Home » Blog » Bisnis & UKM » Tips Memulai Usaha Pecel Lele dan Kiat Sukses Menjalankan Usahanya

Tips Memulai Usaha Pecel Lele dan Kiat Sukses Menjalankan Usahanya

·
4 menit
Tips Memulai Usaha Pecel Lele yang Sukses

Image Source: thegorbalsla.com

Saat ini semakin banyak orang yang tertarik untuk mencoba dunia bisnis. Beberapa diantaranya tertarik untuk terjun ke industri kuliner.

Usaha di bidang kuliner memang banyak dipilih karena dapat mendatangkan keuntungan yang cukup besar dengan modal awal yang paling sedikit.

Banyak pedagang kuliner bisa mendapatkan pengembalian modal hanya beberapa bulan setelah memulai bisnis. Seringkali bisnis pecel lele menjadi salah satu bisnis kuliner yang sering kita jumpai.

Warung pecel lele biasanya dijual di pinggir jalan dan buka dari sore hingga malam hari. Meski namanya pecel lele, namun ada pula yang menjual varian menu lainnya. Seperti nasi uduk dengan lauk ayam atau ikan dengan tambahan sambal dan lalapan.

Modal usaha pecel lele sendiri sangat bervariasi, sehingga banyak orang yang memulai usaha ini karena mereka terkadang hanya mempunyai modal sedikit.

Sebelum memulai bisnis tersebut, Kamu harus memahami berbagai alat dan perlengkapan yang kamu butuhkan untuk mendukung kelancaran bisnis kamu.

Mengapa memilih usaha pecel lele?

Menjalankan usaha pecel lele adalah pilihan yang tepat. Bukan tanpa alasan, pecel lele menjadi salah satu makanan favorit sebagian orang Indonesia.

Nasi panas dengan ikan lele merupakan kombinasi yang sangat cocok dipadukan dengan sambal dan lalapan.

Ada banyak alasan mengapa usaha pecel lele patut dicoba. Pertama-tama, bahan-bahan untuk membuatnya juga tidak susah.

Kemudian, proses pembuatannya relatif mudah dan cepat. Dua alasan inilah yang menjadi alasan banyak orang memilih pecel lele untuk makan malam. Sehingga banyak orang melirik usaha satu ini.

Bisnis pecel lele memiliki prospek yang bagus. Kamu bisa melihatnya dari keinginan masyarakat yang cukup tinggi. Jika diperhatikan, banyak warung pecel lele yang hampir tidak pernah sepi dikunjungi pembeli.

Kamu dapat mencoba ide ini untuk memulai bisnis Kamu sendiri. Dengan mendirikan tenda di lokasi yang strategis, Kamu akan menjadi salah satu pemilik warung pecel lele yang ramai pembeli.

Hal ini berbanding lurus dengan pendapat banyak orang bahwa usaha memasak merupakan salah satu bidang usaha yang menjanjikan dan memiliki prospek dalam jangka panjang.

Meski begitu, Kamu tetap harus memperhatikan banyak hal sebelum memutuskan untuk memulainya. Banyak faktor yang harus kamu pertimbangkan terlebih dahulu.

Perlengkapan dan peralatan yang kamu butuhkan

Saat memulai usaha pecel lele sebaiknya memperhatikan perlengkapan dan alat apa saja yang dibutuhkan.

Pertimbangkan untuk menggunakan peralatan dan perlengkapan pecel lele dengan baik agar dana yang dikeluarkan dapat ditentukan dengan benar tanpa ada kesalahan.

Umumnya peralatan dan perlengkapan bisa ditemukan di tempat-tempat yang bisa dijangkau banyak orang. Berikut ini adalah alat dan perlengkapan yang dibutuhkan.

  • Tenda

Tenda sangat penting, dan warung pecel lele di pinggir sangat membutuhkan tenda terhindar dari hujan.

Tenda dapat mencegah hujan yang turun atau kotoran agar tidak langsung terpapar ke pembeli yang makan di tempat.

Tenda dengan ciri khas sendiri juga bisa jadi pertanda bahwa tempat makan menjual pecel lele, sehingga banyak orang bisa mampir dan membelinya.

  • Gerobak

Untuk membantu jualan pecel lele kamu di pinggir jalan, maka kamu membutuhkan gerobak karena mempermudah kamu saat melayani pembeli.

Gerobak bisa kamu gunakan untuk menata ragam macam makanan yang disajikan untuk pembeli.

Biasanya penjual akan menata ragam dagangannya seperti ikan, ayam, tahu, tempe, dan sayur mayur di gerobak.

