Home » Blog » Gaya Hidup » Sikap dan Cara Meningkatkan Kemampuan Berkomunikasi Agar Lebih Berkarisma

Sikap dan Cara Meningkatkan Kemampuan Berkomunikasi Agar Lebih Berkarisma

·
6 menit
Meningkatkan Kemampuan Berkomunikasi

Menjadi pribadi yang penuh dengan daya tarik atau karisma tidak harus dengan pakaian mewah, uang, ketampanan, dan fasilitas yang dimiliki, tapi bisa juga dinilai dari kemampuan berkomunikasi.

Tidak hanya itu saja, sebuah studi yang dilakukan oleh Profesor Kenneth Levine dari University of Tennessee menemukan bahwa orang yang berkarisma memiliki beberapa kriteria yaitu empati, keterampilan mendengarkan, kontak mata, antusias, dan kepercayaan diri.

Ciri-ciri di atas ternyata bukan bakat dan siapa saja bisa mempelajarinya.


Tips membangun keterampilan dan kemampuan berkomunikasi 

Belajar Untuk Bertanya

Semua percakapan yang baik dimulai dengan sebuah pertanyaan.

Berikan beberapa pertanyaan kepada lawan bicara untuk membangun hubungan yang lebih baik lewat komunikasi.

Hal yang penting untuk diperhatikan adalah jangan terlalu banyak mengajukan pertanyaan yang bisa membuatnya terlihat seperti interogasi.


Mulai Dengan Kejujuran

Orang yang berkarisma cenderung terbuka dan sangat jujur dengan lawan bicara mereka. Kejujuran yang disampaikan ternyata menarik lebih banyak orang.

Saat kamu mencoba untuk jujur, pada awalnya akan terasa sangat aneh dan dibutuhkan latihan untuk membiasakannya.

Belajar untuk menertawakan diri sendiri dan kesalahan yang pernah dilakukan.

Bersikap jujur artinya kamu melihat diri sendiri memiliki kesalahan dan kekurangan bersamaan dengan keahlian dan bakat yang dimiliki.

Saat kamu berbicara dengan jujur akan lebih banyak orang yang mencari untuk mendapatkan saran dan pendapat.


Tunjukkan Kerentanan kamu

Sebagian besar orang cenderung menghindar dari hal-hal yang bisa membuat mereka terlihat lemah dan malu.

Hal yang tidak kamu pahami adalah semua orang pasti membuat kesalahan dan tidak perlu takut untuk memperlihatkan kelemahan dengan menceritakan kisah yang memalukan.

Menunjukkan kerentanan kepada orang lain membuat kamu terlihat lebih mudah didekati dan bisa berhubungan dengan orang lain.

Rangkul setiap kelemahan dan bagikan kisah-kisah tersebut untuk membantu kamu terhubung dengan orang lain.


Buatlah Orang Lain Merasa Istimewa

Semua orang pasti senang berada di sekitar orang-orang yang bisa membuat mereka merasa istimewa.

Mulailah untuk meningkatkan kecerdasan emosional atau EQ agar bisa membuat orang lain merasa penting saat berhubungan dengan kamu.

Saat berkomunikasi dengan orang lain mulailah dengan senyuman yang tulus, lakukan kontak mata dengan mereka, dan tidak hanya sekedar mendengarkan.

kamu harus tertarik dengan apa yang mereka katakan dan terlibat sepenuhnya dalam percakapan.

Ingat setiap detail kecil dalam percakapan seperti apa yang dia sukai dan lain sebagainya. Hal detail ini bisa kamu gunakan saat melakukan percakapan di lain waktu dengan mereka.

Memperhatikan dan mengingat hal detail membuat orang lain merasa dihargai dan istimewa.

Menerapkan teknik berkomunikasi seperti yang disampaikan di atas membuat kamu menjadi pribadi yang jauh lebih berkarisma.

Karisma yang dimiliki bisa digunakan untuk memberikan pengaruh kepada orang lain dan hal ini tentu saja sangat penting dimiliki terutama bagi kamu yang menempati posisi kepemimpinan.


Sikap Dalam Berkomunikasi

Untuk meningkatkan kemampuan berkomunikasi ada beberapa sikap yang harus kamu pelajari supaya audiens bisa lebih memperhatikan, dan mengerti pesan yang kamu sampaikan.

Beberapa sikap itu diantaranya:

Ramah

Tunjukan sikap dan ekspresi ramah. 

Tahukah kamu? Memberikan senyuman kepada lawan bicara merupakan salah satu cara ampuh untuk membuat lawan bicara betah mendengarkan pesan yang kita sampaikan. 

Terlebih lagi ketika kamu sedang melakukan presentasi dalam pekerjaan, menunjukkan sikap ramah akan membuat audiens lebih nyaman ketika mendengarkan.


Yakin

Pernahkah kamu bertemu dengan seseorang yang terlihat tidak yakin ketika menyampaikan sebuah informasi?

