Cara Menghitung HPP dengan Mudah dalam Bisnis Kosmetik

Sebagai seorang pengusaha di bidang kosmetik pasti kamu pernah kesulitan menentukan harga jual produk yang tepat untuk konsumen. Oleh karena itu, mempelajari cara menghitung HPP merupakan hal dasar yang harus dilakukan.

Harga Pokok Penjualan atau yang disingkat HPP merupakan jumlah pengeluaran dan beban yang pada suatu bisnis, baik pengeluaran secara langsung maupun tidak langsung untuk menghasilkan suatu produk kosmetik.

Contoh pengeluaran atau beban yang dimaksud diantaranya seperti biaya produksi, biaya impor, biaya pengiriman, dan biaya yang berhubungan dengan pengadaan produk.

Cara Menghitung HPP dalam Bisnis Penjualan Produk Kosmetik

Di berbagai bidang bisnis, perhitungan harga pokok penjualan menjadi hal penting yang harus dilakukan secara berkala. Kamu perlu menghitung harga pokok penjualan di setiap produk kosmetik yang dipasarkan untuk memperhitungkan keuntungan.

Untuk menghitung harga pokok penjualan atau HPP, kamu perlu menghitung pembelian bersih, penjualan bersih, dan persediaan barang terlebih dahulu.

Berikut ini rumus cara menghitung HPP yang bisa diterapkan di dalam bisnis kosmetik.

Menghitung Pembelian Bersih 

Saat menghitung pembelian bersih, kamu perlu mencari tahu semua pengeluaran yang termasuk di dalam pembelian bersih. Misal pembelian kotor, potongan pembelian, dan retur pembelian.

Kamu akan mendapatkan hasil perhitungan pembelian bersih dari total pembelian dan ongkos angkut pembelian yang dilakukan perusahaan. Lalu dikurangi dengan jumlah potongan pembelian dan retur pembelian.

Berikut rumus selengkapnya:

Rumus Perhitungan Pembelian Bersih

(Total Pembelian + Ongkos Angkut) – (Retur Pembelian + Pembelian Bersih =  Pembelian Bersih

Menghitung Penjualan Bersih

Setelah mengetahui cara menghitung pembelian bersih, kamu harus menghitung penjualan bersih. Jadi, penjualan bersih merupakan elemen yang masuk ke dalam pendapatan bisnis. 

Oleh sebab itu, ada beberapa faktor yang berhubungan dengan perhitungan penjualan bersih, di antaranya yaitu pengurangan harga, retur pembelian, dan pembelian kotor.

Untuk mendapatkan hasil perhitungan penjualan bersih kamu bisa menggunakan rumus berikut:

Rumus Perhitungan Penjualan Bersih

Penjualan Kotor – (Retur Pembelian + Potongan Penjualan) = Penjualan Bersih

Persediaan Barang

Sebelum menghitung harga pokok penjualan, kamu juga perlu menghitung persediaan barang terlebih dahulu. Cara menghitung persediaan barang sebenarnya sangat sederhana. Kamu cukup menjumlahkan persediaan awal barang dengan pembelian bersih.

Berikut rumus menghitung persediaan bersih selengkapnya yang bisa kamu gunakan.

Rumus Perhitungan Persediaan Barang

Persediaan Awal + Pembelian Bersih = Persediaan Barang

Cara Menghitung Harga Pokok Penjualan

Kamu bisa menghitung harga pokok penjualan setelah selesai menghitung pembelian bersih, penjualan bersih, dan persediaan barang. Cara menghitung harga pokok penjualan sebenarnya sangat sederhana: mengurangi jumlah persediaan barang dengan persediaan akhir.

Berikut rumus perhitungan harga pokok penjualan selengkapnya yang bisa kamu terapkan.

