Home » Strategi Bisnis » Cara agar Bisnis Pembuatan Website Mudah Dikenali

Cara agar Bisnis Pembuatan Website Mudah Dikenali

Bagaimana cara agar bisnis pembuatan website semakin mudah dikenali calon konsumen?

Salah satu tantangan terbesar pada proses pemasaran sebuah bisnis adalah membuat bisnis tersebut semakin dikenali oleh masyarakat.

Bagaimana tidak, kemungkinan besar bidang bisnis yang sedang dirintis tersebut sudah memiliki beberapa pemain besar dan lumayan terkenal.

Hal ini juga terjadi pada bisnis pembuatan website.

Meskipun begitu, bukan berarti tidak ada cara yang bisa membantu bisnismu untuk dapat lebih dikenali.

Lantas, bagaimana cara yang tepat untuk membuat bisnis pembuatan website yang sedang kamu jalani menjadi lebih dikenali calon konsumen?

Cara agar Bisnis Pembuatan Website Mudah Dikenali

Dewasa ini, kebutuhan akan sebuah situs web untuk menunjang operasional serta pemasaran sebuah bisnis sangatlah diperlukan.

Mulai dari website e-commercewebsite resmi perusahaan, website untuk keperluan portfolio, dan masih banyak obyek bisnis lain yang membutuhkan kehadiran sebuah website.

Nah, jika kamu sedang menjalankan bisnis pembuatan website seperti ini, kamu pun perlu merencanakan strategi pemasaran yang tepat agar bisnismu mudah dikenali oleh calon konsumen.

Berikut ini adalah beberapa cara mudah yang bisa kamu lakukan agar bisnismu bisa lebih cepat dikenal.

Silakan disimak!


1. Mengoptimalkan peran media sosial

Cara pertama yang cukup mudah untuk dilakukan untuk membuat bisnis semakin mudah dikenali adalah dengan mengoptimalkan peran beragam media sosial.

Bisnismu bisa mulai aktif mengunggah konten serta berinteraksi dengan konsumen melalui platform Instagram, Facebook, TikTok, YouTube, dan juga LinkedIn.

Unggahlah konten-konten yang bersifat promosi ke akun Instagram, Facebook, dan TikTok. Sedangkan untuk konten dengan tema edukatif dan formal, bisa kamu unggah ke YouTube dan LinkedIn.

Berikutnya, kamu juga bisa aktif menggunakan layanan chat seperti WhatsApp dan Telegram, lho.

Kedua platform tersebut bisa kamu gunakan untuk berinteraksi dan juga membuat komunitas konsumen.

Dengan begitu, kamu akan lebih mudah untuk mengumpulkan kelompok konsumen yang menjadi target penjualan bisnismu, dan bisa berpromosi melalui platform tersebut kapan saja.


2. Menulis blog secara rutin

Bisnismu sudah memiliki sebuah website resmi? Kalau sudah, kamu bisa segera mulai menulis artikel secara rutin, dan kemudian merilisnya di sana.

Tulislah konten artikel yang edukatif dan pantas untuk dibagikan, dengan beragam tema yang sesuai dengan selera target konsumenmu.

Misalnya, kamu bisa mengunggah artikel mengenai beragam tren dalam pengembangan website di seluruh dunia, informasi mengenai update terbaru dari sistem Google, dan juga cara-cara blogging yang baik.

Dengan menulis blog secara rutin, Google akan mengasosiasikan kata kunci yang kamu gunakan, dengan aktivitas pencarian yang dilakukan oleh para user.

Nah, dengan begitu, website dan blog bisnismu memiliki kesempatan lebih besar untuk ditampilkan oleh Google kepada orang-orang yang membutuhkan informasi tersebut.

Bukan tidak mungkin, orang-orang tersebut akan membagikan konten artikel dari website-mu kepada orang atau kelompok lain; hasilnya, bisnismu akan semakin dikenali.


3. Membuat konten edukatif secara berkala

Seperti telah dijelaskan sebelumnya, konten yang berisi informasi serta sifatnya edukatif selalu ramai diperhatikan dan dibagikan oleh masyarakat.

Nah, kamu dapat memanfaatkan fenomena ini untuk sekaligus memperkenalkan bisnismu ke publik yang lebih luas.

Misalnya, kamu menyusun laporan mengenai kebiasaan masyarakat Indonesia ketika sedang menggunakan internet.