Sikap yakin merupakan salah satu hal penting jika ingin meningkatkan kemampuan berkomunikasi.

Selain itu menunjukkan sikap yakin dalam berbicara menjadi penting, terlebih lagi ketika kamu sedang melakukan usaha persuasi terhadap lawan bicara kamu. 

Sebagai contoh, ketika kamu harus bertemu dengan klien untuk menawarkan sebuah jasa atau produk, sebisa mungkin bersikap yakin pada setiap kalimat yang kamu sampaikan.

Percaya atau tidak, lawan bicara bisa merasakan seberapa yakin kamu dengan informasi yang kamu sampaikan. 

Apabila kamu saja tidak yakin dengan apa yang kamu sampaikan, bagaimana orang lain bisa yakin terhadap informasi tersebut?


Empati

Perbedaan pendapat dalam sebuah komunikasi merupakan hal yang wajar.

Namun, terkadang orang cenderung tidak bisa menerima perbedaan pendapat tersebut. 

Menjadi pembicara yang baik adalah ketika kamu bisa menerima masukan ataupun kritik dari lawan bicara kamu ketika berada dalam sebuah diskusi. 

Meskipun kamu tidak setuju dengan ucapan lawan bicara kamu, namun usahakan untuk tidak memotong pembicaraan di tengah pendapat yang sedang mereka sampaikan.

Ketika kamu tidak setuju dengan pendapat tersebut, kamu juga bisa menggunakan kata-kata seperti:

“Pendapat tersebut sebenarnya cukup baik, namun menurut saya …” 

Menggunakan kalimat seperti itu akan lebih menunjukkan rasa empati kamu kepada lawan bicara dibandingkan langsung menolak pendapat tersebut.


Cara Mengatasi Kesulitan Berkomunikasi

Kamu mungkin merasa kesulitan untuk menyampaikan sudut pandang kepada pimpinan perusahaan atau rekan kerja.

Atau merasa sulit menghubungi teman dan berbicara dengan mereka tentang masalah yang penting. 

Hal yang kamu rasakan adalah membuat orang lain sulit memahami apa yang sedang dikatakan.

Hal yang perlu dipahami di sini adalah komunikasi yang terjadi harus diperlakukan sebagai dialog, bukan monolog. 

Itu artinya, bukan hanya kamu yang berpartisipasi dalam percakapan tersebut.

Ada pertukaran informasi yang melibatkan kedua belah pihak secara setara. Kamu juga harus bisa mengkombinasikan sinyal verbal dan non-verbal untuk memastikan ide-ide disampaikan secara efisien.

Mengembangkan keterampilan berkomunikasi membutuhkan latihan dan kemauan untuk menjadi lebih baik.


Memberikan Waktu dan Perhatian dalam Percakapan Penting

Komunikasi yang efektif membutuhkan waktu dan pesan yang disampaikan harus dalam kesempatan yang tepat. 

Hal ini sangat tergantung pada tingkat kepentingan komunikasi yang akan kamu lakukan.

Misalnya saja seperti ini, jika kamu ingin berkomunikasi dengan atasan tentang kenaikan gaji, maka jangan melakukan hal ini saat sedang berjalan di lorong kantor atau saat sedang makan siang bersama.

Solusi yang bisa dilakukan adalah membuat jadwal pertemuan dan memastikan Anda bisa memperhatikan percakapan tanpa gangguan.

Kapan saja kamu ingin menyampaikan pesan yang penting, maka berikan waktu dan perhatian yang pantas sebelum berkomunikasi.


Lakukan Kontak Mata dengan Lawan Bicara

Hal yang tidak kamu pahami adalah akan ada banyak informasi dan emosi yang bisa disampaikan hanya dengan menatap mata seseorang.

Menatap mata tidak dengan cara yang menakutkan, tetapi untuk memastikan kamu tetap terhubung dengan orang lain selama percakapan sedang berlangsung.

Menatap lawan bicara akan membuat kamu terlihat menghormati dan peduli dengan mereka untuk tetap terhubung dalam percakapan.

Melakukan kontak mata merupakan keterampilan berkomunikasi yang penting untuk dilakukan.


Menggunakan Bahasa Tubuh yang Baik Selama Berbicara

Hal ini akan sangat bermanfaat untuk mencerminkan perawakan orang yang sedang Anda ajak berbicara.

Kamu bisa menurunkan diri menjadi lebih rendah saat sedang berbicara dengan anak-anak. Atau bisa juga dengan duduk dan berdiri tegak saat sedang berbicara dengan orang dewasa.

Lakukan gerakan tubuh saat sedang berkomunikasi dengan lawan bicara.

Jika kamu harus menggerakkan tangan saat berbicara, maka perhatikan efek yang bisa ditimbulkan pada orang lain dan jangan lupa memperhatikan reaksi lawan bicara kamu.


Alasan Pentingnya Meningkatkan Kemampuan Komunikasi

Perlu dipahami bahwa keterampilan berkomunikasi merupakan komponen yang penting di dalam kehidupan.

