Strategi Menarik Konsumen Baru Agar Menjadi Pelanggan Setia

·
4 menit
Strategi Menarik Konsumen

Dalam menjalankan bisnis, strategi pemasaran sangat penting dikedepankan. Jika pemasarannya bagus, maka besar peluang produk kamu mudah disukai konsumen.

Apa lagi jika kamu paham strategi menarik konsumen baru, perkembangan bisnis yang dijalankan pasti semakin pesat.

Tentu jika ingin sukses dalam bisnis, kualitas produk tetap penting diutamakan. Strategi promosi fungsinya menarik minat konsumen.

Kualitas produk akan membuat konsumen menjadi pelanggan setia, dan membuat bisnis tetap bertahan.

Dalam dunia bisnis tantangan pasti semakin besar. Pebisnis harus paham cara mempertahankan konsumen mereka, serta merebut konsumen baru. Jika kamu bisa menggaet banyak konsumen baru, bisnis tersebut pasti bertahan lama.

Saat ini pengusaha harus melakukan hal – hal kreatif agar bisa menarik perhatian konsumen.

Berikut ini akan kami bagikan beberapa tips atau strategi untuk menggaet pelanggan baru agar menyukai produk dari bisnis kamu.

Maksimalkan Promosi di Media Sosial

Jaman sekarang hampir semua orang sudah memiliki media sosial, oleh karena itu usahakan untuk membuat promosi maksimal lewat layanan ini.

Promosi di media sosial sangat efektif, karena kita bisa membuat promosi spesifik kepada target bisnis.

Manfaatkan semua platforma media sosial yang populer, mulai dari Facebook, Instagram, Youtube, Tiktok, dan yang lainnya.

Rata – ratanya pengguna media sosial menghabiskan waktu minimal 30 menit untuk bermain medsos.

Jadi jika anda memaksimalkan promosi tersebut, maka pelanggan baru pasti bisa didapatkan nantinya. Anda juga bisa menggunakan jasa Influencer yang telah memiliki banyak pengikut.

Dengan demikian, bisa saja nantinya followers influencer tersebut akan menjadi pelanggan baru bisnis kamu.

Pastikan juga untuk membuat akun medsos untuk produk atau bisnis kamu. Dengan demikian calon konsumen nantinya bisa melihat produk tersebut dan mengenalinya secara mendalam. strategi menarik konsumen baru lewat media sosial sangat efektif.

Terapkan Banyak Strategi Marketing

Strategi marketing perlu dibuat sekreatif mungkin agar calon konsumen mudah tertarik nantinya.

Jika ingin produk laris di pasaran, maka jangan hanya terpaku pada satu jenis strategi saja. Sebaiknya kamu menerapkan banyak strategi marketing sekaligus agar hasilnya jauh lebih efektif.

Pelajari strategi – strategi baru, sehingga minat konsumen semakin bertambah. Di jaman serba internet ini, usahakan untuk memanfaatkan fasilitas internet tersebut semaksimal mungkin. Di internet saja banyak sarana promosi yang bisa dimanfaatkan.

Misalnya seperti membuat artikel SEO, membuat soft selling, membuat promosi di website dan yang lainnya.

Semakin banyak jenis strategi yang kamu terapkan, maka hasil yang diraih nantinya juga pasti semakin maksimal.

Jalin Kerja Sama dengan Rekan Bisnis yang Tepat

Jaman sekarang sulit rasanya berjuang sendiri menjalankan bisnis. Kamu perlu memiliki rekan yang tepat agar sama – sama mengembangkan bisnis tersebut kedepannya.

Ibaratnya satu kepala bisa membuahkan 2 pemikiran. Jadi jika ada dua kepala, minimal akan membuahkan 4 pemikiran.

Untuk itu menjalin kerja sama dengan beberapa rekan bisnis akan membuat ide bisnis semakin banyak.

Dengan demikian eksekusi bisnis tersebut juga semakin mudah nantinya. Pastikan selalu untuk memilih rekan yang tepat, yang tujuannya betul – betul mengembangkan bisnis tersebut.

Pastikan untuk membangun bisnis berdasarkan kepercayaan, sehingga bisnis tersebut mampu bertumbuh secara positif nantinya.

Pastikan bahwa rekan yang dipilih betul – betul memiliki visi dan semangat yang sama untuk memajukan bisnis.

Lakukan Kolaborasi dengan Bisnis yang Berhubungan

Strategi menarik konsumen baru lainnya yang bisa diterapkan adalah dengan menjalin kolaborasi.

Era sekarang disebut juga sebagai era kolaborasi, karena jauh lebih efektif membuat bisnis berkembang pesat.

Saat ini sudah tidak jamannya lagi bersaing dengan pihak lain. Lebih baik menjalin kolaborasi sehingga kedua belah pihak sama – sama berkembang dan mendapatkan untung.

Jika anda misalnya bergerak di bidang usaha pakaian, maka bisa menjalin kolaborasi dengan usaha sepatu.

