semakin banyak produk-produk yang bisa dijual dan membuat pelanggan lebih leluasa melihat produk-produk yang ada di petshop.

Modal melakukan ekspansi bisnis seperti renovasi toko petshop disesuaikan dengan luas toko milikmu saat ini.

Contoh, luas toko petshop 3×4 dengan luas bangunan 12 m2. Harga pasaran membangun toko per m2 adalah Rp 3 juta. Maka modal yang perlu kamu siapkan untuk ekspansi toko adalah Rp 3 juta x 12 m2 = Rp 36 juta.

Membuka Cabang Bisnis Petshop

Membuka cabang bisnis petshop juga termasuk dalam rencana jangka panjang, lho. Karena sebagai pertanda toko milikmu sudah berkembang dan terkenal dengan tujuan menjangkau target pasar lebih luas dan meningkatkan keuntungan yang didapatkan.

Sama seperti melakukan ekspansi bisnis, membuka cabang petshop pun juga perlu persiapan yang cukup matang, salah satunya adalah pemilihan lokasi yang strategis dan dekat dengan target pasar yang dituju.

Membuka cabang petshop pun juga membutuhkan modal tidak sedikit. Berikut perkiraan modal yang harus kamu siapkan:

  • Modal utama untuk membeli kebutuhan produk petshop sekitar Rp 12 juta dengan pembagian Rp 6 juta untuk makanan kucing dan anjing, Rp 3 juta untuk kandang dengan berbagai ukuran, Rp 2 juta untuk shampoo, vitamin, dan obat, lalu Rp 1 juta untuk aksesoris hewan peliharaan.
  • Modal sewa bangunan Rp 80 juta per tahun untuk luas tanah 80 m2 dengan luas bangunan 40 m2.
  • Gaji karyawan Rp 2,8 juta per bulan. Jika kamu memiliki 3 orang karyawan, maka total gaji yang harus kamu bayar adalah Rp 8,4 juta.

Total perkiraan modal di atas adalah Rp 100,4 juta. Modal ini belum termasuk pengeluaran-pengeluaran yang sifatnya tak terduga.

Yuk, Buat Rencana Jangka Pendek dan Panjang Petshop!

Itulah beberapa contoh rencana jangka pendek dan jangka panjang dalam bisnis petshop. Rekomendasi tersebut bisa kamu lakukan pada bisnis petshop milikmu saat ini. Karena persaingan bisnis petshop masih kecil, tunggu apalagi? Jangan sia-siakan kesempatan satu ini, ya!


Untuk para pelaku usaha kecil dan menengah, online sellers, dan freelancers. Kamu bisa lihat artikel lainnya di KoinWorks untuk dapatkan insight positif bagaimana cara berbisnis!

Lukito Wijaya

Download aplikasi KoinWorks dan mulai kembangkan asetmu sekarang!

Langganan via Email​

Dapatkan Tips dan Berita Keuangan Gratis di Inbox Anda​