Home » Strategi-bisnis » Ingin Omset Bisnis Petshop Kamu Berlipat Ganda? Coba 5 Strategi Ini!

Ingin Omset Bisnis Petshop Kamu Berlipat Ganda? Coba 5 Strategi Ini!

Ingin Omset Bisnis Petshop Kamu Berlipat Ganda? Coba 5 Strategi Ini!

Sebagai pemilik bisnis petshop, pasti kamu sudah tahu betapa menguntungkannya niche bisnis ini. Apalagi jika pada dasarnya kamu suka hewan, maka menjalankan bisnis ini akan menjadi kepuasan tersendiri. Namun, kamu juga perlu tahu bagaimana strategi yang tepat untuk melipatgandakan omset bisnis petshop kamu. 

Strategi Jitu Melipatgandakan Omset Bisnis Petshop

Melansir dari ekbis.sindonews.com, bisnis petshop cukup ramai pelanggan selama pandemi karena banyak orang yang mengadopsi dan merawat hewan peliharaan di rumah. Peluang inilah yang bisa kamu gunakan untuk menjalankan strategi melipatgandakan omset penjualan pada bisnis petshop seperti berikut ini:

Membangun Koneksi dengan Komunitas Pencinta Hewan

Salah satu strategi jitu untuk mendapatkan pelanggan yang sesuai dengan target pasar bisnis petshop adalah dengan join ke komunitas pencinta hewan. Bahkan di saat PSBB atau PPKM, kamu masih bisa berperan aktif pada komunitas tersebut. 

Selain itu, terlibat dalam kegiatan komunitas adalah salah satu cara paling efektif untuk berinteraksi dengan pelanggan dan memposisikan usaha petshop kamu sebagai penyedia perlengkapan dan perawatan hewan peliharaan. Misalnya komunitas Indonesian Cat Association (ICA), Pug Indonesia Club, D’Jaboers, dan banyak lagi.

Kamu bisa mempromosikan produk atau layanan khusus di petshop kamu dengan lebih tepat sasaran. Bergabung dengan komunitas pencinta hewan juga membantu kamu meningkatkan reputasi bisnis petshop kamu.

Namun ingat, bergabung saja tidak cukup. Kamu juga harus terlibat aktif dalam kegiatan komunitas. Misalnya, membantu kegiatan bersih-bersih, badan amal, pameran, event pet fashion show, atau terlibat dalam kelompok sekolah lokal. 

Dari kegiatan-kegiatan tersebut, kamu bisa membawa brosur, sampel makanan hewan peliharaan gratis, atau bahkan menyiapkan stan informasi di ajang pameran. Sehingga, calon pelanggan bisa mengetahui produk dan layanan yang kamu tawarkan di petshop kamu.

Adakan Event di Petstore Kamu

Mengadakan event adalah salah satu strategi yang bagus untuk menarik perhatian calon pelanggan dari komunitas, baik mereka pemilik hewan peliharaan atau bukan. Misalnya, mengadakan acara “Kitties Party”, di mana para tamu bisa berbaur dan menyaksikan betapa lucunya saat anak-anak kucing bertemu dan saling berinteraksi. 

Kamu juga bisa memanfaatkan momen perayaan hewan peliharaan nasional seperti Hari Hewan Sedunia (4 Oktober), Hari Kucing Nasional (8 Agustus), Hari Anjing Nasional (26 Agustus), atau Hari Hamster Sedunia (12 April). 

Momen tersebut sangat pas untuk mengadakan event dan mempromosikan produk dan layanan di petstore kamu. 

Tidak hanya event offline, mengadakan event secara online juga bisa jadi strategi jitu yang bisa kamu manfaatkan seperti yang dilakukan oleh Petshop Indonesia, yang mengadakan event pet photo challenge di Instagram dengan beberapa persyaratan tertentu. 

Tawarkan insentif tambahan seperti hadiah, kupon atau diskon pembelian guna mendorong calon pelanggan untuk hadir. Agar, penjualan di petstore kamu akan meningkat dan berkesempatan untuk melipatgandakan omset.

Posisikan Bisnis Petshop Kamu Sebagai Ahli dalam Industri Petcare

Sebagai pemilik usaha petshop dengan persaingan yang cukup ketat, kamu memiliki salah satu kebebasan yang tidak dimiliki oleh niche bisnis lain. Di antara kebebasan tersebut adalah dapat memilih produk dan persediaan hewan peliharaan yang unik. 

