Home » Blog » Bisnis & UKM, Daily » Meningkatkan Daya Tarik Produk Agar Penjualan Meningkat, Ini Dia Caranya!

Meningkatkan Daya Tarik Produk Agar Penjualan Meningkat, Ini Dia Caranya!

·
4 menit
Bila daya tarik produk meningkat, penjualanmu akan meningkat di mata konsumen.

Ada beberapa strategi yang mesti dilakukan untuk meningkatkan daya tarik ke pembeli agar produk yang kamu jual banyak dibeli orang. 

Kamu bisa mengikuti cara-cara ini untuk mendukung usaha kamu.


Memanfaatkan Media Sosial 

Media sosial ini merupakan strategi yang ampuh buat kamu menjalin interaksi secara luas dengan calon pembeli produk kamu.

Apalagi di era internet ini, banyak kalangan masyarakat yang sangat aktif menggunakan media sosial seperti Instagram, Facebook, TikTok dan Twitter.

Jadi, yang mesti dilakukan untuk meningkatkan daya tarik ke pembeli yaitu manfaatkan media sosial kamu untuk memperkenalkan produk maupun jasa.

Banyak Mengeluarkan Promosi

Banyak mengeluarkan promosi, baik besar maupun kecil, menjadi langkah wajib tersendiri yang mesti dilakukan untuk meningkatkan daya tarik ke pembeli.

Kamu bisa mencoba membuat sebuah poster dengan desain atau layout semenarik mungkin, mudah dipahami, dibaca, dan diingat.

Sehingga, calon pembeli yang melihat produkmu akan mudah menerima informasi yang ada didalamnya dan tentunya dapat meningkatkan branding toko kamu.

Minta Ulasan Produk dari Konsumen yang Sudah Membeli

Ulasan maupun testimoni konsumen yang pernah membeli produk yang kamu tawarkan sangat mempengaruhi calon konsumen selanjutnya yang akan membeli produkmu.

Sehingga yang mesti dilakukan untuk meningkatkan daya tarik ke pembeli salah satunya yaitu harus memberikan layanan yang bagus dan memuaskan.

Hal tersebut menjadikan alasan agar konsumen memberikan ulasan yang positif dan menjadi acuan calon konsumen untuk membuat sebuah purchasing decision.

Memberikan Pelayanan Maksimal

Strategi ini memang sedikit tricky untuk dilakukan yaitu memberikan pelayanan maksimal maupun menggunakan cara yang berbeda dalam menyambut setiap pembeli.

Contohnya, mungkin kamu pernah berkunjung ke sebuah toko, kemudian disambut beberapa pelayan dan mengikutimu berkeliling toko.

Besar kemungkinan kamu jadi merasa risi dan tak leluasa untuk melihat-lihat.

Nah, cara yang benar yaitu membiarkan pelanggan berkeliling toko, tapi selalu siap siaga ketika pelanggan tersebut membutuhkan bantuan maupun bertanya. 

Melakukan Riset Pasar

Melakukan pengamatan mengenai tren yang disukai oleh pasar merupakan langkah penting yang mesti dilakukan untuk meningkatkan daya tarik produk kita di mata pembeli.

Tren pasar yang berubah-ubah harus diamati, sehingga strategi pemasaran yang kamu keluarkan akan tepat sasaran.

Contohnya, di dunia fashion model hijab yang ada berubah-ubah tiap tahunnya, sehingga produk yang dikeluarkan juga harus disesuaikan.

Menjual Produk-produk yang Lengkap

Melengkapi ragam barang dagangan adalah cara lain yang mesti dilakukan untuk meningkatkan daya tarik ke pembeli agar mau berbelanja di tokomu.

Pembeli yang melihat tokomu juga akan memiliki lebih banyak pilihan warna maupun model dan kemungkinan akan membeli lebih banyak.

Semakin lengkap barang yang dijual di tokomu, maka semakin besar pula peluang kamu untuk mendapatkan pelanggan baru, namun juga mempertahankan pelanggan lama.

Menawarkan Produk dengan Harga Terjangkau

Harga terjangkau merupakan salah satu hal yang dilirik para konsumen yang ingin membeli sebuah produk maupun jasa yang kamu tawarkan.

Menawarkan harga yang lebih terjangkau tersebut merupakan salah satu strategi yang mesti dilakukan untuk meningkatkan daya tarik ke pembeli.

Walaupun keuntungan dari produk kamu cuma sedikit, namun pembeli yang banyak akan memberikan kesan tersendiri yaitu memiliki pelanggan yang banyak.

Mendaftarkan Toko di Google Maps

Mendaftarkan toko kamu di Google Maps memberikan keuntungan, yaitu calon pembeli dapat mengetahui toko kamu menjual barang yang mereka butuhkan.

