Home » Strategi-bisnis » Bisnis Boba: Manfaat & Cara Buat Laporan Keuangan Sederhana

Bisnis Boba: Manfaat & Cara Buat Laporan Keuangan Sederhana

Bisnis Boba: Manfaat & Cara Buat Laporan Keuangan Sederhana

Setiap bisnis pasti memerlukan laporan keuangan. Laporan keuangan perlu untuk disusun agar kita memiliki catatan atas tiap-tiap transaksi yang dilakukan oleh bisnis yang dijalankan dan dalam kurun waktu yang ditentukan. Membuat laporan keuangan pasti akan sulit bagi yang masih baru terjun dalam dunia bisnis ini, maka dari itu artikel ini akan membahas tentang pentingnya menyusun laporan keuangan serta tata cara penyusunan laporan keuangan sederhana yang bisa kamu jadikan alternatif. Meskipun bentuknya sederhana, namun kamu tetap bisa mendapatkan rekam transaksi dengan jelas, lho! 

Sama dengan bisnis-bisnis lainnya, pada bisnis boba juga diperlukan adanya laporan keuangan. Baik bisnis dalam skala besar maupun skala kecil, laporan keuangan perlu dibuat. Laporan keuangan banyak macamnya, mulai dari yang sederhana hingga yang rumit dan menampilkan informasi serinci mungkin. Namun, apabila bisnis bobamu masih terbilang baru dan berskala kecil, kamu tetap bisa membuat laporan keuangan dengan jenis yang sederhana.

Manfaat Menyusun Laporan Keuangan dalam Bisnis

Terdapat manfaat dari mengapa laporan keuangan dikatakan penting untuk sebuah bisnis, tak terkecuali bisnis boba ini. Beberapa manfaat dari disusunnya laporan keuangan adalah sebagai berikut.

Membantu Mengambil Keputusan

Dengan menyusun laporan keuangan, maka kamu jadi mengetahui secara transparan terkait sistem keuangan yang terjadi pada bisnismu. Hal tersebut akan membantumu untuk mengambil keputusan yang berhubungan atau membutuhkan uang di masa mendatang.

Membantu Menganalisa Kesehatan Bisnis

Laporan keuangan juga bisa membantumu dalam menganalisa kesehatan bisnis. Dengan dicatatnya segala transaksi yang masuk dan keluar selama bisnis beroperasi, maka kamu bisa mengukur apakah bisnis boba yang kamu jalankan tersebut memiliki keuangan yang sehat atau tidak.

Memiliki Arsip Catatan Keuangan

Disusunnya laporan keuangan berarti membuatmu akan memiliki catatan keuangan terkait transaksi apa-apa saja yang terjadi dalam bisnis bobamu itu. Sehingga ketika sewaktu-waktu laporan keuangan tersebut dibutuhkan, seperti misalnya melihat total pengeluaran pada bulan atau tahun tertentu, kamu telah memiliki catatannya.

Menjadi Alat Kontrol

Setiap bisnis pasti memiliki rencana bisnis untuk kedepannya. Untuk bisa bertahan dengan rencana bisnis boba yang sudah dibuat, maka laporan keuangan ini merupakan sebuah keharusan untuk dimiliki. Dengan dibuatnya laporan keuangan, kamu bisa menjadikannya sebagai alat kontrol bisnis, supaya tidak melenceng dari rencana.

Menghindari Kecurangan

Dibuatnya laporan keuangan dapat digunakan sebagai patokan apakah terjadi kecurangan yang bisa dilakukan oleh orang-orang yang bekerja bersama kamu dalam merintis bisnis bobamu. 

Laporan keuangan secara lengkap tentu akan menampilkan segala transaksi yang terjadi, sehingga apabila kamu merasa terjadi adanya kecurangan atau kejanggalan, kamu bisa segera mengecek laporan keuangan tersebut.

Pembahasan di atas telah menjelaskan detail manfaat dari pentingnya menyusun hingga memiliki laporan keuangan dalam mengoperasikan bisnis boba. Pembahasan berikutnya, kamu akan diberikan informasi terkait cara membuat laporan keuangan yang sederhana. Untuk lebih jelasnya perhatikan pembahasan berikut.

Cara Buat Laporan Keuangan Sederhana Pada Bisnis Boba

Laporan keuangan tidak selalu rumit. Terdapat juga laporan keuangan bentuk sederhana yang bisa kamu jadikan alternatif agar setiap arus keuangan yang terjadi pada bisnis tetap bisa tercatat. Berikut ini adalah cara dan contoh laporan keuangan sederhana yang terjadi dalam sebuah bisnis boba.

