Home » Strategi-bisnis » 5 Cara Mengatasi Kompetitor dalam Bisnis Kosmetik

5 Cara Mengatasi Kompetitor dalam Bisnis Kosmetik

5 Cara Mengatasi Kompetitor dalam Bisnis Kosmetik

Di dunia bisnis, kamu tidak akan pernah lepas dari kompetitor, termasuk jenis bisnis kosmetik yang memiliki banyak jumlah kompetitor di pasar. Kamu perlu menerapkan cara mengatasi banyaknya kompetitor dengan bijak tanpa merugikan pihak manapun. Jangan sampai hadirnya kompetitor justru membuat kamu minder dan tidak fokus.

Kompetitor dalam bisnis sebenarnya bisa memberikan banyak manfaat. Adanya kompetitor bisa membantu kamu lebih terpacu untuk mengembangkan bisnis, asal kamu menghadapi mereka dengan langkah dan strategi yang cerdas. 

Cara Mengatasi Banyaknya Kompetitor Bisnis

Fokus pada bisnis sendiri memang penting. Namun bukan berarti kamu bisa menutup mata terhadap banyaknya kompetitor di sekitar. Bagi para pemula, cara menghadapi kompetitor ini akan menjadi ilmu yang sangat bermanfaat agar bisa bertahan di bidang bisnis.

Berikut adalah 5 cara mengatasi banyaknya kompetitor di bidang bisnis kosmetik:

Kenali Kompetitor dengan Baik

Strategi penting dalam menghadapi kompetitor justru mengenalinya dengan baik. Ada pepatah mengatakan “keep your friends close and your enemies closer”. Dari kompetitor, kamu bisa mendapatkan banyak ilmu dan inspirasi untuk kebaikan pengembangan bisnismu sendiri. Jangan menjauh dari kompetitor yang justru bisa membawa banyak perkembangan untukmu. 

Kenalilah siapa kompetitormu dan lakukan analisa. Kenali siapa target pasar mereka, bagaimana cara mereka memasarkan produk, seperti apa mereka mengelola media sosial, dan lain sebagainya. Semua ini bisa jadi ilmu penting yang akan membawa kebaikan untuk bisnismu. Jika kamu mengenali kompetitor dengan baik, maka akan lebih mudah untuk menjadi lebih baik dari mereka. 

Ciptakan Keunikan

Kamu bisa ciptakan keunikan produk dalam bisnismu. Saat ini konsumen semakin cerdas menilai sebuah produk. Jika kompetitor di bidang bisnis kosmetik begitu banyak, maka kamu harus membuat produkmu lebih unik sehingga terlihat menonjol. Kamu harus punya keunikan yang membuat bisnismu berbeda dari bisnis kosmetik yang lain. 

Pada dasarnya, bisnis kosmetik punya peluang yang sangat bagus di pasar Indonesia. Produk kosmetik akan selalu dibutuhkan dan permintaannya juga cenderung tinggi. Namun tantangannya terletak pada kompetitor yang begitu banyak dan beragam. Tak masalah, selama kamu bisa menghadirkan keunikan dan identitas sendiri maka brand yang kamu hadirkan akan lebih mudah dikenali. 

Kenali Pelanggan Sendiri

Salah satu cara mengatasi banyaknya kompetitor di bidang bisnis kosmetik adalah dengan mengenali pelanggan sendiri. Tak perlu takut dengan adanya banyak kompetitor di luar sana. Setiap bisnis memiliki target pasar dan pelanggan masing-masing. Kamu hanya perlu mengenali siapa target pasar dan konsumenmu lalu mengoptimalkan keberadaan mereka sebaik mungkin. 

Jika kamu sudah mengenali pelangganmu, maka segera jalin hubungan yang baik. Coba untuk mempertahankan pelanggan lama dan rangkul lebih banyak pelanggan baru. Hadirkan produk, konten digital, maupun promosi yang sesuai dengan keinginan target pasarmu. Fokus pada konsumen yang sudah kamu miliki tanpa harus memikirkan sasaran pasar kompetitor. 