Jadi pelanggan dari bisnis sepatu tersebut nantinya akan menjadi konsumen anda juga. Tentu tidak boleh memilih partner kolaborasi secara sembarangan.

Kamu harus memperhatikan kualitas produk mereka, besarnya bisnis mereka, serta mempertimbangkan keuntungan apa saja yang akan diperoleh oleh kedua pihak.

Berkolaborasi memberikan peluang bagi kedua bisnis untuk memasuki pasar yang lebih besar. Jadi pilih bisnis kolaborasi yang memungkinkan agar pelanggan baru bisa ditarik ke bisnis kamu.

Rajin Hadirkan Diskon dan Giveaway

Pemberian diskon dan hadiah menarik merupakan hal lumrah dalam bisnis. Hadirnya diskon terbukti mampu meningkatkan minat beli konsumen.

Kamu juga harus belajar bagaimana membuat diskon besar tetapi tetap memberikan keuntungan positif bagi bisnis.

Membuat giveaway juga menjadi salah satu strategi yang banyak dilakukan saat ini. Konsumen sangat tertarik dengan hal – hal yang sifatnya gratis.

Jadi jika kamu rutin melakukan give away untuk promosi bisnis, maka semakin banyak pula konsumen yang bisa didapatkan.

Promosikan diskon dan giveaway tersebut di beragam platform media sosial. Dengan demikian semakin banyak orang tertarik nantinya. Barang yang dibuat jadi giveaway, tidak harus dari produk yang kamu jual.

Walaupun produk jualan kamu misalnya pakaian, kamu tetap bisa menjadikan smartphone sebagai hadiah giveaway.

Semakin menarik produk giveaway tersebut, biasanya membuat banyak orang semakin tertarik.

Mengadakan Kompetisi Atau Lomba Berhadiah

Cara lain untuk menggaet pelanggan baru yang efektif adalah dengan mengadakan lomba atau kompetisi.

Hadirkan hadiah menarik pada lomba tersebut agar semakin banyak orang yang tertarik mengikutinya.

Jenis lomba yang dibuat bisa bermacam – macam, misalnya lomba foto dengan produk yang kamu jual.

Lomba membuat blog, lomba membuat konten Tiktok, dan yang lainnya. Kalangan milenial khususnya sangat antusias mengikuti lomba, sehingga hal ini cocok dijadikan sebagai sarana promosi.

Strategi promosi bisnis saat ini lebih banyak yang dilakukan secara soft selling. Hasilnya jauh lebih efektif, karena masyarakat tidak hanya ingin mendapatkan iklan saja, tetapi juga mendapatkan manfaat dari iklan yang mereka tonton atau baca.

Oleh karena itu bisnis yang anda terapkan harus belajar bagaimana cara melakukan soft selling yang tepat, agar produk bisnis semakin mudah disukai oleh calon konsumen baru.

Selalu Lakukan Inovasi Produk

Tentu saja hal yang tak kalah penting dilakukan adalah melakukan inovasi dan peningkatan kualitas produk jualan kamu.

Jika produknya tidak bagus, maka pelanggan tidak akan bertahan lama nantinya. Lebih baik tetap lakukan inovasi dan hadirkan produk – produk yang dibutuhkan konsumen.

Varian produk baru sangat cocok untuk menggaet pelanggan baru. Misalnya jika biasanya pakaian yang kamu jual khusus untuk anak muda, mulai buat varian produk untuk orang dewasa atau juga anak – anak. Dengan demikian semakin banyak nantinya calon pelanggan yang bergabung.

Jika konsumen merasa produk yang kamu jual sesuai dengan kebutuhan mereka, maka mereka pasti menjadi pelanggan setiap nantinya.

Kebutuhan dan selera setiap orang berbeda – beda, oleh karena itu penting menghadirkan variasi produk yang berbeda pula.

Jika strategi bisnis kamu tetap kreatif dan produk yang dihadirkan kualitasnya terus meningkat, maka bisnis pasti berkembang pesat nantinya. Demikianlah beberapa strategi menarik konsumen baru yang bisa diterapkan.

Jika dalam penerapan strategi menarik potensial konsumen diatas kamu memerlukan tambahan biaya atau modal, KoinWorks akan selalu hadir untuk bisnismu lho.

Simulasi Pinjaman KoinWorks
Ketahui maksimum pinjaman dan cicilan per bulan
+62
Estimasi jumlah maksimum pinjaman

Rp

Estimasi cicilan bulanan
  • Tenor 6 bulan: Rp
  • Tenor 12 bulan: Rp
  • Tenor 24 bulan: Rp

Install aplikasi KoinWorks dan mulai ajukan pinjaman di KoinBisnis!

Ajukan Pinjaman Sekarang

Miko
Dengan tulisan, Miko bisa membagikan banyak hal positif. Berkontribusi dalam pengembangan pengetahuan para pembaca membuatku bahagia.

Langganan via Email​

Dapatkan Tips dan Berita Keuangan Gratis di Inbox Anda​

Super Financial App yang
membawamu #MelangkahLebih