Membuat Catatan Transaksi Pengeluaran

Membuat catatan yang berisi seluruh transaksi pengeluaran dalam dunia bisnis sangatlah diperlukan, tak terkecuali pada bisnis boba. Dalam bisnis boba, kamu perlu membuat catatan mulai dari pengeluaran untuk kebutuhan bahan baku, kemasan, penyewaan tempat, serta biaya operasional lainnya. Guna dari adanya catatan ini adalah agar kamu memiliki rekam seberapa besar dan ke mana saja tujuan transaksi itu dilakukan.

Laporan Transaksi Pengeluaran

Juli 2022

No. Tanggal  Transaksi Pembelian Jumlah  Harga Total
1. Juli 2022 Membeli cup/gelas untuk kemasan 100 pcs @ 645 64,500

Membuat Catatan Transaksi Pemasukan

Selain transaksi pengeluaran, kamu juga perlu untuk membuat catatan atas transaksi apa-apa saja yang masuk ke dalam bisnismu. Dalam bisnis boba, catatan pemasukan dapat berupa  hasil penjualan boba per harinya hingga piutang yang dibayarkan.

Laporan Transaksi Pemasukan

Juli 2022

No. Tanggal  Transaksi Pemasukan Jumlah  Harga Total
1. Juli 2022 Penjualan menu boba milk tea 300 gelas @ 17,000 5,100,000

Membuat Catatan Kas

Catatan kas merupakan catatan yang berisi gabungan dari pengeluaran dan pemasukan yang terjadi selama bisnismu berjalan. Dengan adanya catatan ini kamu bisa mengetahui apakah bisnismu menikmati keuntungan atau malah mengalami kerugian.

Laporan Arus Kas

Juli 2022

Tanggal Keterangan Debet Kredit Saldo
Juli 2022 Saldo kas Awal 10.000.000 10,000,000
Juli 2022 Penjualan menu boba milk tea 5,100,000 15,100,000
Juli 2022 Pembelian gelas/cup 64,500 15,035,500
….

Membuat Catatan Stok Bahan Baku

Pada bisnis boba, pastinya diperlukan banyak bahan baku untuk bisa menghasilkan sebuah produk minuman. Supaya tercatat dengan rapi, maka kamu perlu mencatat segala bahan baku tersebut. Kamu bisa menuliskan mulai dari tepung tapioka hingga gula pasir ke dalam catatan tersebut.

Laporan Stok Bahan Baku

Juli 2022

No. Tanggal  Nama Bahan Baku Jumlah  Harga Total
1. 1 Juli 2022 Tepung Tapioka 10 kg @ 7,000 70,000
2.  1 Juli 2022 Gula pasir 5 kg  @ 10,500 52,500

Membuat Catatan Inventaris Barang

Selain mencatat bahan baku, kamu juga perlu membuat catatan yang berisikan barang-barang yang kamu gunakan dalam bisnismu sehingga bisnis tersebut dapat berjalan dengan baik. Catat barang inventaris yang masih bisa digunakan mulai dari mesin pembuat boba, mesin pendingin, dan sebagainya.

Laporan Inventaris Barang

Juli 2022

No. Tanggal  Nama Barang Jumlah Barang Kondisi Barang
Baik Rusak 
1. 2022 Mesin pembuat boba 2 v v

Bagaimana? Contoh laporan keuangan sederhana di atas sangat mudah bukan? Ayo, mulai sekarang buat laporan keuangan untuk bisnismu dan catat tiap-tiap transaksinya!


Untuk para pelaku usaha kecil dan menengah, online sellers, dan freelancers. Kamu bisa lihat artikel lainnya di KoinWorks untuk dapatkan insight positif bagaimana cara berbisnis!

Nikmati kemudahan transaksi bisnis dan keuangan kamu dalam satu aplikasi hanya di KoinWorks NEO!

[E-Book GRATIS] Dapatkan konten ekslusif seputar strategi bisnis di sini
DAFTAR SEKARANG!
Pilih E-book untuk kamu download.
Dalam Ebook ini mengulas:Cara mudah untuk pebisnis melakukan iklan Google Display Network berupa banner atau visual yang ampuh untuk meningkatkan penjualan.
Dalam Ebook ini mengulas:Membantu pebisnis mengetahui lebih banyak tentang performa promosi yang dilakukan di dunia digital terutamanya platform Facebook untuk menentukan audiens.
Dalam Ebook ini mengulas:Penggunaan Business Metrics/KPI yang tepat untuk melacak sejauh mana bisnis kita sudah berjalan dan seberapa banyak target dari usaha kita yang sudah tercapai.
Ingin tahu lebih lanjut, KoinWorks NEO mau kenalan sama kamu lebih dekat.
Bisnis Boba: Manfaat & Cara Buat Laporan Keuangan Sederhana

Langganan via Email​

Dapatkan Tips dan Berita Keuangan Gratis di Inbox Anda​