Berikan Penawaran Menarik

Coba untuk menghadirkan penawaran yang menarik kepada konsumen. Ini juga menjadi strategi jitu untuk menarik lebih banyak pembeli. Jika kompetitor di bidang bisnis kosmetik banyak, maka cari strategi yang bisa membuat kamu diburu banyak orang. Salah satunya dengan memberi penawaran terbaik. 

Sekarang ini konsumen semakin cerdas sebelum membeli produk. Mereka akan membuat banyak pertimbangan dan tak jarang mencari penawaran promo terbaik yang menguntungkan. Jika kamu bisa menghadirkan produk bagus dengan harga menarik, sudah pasti akan banyak pembeli yang datang. 

Tingkatkan Pemasaran

Selalu ada pembeli untuk produk yang kamu jual. Kamu hanya perlu melakukan teknik pemasaran yang tepat. Dengan adanya banyak kompetitor, kamu perlu menebar jaring lebih banyak lagi. Manfaatkan beragam jenis teknik pemasaran dan gunakan berbagai platform untuk menjual produkmu. 

Kamu juga bisa mengamati apa saja teknik pemasaran yang kompetitor gunakan. Cari tahu juga media penjualan apa saja mereka manfaatkan. Ini bisa menjadi inspirasi sehingga kamu dapat menjangkau metode pemasaran yang mungkin belum diakses oleh kompetitor. Kamu juga bisa menjual produk di platform yang sama atau lebih banyak daripada kompetitor.

Pelajari Kompetitormu Tapi Jangan Meniru!

Banyak hal yang bisa kamu pelajari dari kompetitor bisnis. Apalagi di bidang bisnis kosmetik seperti ini. Kompetitor dapat memberikan banyak inspirasi dan ilmu penting agar bisnismu bisa berkembang pesat. Tapi ingat, jangan pernah berusaha untuk meniru kompetitormu karena tindakan ini berbahaya. 

Boleh saja melakukan analisa kompetitor dalam mempromosikan produk, tapi jangan meniru konten-konten promosi mereka. Tindakan meniru seperti ini akan membuat bisnismu terlihat lebih buruk. Konsumen tidak akan bisa melihat keunikan atau perbedaan dari bisnismu. Akhirnya, tidak ada hal menarik yang akan membuat mereka ingin membeli produk. Justru mereka akan menganggap kompetitor jauh lebih unggul dari bisnismu. 

Terapkan berbagai cara mengatasi banyaknya kompetitor bisnis kosmetik yang sudah dibahas tadi. Mengelola bisnis memang tidak mudah dan penuh tantangan. Apalagi jika kamu sudah berhadapan dengan banyak kompetitor.

Tetaplah mencoba fokus pada tujuan sendiri dan ciptakan keunikan yang membuat brand-mu lebih menarik.


Lihat berbagai strategi tepat dan efisien untuk bisnis kosmetik kamu.

Bank digital khusus UKM pertama di Indonesia hadir untuk bantu segala keperluan bisnis dan keuanganmu.

Kemudahan berbagai layanan seperti bebas biaya transfer antar bank dan pinjaman modal tanpa agunan untuk bisnismu hanya dengan satu aplikasi! Pakai KoinWorks NEO sekarang!

[E-Book GRATIS] Dapatkan konten ekslusif seputar strategi bisnis di sini
DAFTAR SEKARANG!
Pilih E-book untuk kamu download.
Dalam Ebook ini mengulas:Cara mudah untuk pebisnis melakukan iklan Google Display Network berupa banner atau visual yang ampuh untuk meningkatkan penjualan.
Dalam Ebook ini mengulas:Membantu pebisnis mengetahui lebih banyak tentang performa promosi yang dilakukan di dunia digital terutamanya platform Facebook untuk menentukan audiens.
Dalam Ebook ini mengulas:Penggunaan Business Metrics/KPI yang tepat untuk melacak sejauh mana bisnis kita sudah berjalan dan seberapa banyak target dari usaha kita yang sudah tercapai.
Ingin tahu lebih lanjut, KoinWorks NEO mau kenalan sama kamu lebih dekat.
5 Cara Mengatasi Kompetitor dalam Bisnis Kosmetik

Langganan via Email​

Dapatkan Tips dan Berita Keuangan Gratis di Inbox Anda​