Seperti apa Menambang Bitcoin Cryptocurrency yang Legal?

·
4 menit
tips menambang bitcoin secara legal

Sekarang ini banyak orang yang tertarik untuk menambang Bitcoin Cryptocurrency. Hal ini karena bila dilakukan dengan benar, maka kamu bisa mendapatkan banyak uang.

Terlebih lagi sekarang ini harga Bitcoin semakin lama juga semakin mahal. Lantas, bagaimanakah cara menambang Bitcoin Cryptocurrency yang Legal? Yuk, Mari simak tips berikut.

Menambang di Kolam

Cara menambang Bitcoin Cryptocurrency legal yang bisa kamu lakukan adalah dengan melakukan penambangan di kolam. Menambang di kolam ini juga lebih dikenal dengan nama pool mining.

Disini kamu akan menjadi bagian dari sebuah kolam atau masuk ke dalam kumpulan penambang.

Ini merupakan salah satu cara yang paling mudah, efisien dan efektif untuk bisa mendapatkan uang dari Bitcoin.

Singkat cerita pool mining atau menambang di kolam ini merupakan sebuah gerakan yang menggabungkan kekuatan beberapa penambang kemudian saling berbagi imbalannya. Dengan begitu, kamu tidak perlu terlalu berusaha terlalu keras untuk menambang sendirian.

Apabila kamu mendaftarkan dirimu untuk masuk ke dalam sebuah kolam atau pool, maka kamu dan semua penghuni kolam lainnya setuju untuk membagi imbalan Bitcoin.

Dari ungkapan tersebut artinya kamu akan mendapatkan upah yang kecil namun secara teratur. Namun, perlu diingat bahwa tidak semua kolam memiliki kondisi yang sama dan ada banyak hal yang perlu dijadikan sebagai bahan pertimbangan.

Hal yang wajib dipertimbangkan sebagai berikut: 

  • Ukuran kolam

Ukuran kolam menjadi salah satu hal terpenting yang harus dipikirkan ketika kamu akan melakukan penambangan kolam atau pool mining.

Karena semakin banyak orang yang ikut menambang di kolam, maka akan semakin banyak juga imbalan yang akan diberikan.

Namun, kamu perlu ingat bahwa imbalan tersebut juga akan dibagikan kepada banyak orang. Jadi, jangan kaget kalau imbalan yang kamu terima jumlahnya sedikit.

Pada umumnya, penambang berskala kecil lebih menyukai untuk bergabung dengan penambangan mata uang crypto yang besar.

Hal ini karena mereka akan mendapatkan imbalan yang besar, dan mereka juga tidak perlu mengeluarkan listrik dalam jumlah yang besar dalam menunggu satu pecahan Bitcoin berikutnya yang akan digunakan sebagai upah untuk mereka.

  • Bayaran minimum

Bayaran minimum yang diizinkan untuk bisa kamu tarik juga menjadi salah satu hal yang perlu kamu pertimbangkan.

Atau lebih singkatnya adalah jumlah Bitcoin terkecil yang kolam izinkan untuk ditarik. Bagi para pemula, umumnya mereka akan bergabung pada sebuah kolam dengan jumlah bayaran minimum sesedikit mungkin.

Dengan demikian kamu dan anggota kolam yang lain bisa bekerja dengan waktu yang lebih sedikit.

  • Biaya kolam

Hal lain yang harus kamu pertimbangkan adalah biaya kolam karena setiap kolam pasti memungut biaya yang biasanya berjumlah beberapa persen dari keuntungan yang kamu miliki.

Tapi kamu tak perlu risau, karena biaya kolam ini akan mengambil uang yang kamu tambang secara otomatis. Jadi, kamu tidak perlu repot-repot membayarnya sendiri.

Satu hal yang perlu kamu tahu bahwa semakin rendah biaya kolam, maka akan semakin banyak keuntungan yang bisa kamu dapatkan, dan begitu juga sebaliknya.

Jadi, usahakanlah untuk memilih kolam dengan biaya terendah. Dan jangan sampai kamu memilih kolam dengan biaya lebih dari 3% atau kamu akan mengalami kerugian.

Menambang Sendiri

Cara menambang Bitcoin Cryptocurrency yang Legal yang bisa kamu lakukan selanjutnya adalah dengan melakukan penambangan sendiri atau yang lebih sering dikenal dengan istilah solo mining.

