Ketika mendengar kata artis, banyak pandangan kita tertuju pada penampilan akting, bernyanyi atau juga gaya mereka saat di depan kamera. Artis memang memiliki pendapatan dari bermain peran dan iklan. Namun, tidak sedikit artis yang juga merambah dunia bisnis. Banyak artis yang memulai dunia bisnis dengan investasi mudah bidang property, bisnis bidang hiburan, kuliner sampai jasa dan start up. Berikut lima artis lokal yang merangkap menjadi pengusaha sukses.

  • Christian Sugiono

Christian Sugiono yang merupakan suami dari Titi Kamal ini adalah seorang co-founder serta CEO situs MalesBanget.com atau disingkat MBDC. Situs ini berisi berita ringan yang memiliki nuansa humor. Situs ini diluncurkan pada tahun 2003. Seiring berjalannya waktu, situs ini pernah vakum yakni pada tahun 2006 karena Christian memang sibuk dengan proyek lain. Saat ini, situs tersebut sudah mengudara lagi dan berhasil mendapatkan minat banyak investor yang menyuntikkan dana investasinya. Selain dia, sang istri juga sedang merintis dunia bisnis kuliner bidang catering bersama kakak dan temannya dengan nama Titisari Catering.

  • Syahrini

Artis sekaligus pengusaha yang kedua adalah Syahrini. Siapa yang tidak kenal dengan princess Syahrini dengan frase viral seperti ‘cetar’, ‘seperti itu’, ‘I feel free’ dan lain sebagainya. Ia telah berhasil mendirikan Princess Syahrini Family KTV, yakni bisnis karaoke keluarga sejak tahun 2013 lalu. Selain karaoke, ia juga memiliki bisnis lain seperti property, parfum, bulu mata, kosmetik hingga celana jeans. Walau ia sering menunjukkan kehidupan glamornya, inovasi dalam berbisnis yang ia lakukan patut ditiru.

  • Inul daratista

Siapa yang tidak kenal dengan pedangdut asal Pasuruan, Jawa Timur yang fenomenal dengan slogan ‘goyang ngebor’-nya? Tentu semua kenal apalagi akhir-akhir tahun ini semenjak kontes dangdut di salah satu TV nasional menjadi tontonan favorit banyak keluarga, dirinya selalu terlihat sebagai dewan juri. Selain performance-nya di atas panggung, ia juga seorang bisnis yang sukses. Inul Vizta adalah nama dari bisnis karaoke yang sudah ia jalani bertahun-tahun. Dengan pengembangan sistem waralaba, Inul Vizta saat ini sudah tersebar di seluruh Indonesia dengan jumlah outlet melebihi 125 outlet.

Ia bahkan ingin melebarkan bisnis karaokenya hingga ke Jepang. Selain itu, ada rencana untuk membuka bisnis baru dibidang kuliner dan garmen.

  • Tommy Kurniawan

Tommy Kurniawan adalah artis sinetron yang bisa dikatakan pebisnis tanpa kenal kata menyerah. Jiwa entrepreneur-nya sangat kuat bahkan sudah terlihat semenjak ia kecil. Ia sudah pernah mencoba bisnis air minum, handphone dan bengkel motor; namun ia tinggalkan lantaran uangnya diputar untuk berinvestasi pada bisnis dengan keuntungan yang lebih besar lagi seperti bisnis kuliner restoran Jepang yang ada di Jakarta serta Ice Cream Potong Singapore. Pernah ia mencoba bisnis batubara namun ia mengalami kebangkrutan sangat besar lantaran ia ditipu oleh rekan bisnisnya sendiri. Tapi, ia tidak menyerah.

  • Rossa

Bukan hanya suara yang merdu serta penampilan yang mengesankan diatas panggung yang dimiliki oleh Rossa, mantan istri drummer Padi ini namun juga jiwa usahanya yang pantang mundur. Ia pernah memiliki bisnis rekaman musik dengan nama Limaduabelasmusik. Ia juga memiliki industri atau bisnis karaoke dengan nama Diva Karaoke dimana bisnis ini bersaing sangat ketat dengan Inul Vizta. Diva Karaoke juga sudah tersebar di banyak wilayah di Indonesia. Selain itu, kabarnya ia juga mulai merambah bisnis lain seperti Fashion Line ‘Just a Girl’ dimana bisnis ini menjual pakaian rancangan seorang desainer tapi dengan harga miring.

Tentu masih banyak artis lain yang merangkap sebagai pengusaha baik mengambil bisnis investasi mudah atau yang lainnya yang lebih menantang nan penuh resiko. Memang tidak ada yang salah bahkan jiwa usaha mereka patut ditiru bagi siapa saja yang ingin terjun ke dunia bisnis. Anda bisa memulai dengan berinvestasi pada sektor riil untuk melihat secara langsung bagaimana suatu bisnis dikelola dengan baik sehingga bisa menghasilkan keuntungan yang berlipat. Pastinya, untuk memulai dunia usaha, Anda harus tahu betul seluk-beluk bisnis yang akan Anda jalani. Jika Anda bekerjasama dengan pihak lain, pastikan agar semua sesuai dengan prosedur hukum sehingga Anda akan terhindar dari kasus penipuan.


Agar kami dapat memahami kebutuhan informasi Anda dengan baik dan menyediakan konten yang berkualitas serta informatif kepada setiap pembaca, mohon luangkan waktu untuk mengisi survei singkat berikut:

Isi Survei
.

Tersedia di:  

Mulai perjalanan finansialmu, dengan caramu.

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.