Laporan tersebut bisa kamu sajikan dalam bentuk infografik yang menarik, dan kamu bagikan melalui media sosial seperti Instagram atau LinkedIn.

Biasanya, banyak pengguna media sosial tersebut yang akan melakukan forward dan share terhadap konten milikmu.

Dengan makin tersebarnya konten tersebut, tentu bisnis pembuatan website milikmu juga akan semakin dikenal.

Namun, kamu perlu berhati-hati saat membuat artikel, ya.

Jangan sampai informasi yang kamu susun dan tulis malah berisi data-data yang tidak akurat, sehingga hasilnya menjadi salah.

Sebaiknya kamu periksa kembali fakta-fakta dari tulisan yang kamu buat, sebelum akhirnya dirilis.


4. Mengadakan webinar dan pelatihan virtual

Cara yang berikut ini sedang ramai digunakan oleh para pemilik bisnis, yaitu dengan mengadakan webinar maupun podcast.

Webinar adalah seminar atau pelatihan yang dilakukan secara virtual; biasanya melalui aplikasi Zoom atau Google Meet.

Sedangkan podcast biasanya dilakukan sebagai bentuk diskusi antara beberapa pihak; isi kontennya pun beragam, dan ditayangkan melalui layanan Spotify atau YouTube.

Jika kamu sudah memiliki topik untuk konten yang disiapkan untuk media sosial dan blog, kamu pun bisa mengangkat topik tersebut untuk didiskusikan melalui webinar maupun podcast.

Misalnya untuk topik kebiasaan pengguna internet di Indonesia tadi, kamu bisa mengundang ahli sosial maupun pakar internet & web developer untuk berdiskusi santai melalui sebuah webinar.

Dengan rutin mengadakan acara-acara seperti ini, banyak orang yang akhirnya akan mengetahui dan mengenal nama bisnismu.

Setelah itu, bukan tidak mungkin mereka akan semakin penasaran dan akhirnya mencari tahu lebih dalam tentang bisnis pembuatan website milikmu.


5. Mengikuti kegiatan publik dan aktif di komunitas yang relevan

Cara terakhir yang juga bisa membuat bisnis pembuatan website milikmu agar cepat dan mudah dikenali, adalah dengan aktif mengikuti kegiatan publik, serta berpartisipasi di komunitas-komunitas yang relevan.

Semakin sering kamu berpartisipasi sebagai perwakilan bisnis, maka akan semakin mudah bisnismu dikenali di kalangan target konsumen.

Nah, komunitas-komunitas yang dimaksud di sini adalah kelompok orang-orang yang sebenarnya adalah target konsumenmu; contohnya komunitas SEO, komunitas digital marketing, komunitas web developer, komunitas blogger, dan komunitas penggiat bisnis UMKM.

Jangan lupa, website resmi dan akun media sosial bisnismu harus sudah siap ketika kamu mengenalkan bisnismu di komunitas-komunitas tersebut, ya.

Dengan begitu, bisnismu akan terlihat lebih profesional dan menjanjikan bagi calon konsumen.


Pentingnya Membuat Bisnis Pembuatan Website agar Semakin Mudah Dikenali

Itulah beberapa cara mudah dan efektif yang bisa segera kamu lakukan untuk membuat bisnismu lebih cepat dikenal oleh masyarakat.

Mulai dari menggunakan media sosial, menulis blog, mengunggah konten edukatif, hingga aktif mengikuti kegiatan-kegiatan publik yang relevan.

Dengan banyaknya kesempatan memperkenalkan bisnis yang kamu ikuti, tentu akan semakin banyak juga potensi orang yang bisa berubah menjadi konsumenmu nantinya.

Semoga bermanfaat!

. . .

Kalau kamu termasuk salah satu pelaku usaha kecil, online sellers, atau freelancers, KoinWorks punya satu solusi nih untuk semua kebutuhan keuangan kamu.

Mulai dari transfer antar bank tanpa biaya admin, pembuatan invoice & laporan keuangan, hingga ke akses yang fleksibel untuk mendapatkan pinjaman– semua ini khusus untuk mendukung usaha & bisnis kamu, dan bisa kamu dapatkan di KoinWorks NEO.

Yuk, cari tahu lebih banyak tentang KoinWorks NEO di sini!

Akbar Rachman

Download aplikasi KoinWorks dan mulai kembangkan asetmu sekarang!

Langganan via Email​

Dapatkan Tips dan Berita Keuangan Gratis di Inbox Anda​