Setiap investor harus bisa memetakan sebuah bisnis yang nantinya bisa berkembang pesat sehingga dapat memberikan keuntungan. Kemampuan untuk memetakan potensi serta keuntungan suatu perusahaan yang akan didanai memang tidaklah mudah. Ada portofolio investasi yang harus ia buat bahkan sampai pada tahap riset. Hal ini sama dengan kehadiran Cloud Computing atau kompitasi awan yang harus dipetakan oleh setiap pengusaha terutama perusahaan yang mengandalkan jaringan internet serta software atau teknologi.

Komputasi awan bisa diartikan sebagai tempat penyimpanan data atau file namun secara online dan bisa terintegrasi dengan beberapa gadget yang Anda miliki. Contoh gampangnya seperti Dropbox. Namun, dalam Komputasi Awan, besaran kapasitas untuk menyimpan data tidak terhingga. Ya, perusahaan pemilik Cloud Computing ini harus menyediakan tempat penyimpanan file yang aman dari kehilangan, virus, harus terpercaya dan menyediakan kapasitas tak terhingga.

Cloud yang gratis memang dibatasi, namun jika Anda membayar, maka Anda hanya akan membayar sesuai dengan kapasitas yang Anda gunakan. Singkatnya, Cloud computing ini semacam hardisk di PC, tapi ukuran kapasitasnya tidak terbatas dan digunakan secara online. Maka, bagi pebisnis startup atau yang mengandalkan internet, kehadiran komputasi awan ini sangat penting. Sayangnya, tidak semua pebisnis mengerti bagaimana memanfaatkan cloud computing untuk bisnis mereka.

Tips Memanfaatkan Cloud Computing Untuk Bisnis

Ada beberapa tips yang bisa Anda gunakan untuk memanfaatkan Cloud Computing untuk meningkatkan bisnis Anda. Simaklah!

Melihat kebutuhan dan kemampuan

Teknologi komputasi awan ini telah membuat bisnis bisa lebih efisien seperti bisa meminimalisir biaya untuk membeli hardware serta biaya pemeliharaannya. Hal ini karena Anda tidak membutuhkan hardware seperti hardisk untuk menyimpan file di Cloud. Setiap pengusaha harus bisa melihat kebutuhan serta kemampuannya. Hal ini juga didukung dengan sistem pembayaran Cloud yang bisa dikatakan fleksibel karena Anda akan membayar hanya apa yang Anda pakai.

Jika Anda membutuhkan space yang besar di Cloud Computing, maka Anda bisa menggunakan sumber daya tinggi tentunya Anda akan membayar lebih disini. Sedangkan ketika kebutuhan menurun, maka Anda bisa menggunakan sumber daya yang rendah pula. Jadi ada model upgrade dan downgrade tergantung dari kebutuhan Anda. Sesuaikan kemampuan menggunakan space Cloud Computing berdasarkan tingkat kebutuhan Anda.

Menggunakan Software as a Services (SaaS) untuk sebuah layanan siap saji

SaaS adalah salah satu bentuk layanan yang diberikan oleh Cloud sehingga penggunanya bisa secara langsung memanfaatkan layanan dengan berlangganan. Sistem SaaS juga semakin dikembangkan dari mulai email, sistem penyimpanan sampai pada sistem produksi bahkan sampai pada analisis data. Oleh sebab itu, perusahaan startup, toko online atau lainnya bisa menggunakan satu atau beberapa layanan SaaS yang ada. Berlangganan SaaS dapat memberikan biaya pengembangan yang dapat dioptimalkan untuk berbagai kebutuhan lain.

PaaS dan IaaS untuk dijadikan fondasi sebuah aplikasi bisnis

Bagi perusahaan yang sudah memiliki aplikasi tersendiri seperti perusahaan e-commerce, tentu sudah tidak bisa menggunakan SaaS. Sebaliknya, mereka akan menggunakan PaaS (Platform as a Services) dan IaaS (Infrastructure as a Service). PaaS bisa membuat pengguna lebih memanfaatkan sistem server yang siap untuk kemudian meletakkan aplikasi yang sedang dikembangkan. Pengguna tidak perlu untuk memikirkan alokasi dari sumber daya komputasi seperti firewall, sistem operas dan lain-lain.

Bagi pengguna yang memiliki kebutuhan bisnis yang lebih custom, maka IaaS bisa dijadikan solusi. Di sini Cloud hanya menyediakan hardware dan selebihnya pengguna sendiri yang mengaturnya. Tentu, sistem IaaS ini lebih memudahkan pengguna Cloud untuk mengatur cloud sesuai dengan kebutuhan.

Pilih penyedia layanan cloud yang terpercaya

Saat ini, ada banyak perusahaan atau penyedia layanan cloud karena memang tingginya minat masyarakat atau pelaku bisnis yang mengandalkan jaringan internet. Namun, yang paling penting adalah memilih penyedia layanan yang terpercaya. Anda bisa melihat dari review serta testimoni mereka yang sudah menggunakan cloud tersebut.

Jadi jika Anda sudah memetakan portofolio investasi dan memilih bisnis startup atau yang berbasis jaringan internet sudah sewajarnya harus memperhatikan keunggulan layanan Cloud yang memang memiliki banyak manfaat bahkan untuk meningkatkan kinerja serta layanan produk berupa barang dan jasa.


Agar kami dapat memahami kebutuhan informasi Anda dengan baik dan menyediakan konten yang berkualitas serta informatif kepada setiap pembaca, mohon luangkan waktu untuk mengisi survey singkat di halaman berikut.

Download Aplikasi KoinWorks

apple app store iosgoogle play store android app

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.