Home » Strategi-bisnis » Kesalahan Bisnis Jasa Pembuatan Website yang Berujung Fatal

Kesalahan Bisnis Jasa Pembuatan Website yang Berujung Fatal

Kesalahan Bisnis Jasa Pembuatan Website yang Berujung Fatal

Semakin meningkatnya kebutuhan teknologi yang memerlukan website maupun aplikasi, maka akan semakin banyak pula pebisnis jasa website. Namun, jenis bisnis yang satu ini tidak luput dari kesalahan. Demi menghindar dari kerugian materil dan hancurnya kepercayaan, maka simak kesalahan bisnis jasa pembuatan website berikut!

Kesalahan Fatal Bisnis Jasa Pembuatan Website

Jasa pembuatan website adalah suatu bisnis yang menawarkan jasa dalam membuat website yang baik dan berfungsi dengan aman. Para developer dan programmer sangat berpengaruh pada bisnis yang satu ini. Sebagai bisnis yang berkategori jasa, maka kepercayaan pelanggan sangat penting. Maka hindarilah kesalahan fatal ini:

Tidak Berdiskusi dengan Para Pelanggan

Sebagai pembuat website, kamu harus dapat mengetahui dan merealisasikan apa yang diinginkan oleh para pelanggan. Untuk itu, kamu perlu berdiskusi dengan para pelanggan jasa. Tidak hanya mendiskusikan harga, kamu juga perlu menanyakan beberapa pertanyaan berikut:

  • Detail Identitas Pelanggan

Membuat sebuah website profil ataupun website bisnis, kamu akan membutuhkan identitas dari pelanggan dan perusahaannya. 

Tanyakan perihal nama lengkap perusahaannya, visi, misi, sejarah perusahaan, data kontak perusahaan pelanggan yang dapat dihubungi, struktur organisasi dan data file profil perusahaan tersebut.

  • Spesifikasi Website

Selanjutnya, kamu juga perlu mengetahui apa gambaran spesifikasi dari website yang diinginkan oleh para pelangganmu.

Contohnya, apa jenis websitenya (toko online atau website profil), fitur apa yang harus ada untuk para user website, dan struktur menu yang mereka inginkan. Kemudian, tanyakan juga perkiraan pengunjung website per harinya atau framework (WordPress, Laravel, atau Codeigniter) apa yang ingin mereka pakai.

  • Website Referensi

Jika ada, minta gambaran referensi dari website yang diinginkan oleh para pelangganmu.

  • Konten Website

Tanyakan juga apa konten yang ingin dimasukkan ke dalam website tersebut. Jika belum ada, maka diskusikan lagi siapa yang membuat konten, apakah pelanggan atau kamu sebagai jasa. Jika menurut kesepakatan kamu yang akan membuat konten, maka perhitungkan lagi biaya pembuatan konten.

Rata-rata biaya pembuatan konten adalah sekitar Rp50.000,00 sampai Rp1.000.000,00 tergantung seberapa kompleks dan sulit konten yang ingin dibangun.

Pilihan Kapasitas Hosting yang Tidak Memadai

Beberapa jasa pembuatan website pernah memberikan pengalaman buruk kepada para pelanggannya karena pilihan hosting yang tidak memadai untuk website pelanggan. Hal ini menyebabkan website para pelanggan akan mengalami error dan downtime yang cukup sering.

Kamu harus dapat memilihkan hosting apa yang memadai untuk website yang sedang kamu kerjakan. Ada 4 Jenis hosting yang dapat kamu pakai, yaitu:

  • Shared Hosting

Kelebihannya, hosting ini cukup murah dan sesuai untuk website kecil. Namun, keamanan dan kinerjanya cukup kurang untuk website yang besar, seperti website jual-beli. Harga shared hosting berkisar di Rp112.000,00 per bulan.

  • VPS Hosting

Hosting jenis ini adalah hosting individual, cukup murah, namun hanya cocok digunakan dalam website bisnis kecil dengan pengunjung rendah. Harga VPS Hosting berkisar di Rp240.000,00 per bulan.

