Home » Blog » Bisnis & UKM » Cara Memulai Usaha Menjadi Desainer Grafis, Ilustrasi, dan Animasi

Cara Memulai Usaha Menjadi Desainer Grafis, Ilustrasi, dan Animasi

·
4 menit
tips memulai bisnis jasa desain grafis

Sebagai seseorang yang ahli di bidang desain grafis, ada yang lebih memilih membuka bisnis sendiri. Tapi, untuk memulai bisnis ini bukan perkara yang mudah, diperlukan persiapan yang matang agar bisnis tidak berhenti di tengah jalan. Ini dia cara memulai usaha menjadi desainer grafis, ilustrasi dan animasi:

Pahami Jenis Jasa Desain Grafis, Ilustrasi dan Animasi, serta Tentukan Pilihan

Cara yang pertama adalah memahami terlebih dahulu jenis jasa apa saja yang sesuai dengan keahlian kamu. Misalnya untuk desain grafis ada beberapa fokus jasa yaitu seperti:

  1. Desain Grafis untuk Branding
  2. Desain Cetak Fisik
  3. Jasa Periklanan
  4. Desain untuk Pengemasan
  5. Videografi
  6. Desainer Grafis Web

Nah, jika kamu sudah mengetahuinya maka selanjutnya tentukan pilihan. Ya, buat menu jasa yang kamu tawarkan agar bisa sesuai dengan kemampuan kamu. Dengan menyesuaikan kemampuan maka hasilnya pun juga maksimal.


Tentukan Bentuk Bisnis, Target dan Teknik Bisnis yang akan Kamu Gunakan

Selanjutnya, tentukan bentuk bisnis yang tepat apakah kamu hanya akan membukanya kecil-kecilan sendiri, bekerja sama dengan teman, atau bisa juga membuat bisnis yang langsung besar. Ya, tentunya ini berkaitan dengan modal ya.

Selanjutnya kamu juga harus menentukan target dari bisnis ini. Misalnya kamu memilih jasa videografi maka targetnya bisa calon pengantin, bisa anak sekolah, dan lainnya. Teknik bisnis juga harus disesuaikan yang pasti, untuk zaman sekarang teknik yang digunakan harus paling modern.


Riset Tarif Jasa dan Produk Serupa dari Perusahaan Lain

Berikutnya, kamu juga harus melakukan riset harga atau tarif dari perusahaan lain yang memiliki fokus bisnis yang sama. Hal ini sangat penting dilakukan untuk menentukan harga yang tepat untuk jasa yang kamu jual nantinya.

Kamu harus benar-benar mengetahui harga pasar saat itu. Jangan sampai bisnis yang baru buka tetapi harganya malah lebih mahal dari pada bisnis desain grafis yang sudah berdiri sebelumnya. Kamu bisa melakukan riset dengan melihat tarif dari website mereka atau dengan cara yang lainnya.


Tentukan Modal yang akan Kamu Gunakan

Yang berikutnya, kamu juga harus menentukan modal yang tepat untuk bisnis yang satu ini. Kamu bisa menggunakan modal sendiri, modal bersama, atau membuka investasi bagi beberapa pengusaha besar lainnya.

Jika kamu menggunakan modal sendiri maka nantinya keuntungan yang didapatkan adalah resmi dan murni milik kamu sendiri. Tapi, jika kamu menggunakan modal bersama atau membuka investasi bagi orang lain maka keuntungan akan dibagi.

Pembagiannya sudah tentu harus sesuai dengan jumlah persentase jumlah modal yang mereka tanamkan. Kedua cara ini sama saja menguntungkannya asal kamu bisa mengelola bisnis dengan baik dan benar.


Persiapkan Alat dan Tempat Bisnis

alat-alat bisnis jasa videografi

Yang selanjutnya yaitu mempersiapkan alat dan juga tempat bisnis. Sebagai desainer grafis tentunya yang paling dibutuhkan adalah komputer, mouse, printer, dan juga beberapa perangkat lunak untuk mendesain.

Alat-alat ini harus tersedia baik dengan membeli sendiri atau kamu bisa mencicil. Jika kamu punya relasi dengan perusahaan yang berkecimpung di bidang alat elektronik maka bisa jadi mitra bisnis. Jika kamu hanya bisnis kecil-kecilan untuk kebutuhan alat juga tak akan terlalu banyak.