Cara memposisikan bisnis petshop kamu sebagai ahli di industri ini, kamu bisa memulai dengan menyediakan produk unik yang tidak dapat ditemukan orang di petstore lain di wilayah kamu. Coba sediakan makanan alami untuk hewan peliharaan daripada merek standar seperti Original Cat, Grain Free, Recovery Can, dan lainnya.

Perihal perlengkapan hewan peliharaan, kamu bisa sediakan sisir khusus (vacuum pet brush, sisir pijat, dan sebagainya). Sediakan juga perlengkapan solusi untuk hewan peliharaan yang mudah tersedak saat makan seperti mangkuk pengumpan lambat atau kamera video hewan peliharaan. 

Tujuannya adalah untuk menunjukkan bahwa petshop kamu merupakan ahli untuk mengatasi masalah hewan peliharaan. 

Manfaatkan Media Sosial Sebagai Media Promosi Bisnis Petshop

Rancang strategi media sosial yang dapat memberikan konten informasi reguler dan bermanfaat tentang petcare kepada pemilik dan pengasuh hewan peliharaan. Manfaatkan platform media sosial seperti YouTube, Facebook, Twitter, atau Instagram, sebagai program manajemen hubungan dengan pelanggan.

Medsos juga bisa kamu gunakan untuk melakukan survei online, mengirim pemberitahuan kepada pemilik hewan peliharaan terkait dengan solusi permasalahan petcare yang kamu tawarkan seperti yang dilakukan oleh rajapetshop yang aktif menggunakan Instagram sebagai media untuk mengedukasi, promosi, dan branding.

Sediakan Layanan Pet Grooming dan Konsultasi

Coba manfaatkan ruang kosong untuk menyediakan layanan pet grooming. Pelajari bagaimana teknik menyisir, memandikan, memotong kuku, hingga membersihkan telinga dan mata hewan peliharaan dengan benar. 

Sediakan juga peralatan penunjang grooming seperti sampo khusus hewan peliharaan  dengan harga mulai dari Rp 10 ribu – Rp 41 ribu, blower Rp 50 ribu – Rp 135 ribu, sisir Rp 16 ribu – Rp 70 ribu, dan sebagainya. 

Namun, jika kamu tidak memiliki cukup waktu untuk mempelajarinya, rekrutlah karyawan khusus yang mengerti tata cara pet grooming. Pertama, mengidentifikasi keterampilan grooming yang tepat (seperti yang telah disebutkan di atas), kemudian tulis dan sebarkan deskripsi pekerjaan melalui brosur atau medsos.

Langkah selanjutnya, wawancara kandidat pelamar yang sesuai dengan kualifikasi. Bila perlu, minta kandidat tersebut mempraktekkan keahlian grooming-nya. Perihal gaji groomer, idealnya berkisar Rp 2 juta – Rp 5 juta.

Siap Melipatgandakan Omset Bisnis Petshop Kamu?

Itulah beberapa strategi jitu yang bisa kamu terapkan, supaya omset bisnis petshop kamu berlipat ganda. Menjalankan bisnis ini memang penuh tantangan. Namun, dengan menerapkan strategi di atas, bukan hal yang tidak mungkin untuk meningkatkan penjualan sekaligus kepuasan pelanggan.


Bank digital khusus UKM pertama di Indonesia hadir untuk bantu segala keperluan bisnis dan keuangan kamu.

Kemudahan berbagai layanan seperti bebas biaya transfer antar bank dan pinjaman modal tanpa agunan untuk bisnismu hanya dengan KoinWorks NEO!

[E-Book GRATIS] Dapatkan konten ekslusif seputar strategi bisnis di sini
DAFTAR SEKARANG!
Pilih E-book untuk kamu download.
Dalam Ebook ini mengulas:Cara mudah untuk pebisnis melakukan iklan Google Display Network berupa banner atau visual yang ampuh untuk meningkatkan penjualan.
Dalam Ebook ini mengulas:Membantu pebisnis mengetahui lebih banyak tentang performa promosi yang dilakukan di dunia digital terutamanya platform Facebook untuk menentukan audiens.
Dalam Ebook ini mengulas:Penggunaan Business Metrics/KPI yang tepat untuk melacak sejauh mana bisnis kita sudah berjalan dan seberapa banyak target dari usaha kita yang sudah tercapai.
Ingin tahu lebih lanjut, KoinWorks NEO mau kenalan sama kamu lebih dekat.
Ingin Omset Bisnis Petshop Kamu Berlipat Ganda? Coba 5 Strategi Ini!

Langganan via Email​

Dapatkan Tips dan Berita Keuangan Gratis di Inbox Anda​