Selain itu, konsumen juga bisa mudah menemukan tokomu dengan bantuan navigasi yang telah tersedia di aplikasi Google Maps.

Apalagi jika lokasi usaha kamu tidak berada di tempat strategis, maka cara ini dapat mempermudah kamu menemukan konsumen.

Membangun Brand yang Kuat

Brand bukan hanya sebuah logo maupun tagline, namun brand bertujuan untuk menarik calon pembeli dan dapat meningkatkan loyalitas pelanggan.

Brand disini juga harus mengandung informasi yang berkaitan dengan produk maupun jasa yang akan kamu jual, tujuan usaha, dan kelebihan-kelebihannya.

Kamu juga harus membuat brand yang unik, kreatif, dan berbeda dari usaha-usaha kompetitor yang sudah ada sebelumnya, sehingga mudah diingat.

Membuat Logo yang Menarik

Logo perusahaan atau toko merupakan suatu gambaran yang dapat mendeskripsikan citra brand yang baik, tentunya dapat mewakili usaha kamu.

Strategi yang mesti dilakukan untuk meningkatkan daya tarik ke pembeli yaitu harus membuat logo menarik dan menempel dengan identitas usahamu.

Sehingga pembeli dapat mengingat dan tentunya akan tertarik untuk mencari tahu produk yang kamu tawarkan.

Berikan Informasi Secara Detail dan Lengkap

Calon konsumen yang akan membeli sebuah produk tentunya akan mencari informasi yang jelas, detail dan lengkap sesuai dengan kebutuhannya.

Maka, yang mesti dilakukan untuk meningkatkan daya tarik ke pembeli  yaitu pastikan kamu memberikan informasi selengkap-lengkapnya mengenai produk/jasa yang ditawarkan.

Contohnya pada penjualan online, informasi di deskripsi barang sangat penting sekali, sehingga para konsumen bisa cepat memutuskan membeli produk kamu.

Menentukan Lokasi yang Strategis

Bagian yang tidak kalah penting yang mesti dilakukan untuk meningkatkan daya tarik ke pembeli adalah menentukan lokasi yang strategis.

Lokasi yang strategis memungkinkan untuk lebih terlihat oleh calon konsumen, sehingga mendorong mereka melakukan pembelian dan penjualan dapat meningkat.

Sebagai contoh, apabila produk yang dijual adalah peralatan tulis maupun fotocopy, kamu dapat memilih lokasi yang berdekatan dengan sekolah maupun kampus.   

Evaluasi Bisnis Kamu

Strategi yang mesti dilakukan untuk meningkatkan daya tarik ke pembeli yaitu melakukan evaluasi terhadap bisnis kamu yang dilaksanakan secara rutin.

Evaluasi sendiri bertujuan untuk mengamati arus bisnis usahamu, apakah terjadi penurunan atau peningkatan, apakah sedang mengalami kerugian atau keuntungan kecil, dan sebagainya.

Sehingga, kamu dapat mengetahui langkah selanjutnya yang bisa kamu ambil untuk lebih meningkatkan usaha kamu dan meningkatkan daya tarik pembeli tersebut.

Mencoba Menawarkan Produk Tambahan

Beberapa pengunjung mungkin tidak sempat mengamati seluruh barang yang ada di tokomu, untuk mengatasinya kamu bisa menawarkan produk tambahan.

Pada akhir belanja, tawarkanlah produk lain, contohnya aksesoris maupun barang-barang lainnya yang bisa diletakkan di dekat tempat pembayaran.

Hal tersebut akan membuat pelanggan kamu berfikir bahwa di toko kamu mempunyai produk lengkap dan dapat bersaing dengan kompetitor lainnya.

Menggunakan Jasa Influencer

Dalam pemasaran digital di media sosial, strategi ini kerap kita lihat.

Walaupun membutuhkan biaya yang mahal, strategi ini dinilai lumayan efektif untuk mengenalkan produk kamu melalui influencer, seperti artis, selebgram, vlogger, dan sebagainya.

Mereka berpotensi untuk mengajak orang lain membeli produk kamu.

Apalagi bila influencer itu menggunakan produk kamu. 

Banyak fans yang akan tertarik mengikuti mereka dan membeli produk kamu.


Itulah cara-cara yang bisa digunakan untuk meningkatkan daya tarik produk kamu.

Semoga bermanfaat, ya!

Miko
Dengan tulisan, Miko bisa membagikan banyak hal positif. Berkontribusi dalam pengembangan pengetahuan para pembaca membuatku bahagia.

Langganan via Email​

Dapatkan Tips dan Berita Keuangan Gratis di Inbox Anda​

Pinjaman bisnis sd 2M dapat CASHBACK GOPAY s/d Rp 9,9 Juta, Sikaaat