Home » Strategi Bisnis » 5 Strategi Membangun Bisnis Furniture Agar Cepat Berkembang

5 Strategi Membangun Bisnis Furniture Agar Cepat Berkembang

5 Strategi Membangun Bisnis Furniture Agar Cepat Berkembang

Strategi membangun bisnis furniture harus dilakukan dengan tepat, agar bisnis yang kamu kelola cepat berkembang dan meraup keuntungan. Karena jika tidak, bisnis kamu tidak akan bisa bersaing dengan kompetitor yang mengakibatkan gulung tikar lebih cepat. Yuk, simak lima strateginya di bawah ini!

5 Strategi Membangun Bisnis Furniture yang Tepat

Simak lima strategi jitu agar tidak salah langkah dalam memulai bisnis furniture berikut ini:

Menentukan Target Pasar Bisnis yang Lebih Spesifik

Menentukan target pasar yang lebih spesifik adalah salah satu strategi penting dalam membangun bisnis furniture. Maka dari itu, pilihlah target pasar yang sesuai dengan produk furniture yang kamu jual.

Misalnya, kamu menjual produk-produk furniture untuk hunian rumah. Maka target pasar yang tepat adalah orang-orang yang sudah berkeluarga atau sudah memiliki hunian rumah sendiri meski belum berkeluarga.

Kamu juga bisa bekerja sama dengan para pengembang properti atau perumahan yang dekat dengan lokasi furniture milikmu. Dengan adanya kerja sama ini, kamu akan lebih mudah menjangkau target pasar yang ingin melengkapi hunian mereka dengan berbagai macam furniture dari toko milikmu.

Jika produk furniture yang kamu jual adalah meja atau kursi kantor, maka target pasar yang spesifik adalah para pekerja kantoran. Apalagi saat ini sudah banyak jenis pekerjaan remote atau WFH, sehingga para pekerja bebas mendesain ruangan kerja sesuai keinginan dan kenyamanan diri sendiri.

Menata Toko Furniture Lebih Rapi dan Menarik

Penampilan toko juga menjadi penilaian sendiri bagi pelanggan yang datang. Usahakan menata produk furniture lebih rapi dan menarik, seperti:

  • Menata furniture sesuai dengan jenisnya. Misalnya, produk lemari dengan produk lemari, begitu juga dengan produk meja makan dengan meja makan.

Penataan sesuai jenisnya ini bertujuan untuk memudahkan pelanggan mencari dan menentukan furniture yang mereka butuhkan. Selain itu, pelanggan juga lebih mudah untuk membandingkan desain furniture tersebut.

  • Menambahkan properti untuk memberikan tampilan yang menarik. Misalnya, menambah alas meja dan vas bunga pada furniture meja makan atau meja tamu.

Keberadaan properti tambahan ini akan membuat furniture milikmu lebih menarik dan enak dilihat. Hal ini akan membuat pelanggan tertarik dan membeli furniture tersebut.

Penataan toko furniture yang rapi dan menarik ini akan membuat toko milikmu berbeda dengan toko furniture lainnya. Hal ini akan menjadi ciri khas dan keunggulan dari bisnis milikmu, sehingga akan lebih mudah untuk berkembang.

Memberikan Pelayanan yang Tepat

Pelayanan yang ramah juga menjadi salah satu strategi dalam membangun bisnis furniture. Pelayanan ini tidak hanya dalam bentuk sapaan yang ramah saja, melainkan juga ketelitian, kecepatan, dan cara menyelesaikan masalah dengan pelanggan.

Kamu harus teliti dengan pesanan para pelanggan. Misalnya, jenis furniture, warna, kelengkapan furniture, hingga kualitas dari furniture tersebut. Ketelitian ini dibutuhkan ketika ada pesanan online yang masuk. Pastikan jangan sampai salah mengirim produk furniture kepada para pelanggan.

Berikutnya adalah kecepatan. Dalam hal ini kamu harus cepat menanggapi pertanyaan pelanggan, baik yang datang secara langsung maupun pelanggan yang menghubungi via chat.

