Home » Strategi Bisnis » Serba-Serbi Laporan Keuangan Sederhana Bisnis Thai Tea

Serba-Serbi Laporan Keuangan Sederhana Bisnis Thai Tea

Membuat laporan keuangan sederhana merupakan hal yang wajib dilakukan, khususnya para pengusaha mikro dan kecil. Jika kamu merupakan salah satu dari mereka, sebaiknya jangan lupa membuat laporan ini guna memudahkan alur keuangan bisnismu.

Memang, laporan keuangan merupakan komponen yang sangat krusial bagi bisnis skala apapun. Namun, sayang sekali, masih banyak pengusaha mikro dan kecil yang mengacuhkan hal ini. Mereka berpendapat bahwa laporan keuangan itu rumit dan boros waktu.

Hal ini dikarenakan sebagian besar dari mereka kemungkinan belum mengetahui tentang laporan keuangan versi sederhana. Bisa saja faktor ketidaktahuan tersebut adalah malas mencari ilmu atau memang terbatas dalam mengakses informasi.

Jika kamu merupakan salah satu pengusaha Thai Tea skala mikro atau kecil yang terbatas dalam informasi, khususnya dalam membeli buku panduan bisnis dan mengikuti seminat, janganlah khawatir. Sebab, artikel ini akan membahas ringkasan laporan budget sederhana.

Pengertian Laporan Keuangan

Jadi, laporan keuangan merupakan informasi yang berisi catatan keuangan atau budget suatu bisnis dalam periode tertentu akuntansi. Nah, laporan ini bisa digunakan sebagai gambaran kinerja bisnis atau usaha. 

Laporan keuangan pun adalah suatu bagian dari sistem pelaporan keuangan yang mana kerap diaudit oleh akuntan, lembaga pemerintahan, firma, maupun badan lainnya. Tujuan adanya laporan ini yakni guna memastikan akurasi serta pembiayaan, investasi, atau pajak.

Fungsi Laporan Keuangan

Analis keuangan dan investor mengandalkan informasi keuangan dalam menganalisa performa bisnis serta merancang prediksi mengenai potensi harga saham bisnis. Salah satu rujukan terpenting ialah laporan tahunan yang berisikan laporan keuangan bisnis.

Selain itu, laporan keuangan dimanfaatkan analis pasar, investor, dan kreditor dalam mengevaluasi sirkulsi keuangan serta potensi pendapatan bisnis. Tiga laporan keuangan primer ialah laporan laba rugi, arus kas, dan neraca.

Cara Membuat Laporan Keuangan Sederhana

Walaupun masih tergolong dalam skala mikro atau kecil, bisnis Thai Tea kamu tetap dianjurkan untuk tidak mengabaikan pencatatan laporan keuangan. Intinya, janganlah berkaca pada pengusaha yang ogah-ogahan membuat laporan keuangan.

Faktanya, mayoritas pengusaha hanya tergiur omset tinggi tanpa peduli sirkulasi keuangannya. Padahal, membuat laporan budget bisnis sederhana cukuplah mudah. Di bawah ini adalah poin-poin beserta penjelasannya secara ringkas:

Membuat Buku Berisi Catatan Pengeluaran

Pada awal menjalankan bisnis Thai Tea, kamu sebaiknya mempertimbangkan terlebih dahulu untuk membuat buku yang memuat catatan pengeluaran secara khusus. Di dalamnya, catat segala pengeluaran. 

Contoh hal yang dapat kamu catat adalah pengeluaran untuk membeli bahan baku Thai Tea. Dengan begini, kamu dapat lebih gampang mengetahui berapakah modal usaha yang sudah dikeluarkan.

Membuat Buku Berisi Catatan Pemasukan

Selain pengeluaran, segala hal yang berkaitan dengan pemasukan dana pun membutuhkan pencatatan yang jelas. Ini terhitung mulai dari hasil penjualan Thai Tea sampai piutang yang telah lunas. Usahakan untuk mencatat pemasukan setiap hari.