Memangnya bisa melakukan solo mining? Tentu saja bisa, bahkan solo mining terdengar seperti sebuah ide yang bagus, jika dibandingkan dengan cara menambang bitcoin yang lainnya.

Bagaimana tidak, dengan melakukan solo mining maka kamu tidak perlu berbagi bayaran dengan penambang lain.

Namun, kamu juga tidak akan bisa berbagai pendapatan dengan para penambang lain. Selain itu, apabila kamu memilih solo mining maka bukan hanya sesama penambang solo saja yang menjadi sainganmu, namun para penambang di kolam pun juga akan menjadi sainganmu.

Pada umumnya, solo mining ini memang dilakukan oleh para ahli. Oleh karena itu, apabila kamu masih newbie, lebih baik kamu tidak langsung begitu saja terjun ke dunia solo mining. Lagi pula ada banyak hal yang harus kamu penuhi jika ingin melakukan solo mining.

Beberapa diantaranya adalah kamu harus menyediakan beragam peralatan yang canggih dan mumpuni. Seperti, PC, motherboard, hard drive, RAM, kartu grafis dan lain-lain. Kamu wajib menyediakan daya listrik besar, dan mengerti algorithms matematika.

Ada beberapa software dan juga hardware yang harus kamu gunakan jika kamu ingin menjadi seorang solo miner.

Kamu bisa menggunakan hardware ASIC atau Application Specific Circuit Chips untuk mendukung aktivitas menambangmu.

Untuk software nya kamu harus menggunakan software mining bitcoin seperti Bitcoin miner, CG miner, BFG miner, easy miner dan lain sebagainya.

Cloud Mining

Cara lain yang bisa kamu lakukan untuk menambang bitcoin Cryptocurrency adalah dengan melakukan cloud mining.

Cara yang satu ini merupakan sebuah metode penambangan bitcoin yang tidak mengharuskan kamu untuk menggunakan alat komputasi yang canggih dan mumpuni.

Lantas, bagaimana bisa kamu melakukan cloud mining? Caranya cukup mudah saja yaitu dengan menggunakan layanan penyedia cloud mining.

Misalnya, kamu bisa menggunakan genesis mining, hashing24, hashflare dan masih banyak lagi lainnya.

Namun, sebelum kamu terjun langsung ke dunia cloud mining, sebaiknya kamu pertimbangkan terlebih dahulu kerugian serta keuntungannya.

Berikut dibawah ini adalah beberapa keuntungan serta kerugian dari cloud mining yang bisa kamu pertimbangkan terlebih dahulu:

  • Keuntungan cloud mining

Keuntungan  yang bisa kamu dapatkan dari cloud mining adalah kamu tidak perlu mempunyai pengetahuan yang mendalam tentang hardware.

Disamping itu, kamu juga tidak perlu susah payah untuk membeli peralatan yang mahal. Lagipula, ketika ada kerusakan pada peralatan kamu tidak akan dimintai pertanggung jawaban. Oleh karena itu, kamu tidak perlu memperbaiki atau bahkan menggantinya.

  • Kerugian cloud mining 

Kerugian dari cloud mining adalah kamu harus membayar sejumlah uang terlebih dahulu. Jadi, jika harga Bitcoin anjlok banyak maka kamu bisa mendapatkan banyak kerugian pula.

Selain itu, dengan melakukan cloud mining maka kamu juga tidak bisa meng-upgrade atau mengganti software dan hardware mining yang telah disediakan oleh pihak penyedia layanan cloud mining.

Kerugian lain dari cloud mining yang bisa saja kamu alami selanjutnya adalah perusahaan-perusahaan cloud ini banyak sekali dijadikan sebagai sasaran hacker.

Intinya adalah cloud mining ini merupakan cara menambang bitcoin yang paling beresiko tinggi.

Jadi, kamu harus ekstra hati-hati ketika ingin melakukan cloud mining. Salah-salah nanti malah buntung bukannya untung.

Demikianlah beberapa cara menambang Bitcoin Cryptocurrency yang Legal yang bisa kamu lakukan. Sebenarnya metode paling menguntungkan bukanlah dari menambang namun dari trading bitcoin, hanya saja resiko trading lebih besar dibandingkan menambang.

Miko
Dengan tulisan, Miko bisa membagikan banyak hal positif. Berkontribusi dalam pengembangan pengetahuan para pembaca membuatku bahagia.

Langganan via Email​

Dapatkan Tips dan Berita Keuangan Gratis di Inbox Anda​

Super Financial App yang
membawamu #MelangkahLebih