Pinjaman Karyawan: Solusi Kesehatan Finansial Karyawan

pinjaman karyawan

Selain kesehatan fisik, kesehatan finansial juga tak kalah penting, lho. Maka dari itu, tak sedikit perusahaan yang berupaya membantu karyawannya dalam membangun kesehatan finansial melalui employee loan atau pinjaman karyawan. 

Apa itu pinjaman karyawan?

Simak info lengkapnya di artikel ini, ya!


Apa itu Pinjaman Karyawan?

Pinjaman karyawan adalah sejumlah dana yang dipinjamkan perusahaan untuk membantu karyawannya. Layaknya pinjaman pada umumnya, karyawan diharapkan untuk membayar kembali pinjaman sesuai dengan jangka waktu yang ditentukan.

Biasanya, pinjaman karyawan diberikan sebagai salah satu upaya perusahaan untuk membantu karyawan membangun kesehatan finansialnya. 

Selain itu, dari sisi perusahaan pinjaman karyawan juga menjadi strategi perusahaan untuk mempertahankan karyawan-karyawan terbaiknya. 

Sedangkan dari sisi karyawan, berdasarkan PwC Employee Financial Wellness Survey tahun 2022 diketahui bahwa 76% karyawan lebih tertarik dengan perusahaan yang peduli dengan kesejahteraan karyawannya


Mengukur Kesehatan Finansial Karyawan

Sebelum menyetujui pinjaman karyawan, perusahaan biasanya akan mengukur kesehatan finansial karyawannya terlebih dahulu. Hal ini bertujuan untuk mengetahui kondisi keuangan serta alasan mengajukan pinjaman

Untuk mengukur kesehatan finansial karyawan terdapat beberapa metrik yang dapat digunakan, di antaranya:


1. Absensi Karyawan

Menurut Society for Human Resource Management (SHRM), kesehatan finansial yang buruk bisa menyebabkan peningkatan 34% dalam ketidakhadiran dan keterlambatan.

Tak hanya itu, karyawan yang memiliki masalah keuangan juga bisa absen dua kali lebih banyak dibandingkan dengan rekan kerja mereka yang tidak stres, lho. Oleh karena itu, absensi dapat menjadi salah satu yang diperhatikan untuk mengukur kesehatan finansial karyawan.


2. Tetap Bekerja Saat Sakit Fisik atau Mental

Selain memilih absen, ada pula karyawan yang mengalami stres finansial namun tetap datang untuk bekerja, lho. 

Walaupun tampak tak begitu buruk, hal tersebut akan sangat mempengaruhi menurunnya performa karyawan

Itulah mengapa hal ini menjadi salah satu hal yang diperhatikan dalam mengukur kesehatan finansial karyawan dengan harapan bahwa pinjaman karyawan bisa menjadi solusi masalahnya.


3. Data Iuran Pensiun

Penangguhan atau nominal iuran pensiun karyawan yang berkurang juga dapat menjadi indikator seorang karyawan mengalami kesulitan finansial, lho. 

Hal tersebut menjadi salah satu tanda bahwa karyawan merasa terjepit dan mengalami masalah keuangan.


Alasan Karyawan Mengajukan Pinjaman

Meskipun sama-sama mengalami masalah keuangan, bukan tak mungkin karyawan memiliki alasan yang berbeda-beda. 

Berikut adalah daftar alasan karyawan mengajukan pinjaman karyawan.


1. Membeli atau Mengganti Kendaraan

Setelah beberapa tahun bekerja, karyawan bisa saja harus menghadapi kondisi di mana kendaraannya sudah tidak layak untuk digunakan lagi sehingga perlu meminjam dari perusahaan. 

Dengan kendaraan baru, karyawan bisa lebih nyaman ketika pergi bekerja, suasana hati menjadi lebih baik, dan memberikan performa yang baik dalam bekerja.


2. Biaya Pengobatan

Sakit merupakan salah satu kondisi yang tidak direncanakan datang dan tidak dapat dihindari. Ketika karyawan jatuh sakit, otomatis produktivitasnya pun akan menurun.

Meskipun perusahaan telah memberikan jaminan kesehatan, bukan tidak mungkin karyawan akan membutuhkan biaya pengobatan yang tidak tercover oleh jaminan kesehatan. Itulah mengapa biaya pengobatan menjadi salah satu alasan seorang karyawan mengajukan pinjaman.


3. Dana Ibadah

Dalam memenuhi panggilan ibadah, seperti umrah, haji, maupun upacara keagamaan, seorang karyawan seringkali menjadi terdesak untuk meminjam dana kepada perusahaan. 

Memang hal tersebut bukanlah suatu kewajiban, namun jika karyawan merasa mampu membayar pinjamannya atau sudah mengatur keuangannya dengan bijak sah-sah aja kok untuk mengajukan pinjaman.


4. Biaya Perjalanan

Di musim mudik atau libur panjang, karyawan yang berasal dari luar daerah tentu akan memerlukan biaya perjalanan yang besar jika ingin pulang ke kampung halamannya. 

Nah, alasan ini biasanya dapat diizinkan untuk mengajukan pinjaman ke perusahaan selama karyawan merasa mampu untuk membayar pinjamannya.


Solusi Membantu Karyawan Mencapai Kesehatan Finansial

Perusahaan dapat memanfaatkan alternatif pendanaan yang sehat untuk mengatasi masalah kesehatan finansial yang dihadapi oleh karyawan. 

Untuk menjawab permasalahan tersebut, KoinWorks memiliki satu layanan bagi perusahaan yang ingin memberikan salary advance untuk karyawannya yang membutuhkan dana tunai secara cepat. Layanan ini dikenal dengan KoinGaji

KoinGaji dari KoinWorks menawarkan manfaat yang bisa dirasakan oleh pihak perusahaan, yaitu sebagai fasilitas finansial karyawan, tidak mengganggu arus kas perusahaan, meningkatkan produktivitas karyawan, praktis dan hemat waktu, serta keamanan data yang terjaga. 

Sedangkan bagi karyawan, KoinGaji memberikan manfaat berupa bunga 0% atau layanan tanpa bunga, biaya administrasi rendah, yaitu 2%, pencairan cepat, dan pembayarannya yang mudah. 

Gimana? Menarik, bukan?

Sekarang saatnya say goodbye dengan masalah keuangan yang mengganggu produktivitas dan pekerjaan kamu. Serahkan pada KoinGaji. 

Info lengkap mengenai KoinGaji bisa kamu simak di artikel ini, ya.

Sedangkan untuk tahu cara kerja KoinGaji bisa kamu pelajari di sini.

Dapatkan berbagai informasi seputar Investasi & Keuangan Pribadi dan Daily lainnya hanya di KoinWorks.

Tentang Penulis
Gina Valerina

Gina Valerina

Gina began her professional journey within the realm of finance, accumulating a wealth of invaluable insights and hands-on experiences. Building upon this extensive background, she uses her expertise to carefully create informative articles. Each article is born from in-depth research and her unwavering dedication to providing her audience with well-verified insights.
Kalkulator finansial untuk hitung kebutuhan kamu

Hitung semua keperluan finansial kamu cukup di satu tempat

Punya uang Rp.100 Ribu? Mulai pendanaan sekarang dan dapatkan keuntungan hingga 14,5%.