Yang sering menjadi pertimbangan utama bagi calon peminjam dana di bank seperti misalnya produk KTA adalah tingkat suku bunga kredit. Bank memang memberlakukan bunga tinggi KTA untuk meminimalkan faktor resiko yang harus ditanggung bank. Selain itu kemudahan persyaratan yang harus dipenuhi nasabah juga menyebabkan bunga yang dibebankan menjadi tinggi. Hal ini berbeda dengan kredit yang syaratnya harus menyerahkan agunan di mana resiko bank hampir 0%.

Selain memberlakukan bunga tinggi, untuk mengantisipasi resiko lain seperti misalnya gagal bayar, bank juga memberi persyaratan jangka waktu yang relatif pendek untuk angsuran KTA, maksimal 5 tahun saja berbeda dengan kredit menggunakan jaminan yang jangka waktunya bisa mencapai belasan tahun. Terakhir besaran pinjaman KTA juga terbatas, yaitu mulai 3 juta rupiah hingga 200 juta rupiah, sekali lagi untuk menghindari resiko yang dapat merugikan pihak bank.

Bila terjadi kredit macet dimana peminjam tak mampu melunasi angsuran pinjamannya sesuai dengan kesepakatan maka bank akan mengirim penagih ke alamat yang bersangkutan. Bila tindakan bank ini tak berhasil maka bank berhak melayangkan gugatan perdata ke pengadilan dan pada umumnya akan dilakukan penyitaan terhadap aset milik peminjam.

Sesungguhnya selain bunga yang tinggi Anda juga perlu memperhatikan biaya administrasi pengajuan KTA karena tak kalah mencekik. Oleh karena itu sebelum memutuskan untuk mengajukan pinjaman pada bank dengan produk KTA benar-benar pertimbangkanlah apakah Anda memang harus meminjam dana. Mengajukan pinjaman untuk berbelanja atau memenuhi kebutuhan konsumtif seperti travelling, renovasi rumah, membeli alat elektronik, atau sejenisnya jelas tak dianjurkan. Dalam kondisi-kondisi darurat tertentu KTA memang bisa menjadi solusi seperti misalnya untuk kepentingan pengobatan, pendidikan, atau bila Anda pebisnis yang tiba-tiba menangkap peluang usaha dan membutuhkan dana segar dalam segera.

Lalu bagaimana cara memilih produk KTA terbaik? Inilah rekomendasi beberapa produk KTA dengan bunga rendah dari beberapa bank terkemuka di tanah air.

Bank Central Asia Tbk (BCA)

Bank tersebut menyediakan produk KTA yang menyediakan pinjaman hingga mencapai jumlah maksimal 100 juta dengan jangka waktu angsuran mencapai 3 tahun atau 36 bulan. Penerapan suku bunga sangat bervariasi tergantung dari tenor pinjaman nabasah. Jumlah suku bunga adalah antara 12% sampai dengan 12.84% setiap tahunnya atau dalam perhitungan bulan adalah 1% hingga 1.07%. Yang berhak mengajukan produk KTA ini adalah nasabah BCA yang memegang kartu kredit dengan waktu pemakaian minimal selama 1 tahun dan dapat membayar tagihannya dengan lancar. Selain itu nasabah yang pembayaran gajinya ditransfer melalui bank BCA.

Bank Australia and New Zealand ANZ

Produk KTA dari bank ini merupakan inovasi terbaru dimana nasabah bisa mengakses KTA dengan sangat praktis yaitu melalui ATM dengan menggunakan kartu bank. Anda bisa mendapatkan pinjaman KTA mulai dari 4 juta rupiah sampai dengan 200 juta rupiah serta dengan jangka waktu pelunasan kredit mulai dai 3 hingga 60 bulan. Keunggulan dari produk ini bagi nasabah adalah, beban bunga tetap alias flat bagi nasabah sebesar apa pun pinjaman yang diajukan yaitu 0.99% atau berkisar 11.88% per tahun. Tak terlalu tinggi, bukan?

Bank Negara Indonesia (BNI)

Perusahaan negara ini menyediakan dua produk KTA dengan bunga rendah. Yang pertama adalah BNI Fleksi KTA yang dapat memberikan pinjaman minimal 5 juta rupiah dan maksimal 100 juta rupiah dengan jangka waktu yang cukup fleksibel, yaitu paling lama 5 tahun. Suku bunga yang diberlakukan adalah antara 10.5% – 12.5% per tahun atau dalam perhitungan bulan adalah 0.87%  -0.041% per bulan. Bunga yang diberlakukan bergantung pada jangka waktu angsuran.

Produk KTA kedua dari BNI adalah Cerdas KTA yang khusus menyediakan pinjaman untuk tujuan biaya pendidikan anak sampai dengan 200 juta. Tenor pinjaman produk yang kedua ini lebih pendek yaitu maksimal selama 3 tahun saja walaupun plafonnya lebih besar. Bunganya pun sedikit lebih tinggi bila dibandingkan produk yang pertama yaitu antara 0.96% – 1.041% per tahun atau 11.5% – 12.5% per tahun.

Nah, demikianlah informasi tentang produk-produk KTA terbaik yang bisa menjadi alternatif solusi masalah keuangan Anda selain ulasan mengenai penyebab diberlakukannya bunga tinggi KTA pada bank. Semoga bermanfaat!


Simulasi Pinjaman Modal Usaha

Jumlah Pinjaman

Suku Bunga/Tahun (% APR)

Jangka Waktu (Tahun)


Hasil
Bunga Pinjaman
Pokok + Bunga

Cicilan Bulanan:

Syarat Pengajuan Pinjaman di KoinWorks



Hitung Efek Compounding Investasi Anda

Investasi Awal:
Investasi Bulanan:
Suku Bunga per Tahun (%):
Jangka Waktu (Tahun):



Total Investasi:
Future Value:
Bunga Keuntungan:
Daftar Dapat 150.000

(*) KOIN, Khusus Pendaftar Baru


Download Aplikasi KoinWorks

apple app store iosgoogle play store android app

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.