Home » Blog » Daily, KoinGaji » 4 Hal Ini Membuat Karyawan Bahagia dan Lebih Produktif

4 Hal Ini Membuat Karyawan Bahagia dan Lebih Produktif

·
3 menit
Karyawan Bahagia

4 Hal Ini Membuat Karyawan Bahagia dan Lebih Produktif – Karyawan merupakan bagian terpenting dalam sebuah perusahaan, karena tanpa adanya karyawan maka perusahaan tidak akan dapat beroperasi.

Menempatkan karyawan pada posisi penting merupakan suatu keharusan, karena karyawan bukanlah mesin yang tidak memiliki rasa.

Banyak perusahaan yang menuntut karyawannya untuk mencapai target ini dan itu tapi perusahaan tidak berusaha untuk membuat karyawan bahagia.

Percaya atau tidak, ketika karyawan bahagia maka mereka akan menjadi lebih produktif dan kreatif.


Beberapa hal yang bisa membuat karyawan bahagia, antara lain:

1. Jalin Komunikasi yang Baik

Salah satu penyebab pekerjaan kurang mendapatkan hasil yang maksimal adalah apabila sering terjadi missed communication dalam sebuah tim, baik itu antar staff atau antara pimpinan dan staffnya.

Kunci utama keberhasilan sebuah pekerjaan terletak pada komunikasi.

Ya, bagaimana cara pimpinan menyampaikan maksud dan tujuannya, dan bagaimana para staff memvisualisasikan apa yang harus mereka kerjaan untuk mencapai maksud yang diinginkan oleh perusahaan.

Selain perihal pekerjaan, ada baiknya dalam sebuah tim untuk membangun komunikasi secara personal supaya bisa lebih mengenal satu sama lain.

Ketika hubungan antar tim menjadi sangat baik, maka setiap pekerjaan yang diberikan tidak akan terasa berat karena mereka merasa nyaman dalam mengerjakan pekerjaan tersebut bersama-sama.

Rasa nyaman bekerja dalam tim bisa membuat karyawan bahagia dan tidak terbebani oleh pekerjaannya.


2. Pengembangan Diri

Setiap perusahaan harus memberikan kesempatan pada karyawan untuk mengembangkan kemampuan mereka dengan mengikuti pelatihan atau seminar yang diadakan oleh perusahaan.

Melakukan pekerjaan yang sama setiap hari pastinya akan mendatangkan rasa jenuh, tapi apabila para karyawan diberi kesempatan untuk mempelajari hal-hal baru terkait pekerjaan mereka, maka rasa jenuh tersebut bisa dihindari ataupun diatasi.

Banyak sekali perusahaan yang menanggap remeh sebuah pelatihan untuk para karyawannya, padahal mengadakan sebuah pelatihan bisa dianggap sebagai sebuah perhatian lebih yang diberikan oleh perusahaan kepada karyawan sehingga akan menghasilkan karyawan bahagia yang semakin produktif ke depannya.

Baca juga : Cara Meningkatkan Kinerja Karyawan dan Indikatornya


3. Peraturan yang Fleksibel

Setiap perusahaan pasti memiliki peraturan, ada yang sifatnya sangat mengikat tapi ada juga yang sifatnya fleksibel.

Di zaman seperti sekarang, para karyawan lebih memiliki untuk bekerja di perusahaan yang memiliki peraturan fleksibel seperti yang ada pada perusahaan-perusahaan startup.

Mengapa?

Karena pada dasarnya mindset yang ada pada karyawan zaman sekarang sangatlah berbeda dengan mindset karyawan pada zaman dahulu.

Karyawan zaman sekarang memiliki jiwa bebas yang sebenarnya tidak terlalu suka diatur-atur.

Yang terpenting untuk mereka adalah mereka akan mengerjakan semua pekerjaan dengan sangat bertanggung jawab dan sesuai dengan target yang diminta oleh karyawan.

Dengan adanya peraturan yang fleksibel bukan berarti karyawan akan menjadi semena-mena, tapi peraturan fleksibel akan meningkatkan rasa tanggung jawab pada diri karyawan untuk memberikan hasil maksimal kepada perusahaan yang telah memberikan kepercayaan kepada mereka.


4. Perhatikan Kesejahteraan Karyawan

Jika perusahaan ingin membuat karyawan bahagia, maka perhatikanlah kesejahteraan mereka.

Misalnya saja gaji, tunjangan, bonus ataupun jatah cuti.

Memang, terkesan sangat klasik tapi perusahaan yang memperhatikan kesejahteraan para karyawan akan memiliki angka turnover atau pergantian karyawan yang lebih rendah.

Kamu pasti pernah mendengar atau mungkin mengalami sendiri ingin mengundurkan diri dari perusahaan karena gaji yang tidak pernah naik atau tidak pernah mendapat bonus padahal kamu sudah bekerja cukup lama dan mencapai target.

Ya, hal ini bisa sangat sering terjadi.

Oleh karena itu, memberikan kesejahteraan terhadap karyawan tentunya akan membuat karyawan bahagia dan betah bekerja di sebuah perusahaan.


Perusahaan juga bisa memberikan perhatian lebih dengan memberikan bantuan finansial kepada karyawan, karena setiap karyawan memiliki kebutuhan yang berbeda.

Misalnya saja dengan melakukan pencairan gaji lebih awal bagi karyawan yang membutuhkan.

KoinWorks melalui KoinGaji memberikan kesempatan pada perusahaan untuk memberikan pencairan gaji lebih awal kepada karyawan tanpa harus mengganggu cash flow perusahaan.

Bagaimana caranya?

Yuk, unduh aplikasi KoinWorks untuk mendapatkan info lebih lengkap tentang KoinGaji!


 

Gina Valerina
Beware of little expenses, a small leak will sink a great ship - Benjamin Franklin

Langganan via Email​

Dapatkan Tips dan Berita Keuangan Gratis di Inbox Anda​