Home » Strategi-bisnis » Membuat & Menyusun Laporan Keuangan Sederhana dalam Bisnis Petshop

Membuat & Menyusun Laporan Keuangan Sederhana dalam Bisnis Petshop

Membuat & Menyusun Laporan Keuangan Sederhana dalam Bisnis Pet Shop

Sebelum membuka petshop, sebaiknya pelajari dulu laporan keuangan sederhana dalam bisnis. Tidak peduli kecil atau besar, ini wajib untuk kamu lakukan supaya proses administrasi bisa lancar dan pengelolaan keuangan bisnis bisa mudah.

Untuk mempelajari cara dan contoh laporan keuangan sederhana bisnis petshop, kamu bisa menggali informasi melalui buku, seminar, hingga artikel, contohnya yaitu seperti yang tengah kamu baca saat ini. Nah, penasaran pembahasannya? Ikuti saja informasinya!

Pembuatan Laporan Keuangan Sederhana dalam Bisnis Petshop

Tidak jarang, pelaku bisnis petshop menjalankan usahanya tanpa ingin ribet mencatat keuangan dan transaksi. Padahal, memulai pembuatan laporan keuangan sederhana tidaklah sulit. Kamu tinggal menyiapkan buku-buku dan pencatatan di bawah ini:

Buku untuk Pengeluaran

Dalam buku ini, kamu dapat mencatat segala pengeluaran, baik kecil maupun besar. Bisa lebih baik apabila buku khusus pengeluaran ini telah kamu susun sebelum berjalannya bisnis.

Mengenai fungsinya sendiri, buku khusus pengeluaran ini dapat mempermudah pelaku bisnis dalam penyeimbangan kas pada akhir periode. Contohnya yakni mencocokkan debit dan kredit bisnis petshop kamu selama bulan Juli.

Buku untuk Pemasukan

Kamu tidak hanya mencatat pengeluaran penting, namun seluruh bentuk pemasukan juga harus kamu catat. Pencatatan pemasukan dapat mempermudahmu dalam melakukan pengawasan keseimbangan bisnis yang tengah berjalan. 

Kamu tentunya akan sangat memerlukan catatan ini pada akhir bulan, kuartal, hingga penutupan tahun. Maka demikian, sebaiknya pastikan telah mencatat seluruh pemasukan harian. Terhitung pula jumlah hutang yang telah dilunasi.

Buku Catatan untuk Stok Barang

Menjadi pelaku bisnis petshop, kamu tidak cuma wajib melakukan pemantauan arus keuangan, namun kamu pun harus mengawasi dan mencatat sirkulasi masuk-keluarnya barang.

Maka demikian, kamu wajib menyediakan buku catatan untuk stok barang. Singkat katanya, buku catatan stok ini memiliki laporan keuangan paling sederhana karena pencatatannya tidak berupa keuangan.

Buku Catatan untuk Inventaris

Ini merupakan buku berisikan catatan tentang seluruh barang yang dipunyai oleh bisnis petshop kamu. Entah itu barang yang dibeli, contohnya seperti produk makanan kucing, maupun barang yang didapat dari hibah, contohnya peralatan grooming.

Tentang fungsinya sendiri, buku catatan ini berguna untuk menjadi acuan saat mengidentifikasi stabilitas bisnis. Kamu pastinya sangat membutuhkan catatan ini dalam laporan keuangan di akhir periode usahamu.

Rangkuman Catatan untuk Kas Utama

Ini merupakan langkah penyusunan laporan keuangan sederhana dalam bisnis yang terakhir. Perlu dicatat bahwa rangkuman ini sangat krusial untuk kamu buat. Sebab, tidak cuma memberikan data, namun kas utama merupakan basic laporan keuangan.

Di rangkuman catatan untuk kas utama, kamu harus mengisikan segala pengeluaran dan pemasukan, entah itu berupa uang maupun barang. Nah, lewat catatan inilah kamu dapat memastikan kondisi petshop, apakah bisnismu sedang untung atau merugi.

Langkah Penyusunan Laporan Keuangan Sederhana bisnis Petshop

Sesudah memahami langkah pembuatan laporan keuangan secara simpel dan gamblang, hal selanjutnya yang kamu harus lakukan adalah melakukan penyusunan laporan keuangan secara urut. Di bawah ini merupakan langkah-langkah yang dapat kamu aplikasikan:

Menyusun Neraca Saldo

Komponen laporan keuangan sederhana ini memiliki daftar rekening ‘buku besar’, yang mana terdapat saldo pada kolom debit maupun kredit. Kamu bisa menyusun neraca saldo ini sesudah membukukan jurnal pada setiap rekeningnya di buku besar.