Dalam proses pengemasan dan pembayaran juga harus dilakukan dengan cepat dan tepat, agar pelanggan tidak terlalu lama menunggu.

Baik atau buruknya pelayanan toko furniture milikmu juga akan dinilai dari cara kamu menyelesaikan masalah dengan pelanggan. Usahakan untuk tetap tenang dan sopan dalam menanggapi berbagai macam komplain. Kemudian, berikan solusi yang tepat.

Misalnya, seorang pelanggan tidak terima karena barang yang dikirim tidak sesuai dengan pesanan. Pertama, yang perlu kamu lakukan adalah meminta maaf. Kemudian, meminta pelanggan mengembalikan furniture tersebut dengan biaya ongkos ditanggung oleh pihak toko. Lalu, kirim furniture yang sesuai pesanan.

Promosi dan Jeli Melihat Peluang Bisnis Furniture

Promosi adalah strategi penting dalam membangun bisnis furniture yang harus kamu lakukan. Manfaatkanlah media sosial, seperti Instagram, Facebook, dan TikTok. Tidak ada salahnya juga untuk memanfaatkan fitur Ads yang dimiliki oleh ketiga media sosial tersebut untuk mempromosikan bisnis furniture milikmu.

Jangkauan media sosial lebih banyak, hal ini akan memudahkan kamu dalam mengembangkan bisnis furniture. Dalam menjalankan pemasaran lewat media sosial, kamu harus rutin mengunggah konten-konten yang mengandung unsur soft selling.

Misalnya, kamu ingin mengunggah konten seputar tips menjaga furniture yang tepat agar awet. Gunakan salah satu furniture terbaik milikmu. Selanjutnya arahkan audiens untuk membeli furniture tersebut. Jika membutuhkan referensi, kamu bisa melihat contoh konten yang ada di akun Instagram @ruparupacom.

Selain promosi, kamu juga harus jeli dalam melihat peluang. Misalnya, mengikuti pameran furniture di sebuah mall, memproduksi furniture kekinian yang sedang banyak diminati, seperti meja kerja minimalis, dipan kasur yang multifungsional, dan lain sebagainya.

Pemilihan Lokasi yang Tepat

Pemilihan lokasi juga menjadi penentu dalam kesuksesan bisnis furniture milikmu. Oleh karena itu, pilihlah lokasi yang sangat strategis dan sesuai dengan bisnis furniture.

Misalnya, lokasi di pinggir jalan raya dan memiliki lahan kosong sebagai tempat parkir, baik untuk parkir mobil pengantar furniture milikmu atau kendaraan milik pelanggan yang datang.

Usahakan untuk memilih lokasi yang dekat dengan target pasar. Target pasar yang berpeluang besar dalam perkembangan bisnis furniture milikmu antara lain developer, pemilik restoran, rumah sakit, dan perkantoran. Kemudian, pengusaha kos-kosan dan juga masyarakat umum.

Gambaran biaya sewa lokasi strategis cukup beragam. Biasanya harga sewa untuk lokasi bisnis yang berada di kota besar dan tepat di pinggir jalan dibanderol mulai dari Rp150 juta per tahun dengan luas lahan sekitar 450 m2.

Yuk, Kembangkan Bisnis Furniture Sekarang Juga

Itulah informasi seputar alasan dan strategi membangun bisnis furniture yang bisa kamu coba. Yuk, kembangkan bisnis furniture milikmu sekarang juga dengan mengikuti empat strategi di atas!


Untuk para pelaku usaha kecil dan menengah, online sellers, dan freelancers. Kamu bisa lihat artikel lainnya di KoinWorks untuk dapatkan insight positif bagaimana cara berbisnis!

Nikmati kemudahan transaksi bisnis dan keuangan kamu dalam satu aplikasi hanya di KoinWorks NEO!

Download aplikasi KoinWorks dan mulai kembangkan asetmu sekarang!

Langganan via Email​

Dapatkan Tips dan Berita Keuangan Gratis di Inbox Anda​