Home » Strategi Bisnis » 5 Kesalahan yang Merugikan Bisnis Petshop

5 Kesalahan yang Merugikan Bisnis Petshop

Seperti bagaimana bisnis, ada kalanya kamu mendapat untung, di lain waktu mungkin kamu akan menerima kerugian. Bisnis petshop yang kamu rintis dari nol itu pun juga bisa mengalami kerugian, melalui kesalahan yang merugikan bisnis seperti kurangnya insight pada tren market, keuangan dan lain sebagainya. 

Beberapa faktor lain juga dapat mempengaruhi bisnis yang merugi. Maka, penting bagi kamu para business owner untuk sadar akan kesalahan ini agar petshop kalian tetap bertahan lama dan terus mengikuti tren pasar yang ada.

Mari pelajari 5 kesalahan apa saja yang bisa membuat rugi bisnis petshop kamu!

5 Kesalahan Yang Merugikan Bisnis Petshop

Dalam bisnis, kesalahan yang merugikan dapat datang dari berbagai faktor, sisi, dan alasan mengapa itu bisa terjadi. Kamu harus tahu kesalahan yang umum terlebih dahulu dan lakukan analisis apakah faktor ini terjadi pada bisnis petshop milikmu. Jadi mari kita lihat beberapa kesalahan umum yang dapat dilakukan pemilik petshop dan cara memperbaikinya.

1. Kurang Pahamnya Kondisi Pasar

Sebelum kamu membuka bisnis petshop, ada baiknya untuk meninjau kondisi pasar terlebih dahulu sehingga kamu bisa memiliki gambaran bagaimana industri bisnis petshop ini berjalan. 

Selain itu, kamu juga bisa mengira-ngira dimana tokomu akan di bangun sehingga bisa bersaing dengan sehat. Hal-hal tersebut memang merupakan strategi pemasaran yang paling dasar, namun sebagian besar pemilik petshop acuh pada lingkup persaingan dagang mereka. 

Kedua hal tersebut harus tetap dilakukan meskipun usahamu sudah berkembang karena seiring berjalannya waktu, tren dan antusias masyarakat juga akan berubah.

Agar kesalahan yang merugikan bisnis ini tidak terjadi, kamu dapat membuat daftar Top 5 hingga 10 petshop yang cukup ramai di daerahmu. Kamu bisa menyertakan daftar bisnis petshop yang dibuka secara online maupun offline

Pastikan kamu melakukan ini secara berkala, misalnya bulanan atau triwulanan. Dengan melakukan tips ini, bisnis petshop kamu tidak akan ketinggalan tren pasar dan dapat bersaing dengan toko besar lainnya.

2. Keuangan yang Berantakan

Semua bisnis start up maupun berkembang, keuangan adalah faktor paling penting. Pemilik bisnis kerap kali melakukan kesalahan pada bagian pengeluaran dan pemasukan, pembukuan yang tidak jelas dan lain sebagainya. 

Kebanyakan orang memiliki persediaan modal selama 6 bulan, ubahlah menjadi 12 bulan – kita semua tahu 6 bulan bukanlah waktu yang lama pada sebuah bisnis. Biasanya kesalahan yang merugikan bisnis ini terjadi karena arus kas kurang terencana.

Kamu mungkin juga tidak memiliki alternatif penghasilan yang bisa membantu petshopmu dalam permodalan dan akhirnya merugikan bisnis. Jangan gampang menyerah, selalu siapkan rencana alternatif dari A hingga Z, dan teruslah mencoba!

3. Kurangnya Pengetahuan Tentang USP

Selain memeriksa pasar, kamu juga harus menganalisis dan mengidentifikasi Unique Selling Point (USP) dari para pesaing. Susunlah rencana bisnis strategimu sendiri dan bandingkan dengan Top 5 petshop yang sudah kamu list sebelumnya. Luangkan waktu untuk banyak melakukan riset agar produk dan layanan yang kamu berikan berbeda dan lebih menonjol dari yang lain. 

4. Tidak Memiliki Strategi Pemasaran yang Tepat 

Strategi pemasaran adalah tulang punggung dari setiap bisnis termasuk petshop. Tanpa rencana pemasaran yang tepat, kamu tidak akan bisa menyusun strategi arah bisnis kamu agar sukses. 

Jika kamu melihat persaingan yang ketat, tetap pantau dengan hati-hati. Kamu akan menemukan ide-ide dan pemasaran baru untuk mempromosikan petshop. Selain mengikuti tren yang ada, kamu juga perlu membuat strategi pemasaran baik online maupun offline.

Ada beberapa hal yang harus diingat saat merancang strategi pemasaran pada online petshop:

  1. Pertama-tama, cari tahu pelanggan paling sering nongkrong dimana. Platform mana yang biasanya ramai pengunjung. 
  2. Kedua, konsistensi. Taktik pemasaran online pada bisnis petshop cukup dengan konsisten pada sebuah platform. Seringlah berinteraksi dengan memposting produk baru, tips and trick atau memberikan promosi.
  3. Ketiga, banyak-banyak berpartisipasi pada setiap platform jejaring sosial. Semakin bagus online exposure tokomu, semakin baik pula offline-nya.

5. Asal Pilih Pekerja 

Kuncinya di sini adalah meluangkan waktu kamu untuk mendapatkan tim yang kompeten. Mempekerjakan siapa saja yang bersedia melakukan pekerjaan dengan gaji yang tepat akan membuat kesalahan yang merugikan bisnis petshop kamu perlahan mereda. 

Pada awalnya, kamu akan menghabiskan waktu micromanaging dengan tim – lebih dari apa yang akan dianggap normal – sementara setiap anggota tim belajar apa peran mereka. 

Sudah Siap Memulai Bisnis Petshop?

Memulai sebuah bisnis, terutama petshop memang tidak mudah, banyak hal-hal yang harus dipikirkan matang-matang dan berkas penting yang juga membutuhkan waktu lama untuk menyelesaikannya. 

Setelah bisnis berjalan pun, tidak dapat dipungkiri bahwa kesalahan yang merugikan bisnis petshop cukup beragam. Sudah waktunya untuk mengenali kesalahan apa saja itu dan menghindarinya agar bisnis petshop kamu tidak gulung tikar. 

Sekarang ingatlah faktor-faktor ini saat memulai bisnis petshop kamu. Selalu memiliki rencana, dengan fokus tujuan yang pasti, sehingga kamu dapat mengukur kesuksesan petshop dan menikmati upaya bisnis yang kamu buat.


Untuk para pelaku usaha kecil dan menengah, online sellers, dan freelancers. Kamu bisa lihat artikel lainnya di KoinWorks untuk dapatkan insight positif bagaimana cara berbisnis!

Nikmati kemudahan transaksi bisnis dan keuangan kamu dalam satu aplikasi hanya di KoinWorks NEO!

Download aplikasi KoinWorks dan mulai kembangkan asetmu sekarang!

Langganan via Email​

Dapatkan Tips dan Berita Keuangan Gratis di Inbox Anda​