Rumus Perhitungan HPP (Harga Pokok Penjualan)

Persediaan Barang – Persediaan Akhir = Harga Pokok Penjualan

Cara Perhitungan HPP dalam Industri Kosmetik

Pembahasan di atas merupakan cara untuk menghitung harga pokok penjualan untuk bisnis penjualan produk kosmetik. Jika kamu menekuni bisnis di bidang industri kosmetik, maka cara perhitungannya berbeda.

Menghitung harga pokok penjualan produk pada bisnis di bidang industri kosmetik agak berbeda dengan cara dan rumus di atas. Untuk rincian cara menghitung harga pokok penjualan pada industri kosmetik, kamu bisa menyimak pembahasan di bawah ini.

Menghitung Bahan Baku yang Digunakan

Kamu perlu menghitung bahan baku yang digunakan untuk memproduksi kosmetik, baik itu bahan baku mentah maupun bahan baku setengah jadi yang dibeli perusahaan. Nilai total bahan baku yang digunakan di sini diperoleh dari persediaan bahan baku awal ditambah dengan pembelian bahan baku. Kemudian dikurangi dengan persediaan bahan baku akhir.

Rumus selengkapnya ada di bawah ini:

Rumus Menghitung Bahan Baku untuk Produksi

Persediaan Bahan Baku Awal + Pembelian Bahan Baku – Persediaan Bahan Baku Akhir = Bahan Baku Untuk Produksi

Menghitung Biaya Produksi

Jumlah biaya produksi bisa diperoleh dengan menjumlah bahan baku yang digunakan dengan gaji para pekerja dan biaya overhead produksi.

Berikut ini rumus selengkapnya untuk menghitung biaya produksi secara keseluruhan:

Rumus Biaya Produksi

Bahan Baku yang Digunakan + Gaji Karyawan + Biaya Overhead Produksi = Total Semua Biaya Produksi 

Menghitung Harga Pokok Produksi

Untuk menghitung harga pokok penjualan dalam industri kosmetik kamu juga perlu menghitung harga pokok produksi terlebih dahulu.

Berikut ini rumus perhitungan harga pokok produksi yang bisa kamu gunakan:

Rumus Menghitung Harga Pokok Produksi

(Total Biaya Produksi + Persediaan Barang pada Proses Produksi Awal) – Persediaan Barang pada Proses Produksi Akhir = Harga Pokok Produksi = 

Menghitung Harga Pokok  Penjualan

Terakhir, kamu bisa mulai menghitung harga pokok penjualan pada bisnis industri kosmetik setelah melalui beberapa perhitungan sebelumnya. Cara menghitung harga pokok penjualan pada industri kosmetik sebenarnya tidak terlalu sulit, bahkan bisa dibilang cukup mudah.

Untuk mendapatkan nilai harga pokok penjualan, kamu bisa menjumlah harga pokok produksi dengan persediaan barang awal. Kemudian dikurangi dengan persediaan barang akhir.

Rumus perhitungan selengkapnya ada di bawah ini:

Rumus Perhitungan Harga Pokok Penjualan 

Harga Pokok Produksi + Persediaan Barang Awal – Persediaan Barang Akhir = Nilai Harga Pokok Penjualan

Bagaimana Sudah Paham dengan Cara di Atas?

Pada dasarnya cara menghitung HPP bukanlah pekerjaan yang sulit. Jadi, sempatkan menghitung harga pokok penjualan secara berkala untuk mengetahui keuntungan yang kamu dapatkan.


Lihat berbagai strategi tepat dan efisien untuk bisnis kamu.

Bank digital khusus UKM pertama di Indonesia hadir untuk bantu segala keperluan bisnis dan keuangan kamu.

Kemudahan berbagai layanan seperti bebas biaya transfer antar bank dan pinjaman modal tanpa agunan untuk bisnismu hanya dengan KoinWorks NEO!

Lukito Wijaya

Download aplikasi KoinWorks dan mulai kembangkan asetmu sekarang!

Artikel Terkait

Langganan via Email​

Dapatkan Tips dan Berita Keuangan Gratis di Inbox Anda​