  • Dedicated Hosting

Jenis ini cocok untuk website besar yang memiliki pengunjung maksimal 100.000 orang per bulannya. Memiliki tingkat keamanan tinggi, namun harganya cukup mahal, yaitu sekitar Rp600.000,00 per bulan.

  • Cloud Hosting

Hosting ini cukup populer untuk website yang menyimpan banyak foto, video, ataupun data-data rahasia. Keamanannya cukup terjamin dan tingkat uptime nya cukup tinggi. Harga Cloud Hosting adalah sekitar Rp15.000,00 sampai Rp250.000,00 per bulan.

Rancangan yang Buruk untuk User Experience

Membuat sebuah website pastinya harus mementingkan pengalaman user dalam menggunakan website. Maka dari itu, jasa pembuat website dituntut untuk melakukan flow atau alur interaksi sedemikian rupa dari satu menu ke menu lainnya.

Dengan memaksimalkan user experience, kamu perlu merekrut karyawan ahli dalam bidang User Interface dan User Experience.

Gaji rata-rata untuk merekrut karyawan yang ahli dalam kedua hal tersebut adalah sekitar Rp5.000.000,00 sampai Rp12.000.000,00. Tergantung tingginya tingkat pelanggan jasa pembuatan website milikmu.

Selain website para pelanggan, kamu juga perlu mengupgrade konten-konten yang ada dalam website penjualanmu sendiri. Hal ini akan mempengaruhi engagement website dan akan menambah potensi pelanggan baru datang ke bisnis jasa pembuatan website milikmu.

Tidak Fast Respon

Kesalahan fatal yang sering dilakukan oleh para pemilik bisnis jasa pembuatan website adalah tidak fast respon. Hal ini mungkin terlihat sepele, namun akan sangat berpengaruh untuk para pelangganmu, terutama para pelanggan yang tidak berpengalaman.

Suatu website pasti akan mengalami kesalahan, seperti website nge-crash, error, downtime yang lama, dan lain-lain. Hal seperti ini dapat terjadi kapanpun dan dimanapun. Untuk itu, sebagai seorang pemberi jasa, kamu wajib memberikan respon yang cepat untuk setiap masalah yang pelangganmu hadapi.

Ingatlah, bahwa kepuasan para pelanggan sangat mempengaruhi kinerja bisnis yang sedang kamu lakukan. Maka dari itu, pastikan kamu memberikan yang terbaik.

Jangan Sepelekan Kesalahan Bisnis Jasa Pembuatan Website!

Itulah kesalahan yang sering terjadi pada bisnis jasa pembuatan website. Masalah memang akan terus berdatangan, baik itu bisnis jasa maupun bisnis lain. Maka dari itu, tetaplah belajar untuk memberikan yang terbaik kepada para pelangganmu!


Lihat berbagai strategi tepat dan efisien untuk bisnis pembuatan website kamu.

Bank digital khusus UKM pertama di Indonesia hadir untuk bantu segala keperluan bisnis dan keuangan kamu.

Kemudahan berbagai layanan seperti bebas biaya transfer antar bank dan pinjaman modal tanpa agunan untuk bisnismu hanya dengan KoinWorks NEO!

[E-Book GRATIS] Dapatkan konten ekslusif seputar strategi bisnis di sini
DAFTAR SEKARANG!
Pilih E-book untuk kamu download.
Dalam Ebook ini mengulas:Cara mudah untuk pebisnis melakukan iklan Google Display Network berupa banner atau visual yang ampuh untuk meningkatkan penjualan.
Dalam Ebook ini mengulas:Membantu pebisnis mengetahui lebih banyak tentang performa promosi yang dilakukan di dunia digital terutamanya platform Facebook untuk menentukan audiens.
Dalam Ebook ini mengulas:Penggunaan Business Metrics/KPI yang tepat untuk melacak sejauh mana bisnis kita sudah berjalan dan seberapa banyak target dari usaha kita yang sudah tercapai.
Ingin tahu lebih lanjut, KoinWorks NEO mau kenalan sama kamu lebih dekat.
Kesalahan Bisnis Jasa Pembuatan Website yang Berujung Fatal

Langganan via Email​

Dapatkan Tips dan Berita Keuangan Gratis di Inbox Anda​