Sehingga adanya gerobak membuat rapi tampilan jualan dan dinilai bersih oleh pembeli. Gerobak yang dibutuhkan biasanya hanya satu, namun kamu juga bisa menambahkannya sesuai kebutuhan.

  • Kompor Gas

Ikan lele merupakan salah satu kuliner kuliner yang harus dimasak terlebih dahulu agar bisa disantap saat masih panas.

Oleh karena itu, diperlukan kompor gas untuk memasak ikan dan kemudian menyajikannya kepada pembeli.

Daging yang dijual dalam keadaan matang dan diungkap menggunakan bumbu lezat. Setelah itu perlu digoreng, dan bila persediaan tidak mencukupi, kompor gas dapat memenuhi berbagai kebutuhan penjualan, seperti sambal.

  • Peralatan lain

Peralatan menjadi pelengkap bagi penjual dan pembeli. Misalnya sendok, piring, etalase, termos, wajan, ulekan samba, pisau, wadah kecap, tusuk gigi, tisu, dll.

Apalagi, peralatan semacam ini sangat dibutuhkan untuk mempercepat perkembangan usaha pecel lele dan memenuhi kebutuhan pembeli. Perlengkapan yang lengkap akan membuat bisnis kamu terlihat lebih nyata dan lengkap.

  • Siapkan media promosi

Semua bisnis memang membutuhkan media promosi untuk menarik konsumen dalam membeli produk yang kamu buat.

Bisnis pecel lele di pinggir jalan juga membutuhkan media promosi yaitu spanduk. Spanduk bisa kamu ditempatkan di depan atau lokasi yang terdapat banyak orang sehingga mereka dengan mudah bisa membacanya.

Kiat sukses menjalankan bisnis pecel lele

Sebagai seorang pemula, memulai bisnis akan sulit jika kamu tanpa persiapan apapun. Tetapi Kamu tetap harus mencoba menarik pembeli dengan cara apa pun.

Kamu bisa mencoba bisnis pecel lele dengan orang-orang terdekat Kamu dan melihat apakah rasanya cocok untuk banyak orang. Ada beberapa kiat sukses memulai bisnis pecel lele.

  • Memiliki lokasi bisnis strategis

Lokasi memang menentukan penjualan, karena lokasi yang ramai akan membuat banyak orang tahu dan membelinya. Biasanya warung pecel lele di pinggir jalan, tapi ada juga yang membuka usahanya di toko.

Jika kamu ingin menarik pelanggan, pastikan kamu memilih lokasi di pinggir jalan yang strategis. Kamu bisa survey lokasi dulu sebelum memulai usaha kamu.

  • Memilih bahan baku makanan

Karena menjual makanan artinya kamu harus bisa memilih makanan yang tepat dan fresh agar enak saat sampai di tangan pembeli.

Bahan baku yang berkualitas tinggi akan menghasilkan rasa yang enak dan menarik banyak pembeli.

Biasanya penjual menggunakan bahan yang masih segar. Jika ada sisa bahan makanan, jangan kamu gunakan keesokan harinya.

Hal ini menyebabkan rasa dan aroma berbeda, bahkan pelanggan juga tau perbedaan tersebut.

  • Berikan pelayanan terbaik

Warung pecel lele tidak hanya menjual produk kuliner, namun juga jasa secara langsung. Layanan yang digunakan di sini ditujukan untuk pelanggan yang sedang berkunjung.

Layanan terbaik membuat pelanggan betah makan di tempat kamu dan merasa selalu diutamakan. Ketika pembeli datang, penjual harus ramah dan aktif menanyakan apa yang mereka butuhkan.

  • Pahami manajemen keuangan yang baik

Jika usaha pecel lele kamu sudah mendatangkan keuntungan dan usaha pecel lele sedang ramai, kamu jangan mudah berpuas diri.

Dengan menjaga keuangan dan modal Kamu seperti yang Kamu lakukan saat pertama kali membukanya, keuangan Kamu akan meningkat setiap bulan. Selama itu secara konsisten tertanam dalam pengelolaan keuangan Kamu.

Jangan sampai hasil usaha awal dan uang yang dikeluarkan pada saat mencari untung membuat uang kamu tak tentu arah. Ketika kamu bekerja keras maka memulai usaha pecel lele kamu bisa berkembang.

Miko
Dengan tulisan, Miko bisa membagikan banyak hal positif. Berkontribusi dalam pengembangan pengetahuan para pembaca membuatku bahagia.

Langganan via Email​

Dapatkan Tips dan Berita Keuangan Gratis di Inbox Anda​

Pinjaman bisnis sd 2M dapat CASHBACK GOPAY s/d Rp 9,9 Juta, Sikaaat