Membuat Buku Berisi Kas Utama

Ini merupakan buku gabungan antara catatan pengeluaran dan pemasukan. Penggabungan tersebut ditujukan agar kamu memahami lebih rinci terkait seberapa tinggi nominal keuntungan maupun kerugian bisnis Thai Tea.

Tidak hanya itu saja, keberadaan buku kas utama pun juga berfungsi sebagai acuan rancangan strategi bisnis Thai Tea pada waktu mendatang. Dengan begitu, semuanya bisa jelas dan perancangan pun mudah dilakukan.

Membuat Buku Berisi Stok Barang

Bisnis tidak melulu melakukan pencatatan terkait uang saja, namun barang juga. Nah, catatan sirkulasi keluar dan masuknya barang wajib dilakukan setiap hari dan secara berkelanjutan. Jika penjualan tinggi, maka jumlah barang keluar serat masuk pun tinggi.

Buku ini pun juga bisa digunakan sebagai monitor jumlah tersedianya barang yang dipunyai bisnis. Tidak hanya itu, buku stok ini juga memiliki guna untuk mencegah kecurangan yang kerap dilakukan supplier maupun tenaga kerja sendiri.

Buku Berisi Inventaris Barang

Ini adalah buku yang digunakan sebagai pencatat seluruh barang yang dipunyai bisnis Thai Tea. Baik yang telah dibeli maupun diurus. Di samping itu, buku inventaris pun bisa berfungsi untuk memastikan agar aset bisnis Thai Tea tetap terkendali.

Jenis Laporan Keuangan Sederhana

Setelah membahas tentang cara membuat laporan keuangan secara sederhana, kini kamu sebaiknya mengetahui jenis laporan keuangan apakah yang harus diterapkan. Nah, langsung saja ketahui berikut ini:

Laporan Neraca

Ini merupakan laporan yang dibuat untuk pertama kalinya. Laporan neraca mampu menunjukkan berapakah harta sebenarnya yang dipunyai bisnis Thai Tea kamu serta nominal hutang yang tengah ditanggung.

Sebaiknya ingatlah bahwa pada neraca – jumlah harta serta modal + hutang harus bernilai sama.

Laporan Keuangan Laba Rugi

Sesudah sukses membuat laporan neraca, maka selanjutnya adalah meneruskan dengan penyusunan laporan laba rugi. Nah, laporan ini dapat menunjukkan berapakah keuntungan sebenarnya yang didapat bisnis Thai Tea.

Selain itu, laporan satu ini bisa menunjukkan informasi seputar tingginya kerugian yang wajib ditanggung oleh pemilik bisnis Thai Tea. Perlu diketahui, laporan keuangan ini perlu kamu buat pada akuntansi periode akhir.

Laporan Arus Kas

Selanjutnya, kamu bisa memulai penyusunan laporan ini. Tujuan diadakannya laporan arus kas adalah supaya kamu dapat mengetahui berapakah nominal kas yang keluar maupun masuk. 

Laporan Perubahan Modal

Walaupun bisnismu tergolong bisnis skala kecil, sebaiknya kamu menyusun laporan satu ini. Sebab, laporan perubahan modal berfungsi sebagai gambaran perubahan modal bisnis. Selain itu, laporan ini bisa menunjukkan dari manakah sumber perubahan modal.

Pahami dan Praktekkan!

Nah, itulah pembahasan mengenai serba-serbi laporan keuangan sederhana untuk bisnis Thai Tea kamu. Jika kamu telah memahami poin-poin beserta penjelasannya, maka segera mempraktekkan informasi tersebut!


Bank digital hadir untuk pelaku UKM, freelancers, dan online sellers di Indonesia. 

Urus segala keperluan bisnis dan keuangan pakai KoinWorks NEO. Kemudahan berbagai layanan seperti bebas biaya transfer antar bank dan pinjaman modal tanpa agunan untuk bisnismu hanya dengan satu aplikasi!

Lukito Wijaya

Download aplikasi KoinWorks dan mulai kembangkan asetmu sekarang!

Langganan via Email​

Dapatkan Tips dan Berita Keuangan Gratis di Inbox Anda​