Home » Strategi Bisnis » 5 Cara Melakukan Riset Selera Konsumen bagi Pelaku Bisnis Hijab

5 Cara Melakukan Riset Selera Konsumen bagi Pelaku Bisnis Hijab

5 Cara Melakukan Riset Selera Konsumen bagi Pelaku Bisnis Hijab

Pebisnis yang baik pasti akan selalu memperhatikan selera para konsumennya. Bagaimanapun juga produk yang dijual harus bisa sesuai dengan selera dari konsumen yang sudah ditargetkan. Ada beberapa cara melakukan riset selera konsumen yang bisa dilakukan agar hal ini bisa terpenuhi. Mari cari tahu bagaimana caranya sehingga kamu bisa menghadirkan produk dan layanan yang diinginkan oleh konsumen. 

Cara Melakukan Riset Selera Konsumen

Riset ini merupakan salah satu tahap penting yang perlu dijalani oleh pebisnis. Tujuannya adalah untuk mengetahui selera juga kebutuhan konsumen sehingga bisa dihasilkan produk yang tepat. Berikut adalah lima cara mudah untuk melakukan riset selera konsumen bagi para pelaku bisnis hijab:

Lihat Produk yang Beredar di Pasar

Langkah pertama yang bisa dilakukan adalah melihat langsung seperti apa produk yang beredar di pasaran. Produk hijab seperti apa yang banyak dijual di pasaran dan tipe mana yang paling laris. Sebagai pelaku bisnis hijab, kamu harus rajin melakukan hal semacam ini. Tujuannya adalah untuk mengetahui apa saja produk hijab yang beredar, mana yang diminati, dan mana yang tidak diminati. 

Kamu bisa melihat langsung lewat toko-toko hijab online. Bisa juga dengan mengamati produk-produk di marketplace atau media sosial. Seperti kita tahu bahwa saat ini produk hijab beredar begitu banyak di tengah masyarakat. Jadi bukan hal yang sulit jika kamu ingin melihat langsung seperti apa produk-produk tersebut beredar di pasaran. 

Lakukan Survei Pasar

Langkah berikutnya adalah lakukan survei pasar. Ini juga penting bagi pebisnis agar bisa melihat langsung kondisi pasar tanpa perlu menebak-nebak. Lakukan saja survei kepada orang-orang yang menjadi target konsumenmu. Ini akan membantu kamu membatasi jumlah responden dalam survei tersebut dan membuatnya jauh lebih efektif karena tepat sasaran. 

Sekarang kamu bisa melakukan survei secara efektif dan mudah lewat media sosial. Gunakan akun media sosial untuk bertanya langsung pada semua followers. Coba berikan survei yang sederhana dengan memberikan 2 pilihan produk hijab dan mengajak mereka untuk memilih mana lebih disukai. Buat beberapa pertanyaan sehingga kamu bisa menyimpulkan mana produk hijab yang memang ramai peminat.  

Amati Perkembangan yang Terjadi

Cara melakukan riset selera konsumen berikutnya adalah dengan mengamati perkembangan yang terjadi di pasar saat ini. Kamu pasti tahu bahwa dunia bisnis akan terus berkembang, khususnya untuk jenis bisnis hijab yang ramai sekali di Indonesia ini. Dari sana kamu bisa mencoba mengamati seperti apa perkembangannya. Model hijab apa saja yang mulai bermunculan dan mana saja yang paling diminati.

Tak perlu bersusah payah, kamu bisa melakukan pengamatan ini secara online. Lakukan browsing untuk mengetahui brand hijab apa saja yang berkembang sekarang. Melalui marketplace, website, maupun media sosial kamu bisa dengan mudah memantau bagaimana bidang bisnis ini berkembang dan seperti apa respon konsumennya. 

Perhatikan Kompetitor

Langkah berikutnya yang bisa kamu lakukan adalah memperhatikan kompetitor yang juga bergerak di bidang bisnis hijab. Bisnis ini memang punya banyak pesaing atau kompetitor dan hal ini menjadi keuntungan tersendiri. Kamu bisa mendapatkan lebih banyak referensi untuk diamati. Kompetitor tersebut juga bisa membantu kamu dalam mengambil langkah bisnis dan mengembangkannya. 

Dari kompetitor, kamu bisa tahu produk hijab seperti apa yang mereka jual. Kamu juga memahami seperti apa perilaku konsumen dari kompetitor tersebut. Hasilnya, kamu bisa membuat produk yang juga banyak diminati namun dengan karakteristik sendiri. Ingat, tidak boleh ada unsur plagiasi walaupun kamu mengamati dan mendapatkan hasil riset dari kompetitor. 

Download dan Aktivasi KoinWorks NEO

Kembangkan bisnis kamu sekarang!

DOWNLOAD

Lakukan Uji Coba

Jangan ragu untuk melakukan uji coba untuk mengetahui respon publik. Kamu bisa mengeluarkan produk uji coba ke tengah target konsumen. Dari sini bisa dilihat apakah produk uji coba tersebut cukup berhasil atau tidak. Jika responnya positif maka produk ini bisa dikembangkan sebagai produk utama. 

Uji coba seperti ini memang butuh modal biaya. Namun modal tersebut akan memberikan kamu banyak feedback. Langkah ini juga akan memperkecil risiko salah merilis produk karena sudah ada uji coba sebelumnya. Jika tak ingin mengeluarkan produk fisiknya langsung maka coba saja dulu dengan membuat teaser produknya secara digital untuk melihat respon konsumen. 

Lakukan Riset Konsumen untuk Bisnis yang Berkembang

Kamu sudah memahami apa saja hal yang bisa dilakukan dalam proses riset selera konsumen. Langkah ini sangatlah penting untuk dijalani jika kamu ingin bisnis terus berkembang pesat. Jangan malas meluangkan waktu untuk riset dan mengamati kondisi pasar serta kompetitor yang ada di sekitarmu. 

Semakin kamu paham pada kondisi pasar dan mengenali kompetitor dengan baik maka semakin mudah untuk menghasilkan produk yang sesuai. Dari sini kamu bisa tahu bagaimana cara terbaik untuk memenuhi kebutuhan target konsumen. Secara otomatis hal ini akan mempermudah kamu menjual produk dan meraup keuntungan. 

Cobalah berbagai cara melakukan riset selera konsumen yang sudah dibahas tadi. Riset ini perlu dilakukan secara berkala, bukan hanya di awal perilisan produk atau brand saja. Tujuannya adalah agar kamu bisa mengetahui perubahan atau perkembangan apa saja yang sekarang sedang terjadi di tengah pasar.


Untuk para pelaku usaha kecil dan menengah, online sellers, dan freelancers. Kamu bisa lihat artikel lainnya di KoinWorks untuk dapatkan insight positif bagaimana cara berbisnis!

Nikmati kemudahan transaksi bisnis dan keuangan kamu dalam satu aplikasi hanya di KoinWorks NEO!

Download aplikasi KoinWorks dan mulai kembangkan asetmu sekarang!

Langganan via Email​

Dapatkan Tips dan Berita Keuangan Gratis di Inbox Anda​