Informasi pada neraca ini digunakan untuk mengecek apakah debit dan kredit di semua rekening buku besar sudah seimbang. Selain itu, penggunaan neraca saldo penting dalam tahap pertama pembuatan neraca lajur, begitu pula dengan jurnal penyesuaian.

Menyusun Jurnal Penyesuaian

Beragam transaksi yang sudah terlewat pencatatannya, maupun yang belum cocok dengan kondisi akhir periode, dapat dikumpulkan di dalam jurnal ini. Misalnya, kamu lupa mencatat debit dan kredit makanan anjing pada minggu keempat bulan Juli.

Menyusun Neraca Lajur atau Lembar Kerja

Kamu membutuhkan neraca lajur dalam menyusun laporan keuangan. Nah, dari neraca ini hingga penyesuaian data, titik acuannya yaitu di jurnal penyesuaian.

Saat saldo telah kamu sesuaikan, neraca lajur akan muncul di kolom penyesuaian neraca saldo. Dengan begitu, saldo itu nantinya bisa dilaporkan dalam laporan laba rugi dan neraca juga.

Menyusun Laporan Perubahan Modal, Laba Rugi, dan Lain-Lain

Di neraca lajur, nominal terlapor pada laba rugi ataupun neraca telah dipisahkan. Jadi, kamu dapat langsung mengerjakan bermacam laporan pada neraca lajur. Kamu cuma perlu merubah bentuk 2 laporan itu, supaya lebih gampang dianalisis.

Menyesuaikan dan Melakukan Penutupan Rekening

Ketika semua rekening pada buku besar sudah melewati penyesuaian, maka waktunya kamu melakukan penutupan rekening nominal pada laporan laba rugi. Kamu dapat memindah saldo laba rugi ke rekening laba.

Lalu, untuk langkah terakhirnya sendiri yaitu melakukan pembukuan segala informasi yang berasal dari jurnal ke buku besar – sesuai rekening yang berkaitan.

Menyusun Neraca Saldo Setelah Penutupan

Kamu bisa menyusun neraca saldo setelah melakukan penutupan supaya bisa mengecek keseimbangan debit dan kredit rekening awal. Sebaiknya pastikan isi neraca cuma rekening riil. Jadi, penutupan rekening nominal sudah tidak termasuk.

Ayo Mulai Buat Laporan Keuangan Sederhana untuk Bisnis Petshop!

Demikianlah pembahasan soal laporan keuangan sederhana dalam bisnis petshop. Informasi-informasi di atas tentunya mudah dicerna dan dipraktekkan. Maka dari itu, ayo mulai buat laporan keuangan sederhana tersebut dan terus disiplin, sekarang juga!


Bank digital hadir untuk pelaku UKM, freelancers, dan online sellers di Indonesia. 

Urus segala keperluan bisnis dan keuangan pakai KoinWorks NEO. Kemudahan berbagai layanan seperti bebas biaya transfer antar bank dan pinjaman modal tanpa agunan untuk bisnismu hanya dengan satu aplikasi! 

Lihat juga berbagai panduan dan informasi bisnis hanya di KoinWorks.

[E-Book GRATIS] Dapatkan konten ekslusif seputar strategi bisnis di sini
DAFTAR SEKARANG!
Pilih E-book untuk kamu download.
Dalam Ebook ini mengulas:Cara mudah untuk pebisnis melakukan iklan Google Display Network berupa banner atau visual yang ampuh untuk meningkatkan penjualan.
Dalam Ebook ini mengulas:Membantu pebisnis mengetahui lebih banyak tentang performa promosi yang dilakukan di dunia digital terutamanya platform Facebook untuk menentukan audiens.
Dalam Ebook ini mengulas:Penggunaan Business Metrics/KPI yang tepat untuk melacak sejauh mana bisnis kita sudah berjalan dan seberapa banyak target dari usaha kita yang sudah tercapai.
Ingin tahu lebih lanjut, KoinWorks NEO mau kenalan sama kamu lebih dekat.
Membuat & Menyusun Laporan Keuangan Sederhana dalam Bisnis Petshop

Langganan via Email​

Dapatkan Tips dan Berita Keuangan Gratis di Inbox Anda​