Berbeda jika perusahaan yang kamu bangun besar maka unit yang dibutuhkannya pun juga besar. Apalagi jika kamu juga memiliki karyawan yang cukup banyak maka kebutuhan unit makin kompleks. Bukan hanya alat untuk yang berkaitan dengan desain, tapi alat bisnis untuk akuntansi dan lainnya juga harus dipersiapkan.


Siapkan Legalitas atau Izin Berbisnis

Berikutnya, Kamu juga harus mengurus legalitas atau izin dalam berbisnis. Tahap ini adalah yang paling penting dalam berbisnis terutama untuk membentuk kepercayaan para pelanggan. Kamu harus mendaftarkan diri sehingga perusahaan kamu secara resmi sudah diakui negara.

Selain itu, apabila bisnis kamu berhasil biasanya banyak orang yang memilih untuk meniru bisnis orang lain. Nah, jika hal ini terjadi ketika kamu belum mendaftarkan diri maka tidak bisa dibawa ke ranah hukum.

Apalagi jika sampai legalitas dan izin bisnis terlebih dahulu didaftarkan oleh si perusahaan yang curang itu. Walaupun kamu berdiri lebih dulu maka yang pasti mereka lah yang akan memenangkan persidangan atas nama perusahaan itu.


Buat Ruangan Kerja Senyaman Mungkin

tips desain kantor usaha desain grafis

Cara yang selanjutnya yaitu buat ruangan kerja yang paling nyaman. Sebagai desainer grafis, animator, dan juga ilustrator pastinya kamu sudah tak asing dengan kebosanan yang melanda bukan? Ya, walaupun kamu ini sudah ahli tetapi karena banyaknya pesanan sering membuat kita bosan.

Oleh karena itu, kamu harus membuat ruangan kerja yang senyaman mungkin. Kamu harus mendesain ruangan yang beragam agar setia karyawan kamu bisa lebih santai dalam bekerja. Kamu pun yang mungkin masih ikut andil dalam pekerjaan ini juga bisa lebih nyaman berada di kantor.


Ciptakan Relasi Bisnis yang Paling Potensial

Kemudian, kamu juga harus menciptakan relasi bisnis yang potensial. Kamu harus mencari perusahaan-perusahaan yang punya modal besar dan membutuhkan jasa kamu. Misalnya, kamu melihat suatu perusahaan ternyata websitenya masih sangat buruk.

Nah, inilah kesempatan kamu menawarkan portofolio kepada mereka untuk melakukan kerja sama dalam pembangunan web. Kamu juga bisa memilih perusahaan yang baru merintis usahanya tetapi penanam modalnya merupakan pihak yang sangat besar potensinya.

Kamu bisa melakukan kerja sama dengan mereka dalam melakukan branding, pembangunan website, dan lain sebagainya. Dengan ini maka kamu sudah punya pelanggan tetap dan keuntungan pun makin maksimal.


Promosi dan Iklan Sangat Diperlukan

Terakhir dan yang paling penting adalah gunakan promosi atau iklan untuk mengenalkan bisnis ke dunia luar. Jangan hanya menempel poster atau MMT di sekitar daerah saja. Karena proyek kamu ini nantinya adalah proyek digital maka gunakan platform digital juga.

Bukan berarti MMT atau poster brosur itu tidak penting. Tapi kamu harus memaksimalkan promosi dengan baik. Dengan ini maka akan banyak orang yang mengenal usaha kamu dan berminat untuk menggunakan jasa yang kamu tawarkan.

Bahkan bagi kamu para bisnis pemula, untuk melakukan promosi di dunia digital sudah sangat mudah apalagi dengan kehadiran media sosial. Kamu bisa memanfaatkan media sosial untuk beriklan salah satunya adalah Facebook.

Facebook yang saat ini juga menggandeng Instagram memang sangat sukses sehingga membuat Facebook ads. Nah, kamu bisa menggunakannya dan harganya sangat terjangkau bahkan kamu bisa menentukan sendiri tarifnya.

Itu dia cara memulai usaha menjadi desainer grafis baik ilustrasi maupun animasi. Dengan cara di atas maka diharapkan Anda bisa memulai bisnis dengan terencana dengan baik sehingga risiko gagal dapat diminimalkan. Tetap semangat membangun bisnis karena jalan ke depan tidaklah mudah dan jangan pernah menyerah!

 

Miko
Dengan tulisan, Miko bisa membagikan banyak hal positif. Berkontribusi dalam pengembangan pengetahuan para pembaca membuatku bahagia.

Langganan via Email​

Dapatkan Tips dan Berita Keuangan Gratis di Inbox Anda​

Waah, dapet modal awal 475 ribu pas daftar :), kode promo BUTUHUANG