Kemampuan komunikasi berhubungan dengan bisnis, karir, membangun koneksi, persahabatan, dan bisa memperkuat ikatan keluarga.

Berikut ini beberapa alasan mengapa kamu harus meningkatkan kemampuan dalam berkomunikasi:

Menciptakan Kesan Pertama yang Baik

Kesan pertama sangatlah penting karena biasanya kesan pertama akan menentukan hubungan selanjutnya di antara kamu dengan orang yang kamu temui. 

Memiliki kemampuan berkomunikasi yang baik akan membuat orang lebih mudah untuk memahami kamu, oleh karena itu kesan pertama yang mereka dapatkan tentang dirimu akan menjadi kesan pertama yang positif.


Membangun Hubungan Lebih Baik

Membangun hubungan yang lebih baik sangat penting untuk pertemanan dan hubungan dengan atasan. Tidak hanya itu saja, kamu juga bisa menciptakan kemitraan yang saling menguntungkan dengan hubungan bisnis.

Hubungan yang baik didapatkan dengan melakukan keterampilan berkomunikasi yang baik, misalnya dengan cara mendengarkan, menggunakan kalimat yang baik, dan bahasa tubuh yang mendukung.


Menonjol Dalam Karir

Saat ini banyak perusahaan yang mengharuskan karyawan mereka untuk mengambil tanggung jawab yang lebih besar, misalnya saja mengikuti rapat kerja dan melakukan presentasi di depan banyak orang.

Jika kamu tidak terbiasa dan tidak memiliki keterampilan berkomunikasi yang baik, maka hal seperti ini bisa saja membuat gugup dan kamu tidak bisa melakukannya dengan optimal.

Padahal agar bisa maju dan berkembang di dalam karir, kamu perlu memiliki keterampilan berkomunikasi yang baik.

Kemampuan berkomunikasi akan membantu kamu untuk menjual kemampuan, membangun hubungan, dan mendapatkan rasa hormat serta kepercayaan yang lebih baik.


Membuat Banyak Orang Tertarik

Berdasarkan ilmu psikologis, orang yang memiliki keterampilan berkomunikasi yang baik akan lebih mudah untuk disukai oleh orang lain.

Alasannya sangat sederhana, sebab komunikasi yang baik sangat berkaitan erat dengan kepemimpinan dan kemampuan mereka.

Kualitas seperti inilah yang membuat orang lain merasa tertarik dengan orang yang memiliki kemampuan komunikasi yang baik.

Dengan mengembangkan dan mendemonstrasikan kemampuan komunikasi yang baik, maka kamu bisa memposisikan diri sebagai seorang pemimpin yang membuat orang lain tertarik.


Menjadi Pendengar yang Baik

Meskipun banyak yang menyukai orang dengan kemampuan berbicara yang baik, namun jika kamu melakukannya secara berlebihan orang tidak akan suka dengan hal ini.

Tidak semua orang suka dengan mereka yang terlalu mencari perhatian. 

Keterampilan berkomunikasi yang baik sangat berhubungan dengan kemampuan untuk mendengarkan.

Mendengarkan orang berbicara menunjukkan bahwa kamu tertarik dengan orang yang sedang diajak berbicara.

Hal ini juga menunjukkan bahwa kamu peduli dengan pendapat orang lain dan tidak memikirkan diri sendiri.

Percakapan dan komunikasi yang baik adalah saat kedua belah pihak merasa terlibat di dalamnya.

Penjelasan di atas menunjukkan bahwa membangun kemampuan untuk mendengarkan akan membuat kamu menjadi orang yang disukai banyak orang.

Kemampuan berkomunikasi menjadikan seseorang lebih baik dalam menyampaikan ide, membangun hubungan dengan orang lain, mempromosikan sesuatu, dan juga bisa meningkatkan kepercayaan orang lain.

Semua faktor di atas sangat bermanfaat dalam kehidupan kamu, terutama untuk bisa sukses di dalam sebuah pekerjaan yang sedang dilakukan. 

Meningkatkan kemampuan dalam diri merupakan sebuah investasi untuk mendapatkan kehidupan dan karier yang lebih baik. 

Selain itu, investasi dalam bentuk materi juga cukup penting untuk menjamin kehidupan masa tua.

Salah satu instrumen investasi paling aman adalah emas, dan kabar baiknya adalah melalui KoinGold kamu bisa membeli emas mulai dari Rp. 1000 saja. 

Cari tahu selengkapnya tentang KoinGold di sini.

Simulasi Pendanaan KoinWorks
  • 1
  • 2
  • 3
  • 4
Ketahui profil risiko investasi Anda
Profil Risiko

Berdasarkan hasil profiling kami, maka risiko investasi yang cocok untuk Anda adalah dengan imbal hasil hingga .

Jumlah dan Jangka Waktu Investasi

Masukkan jumlah dan jangka waktu pendanaan untuk mensimulasikan diversifikasi dan imbal hasil yang akan kamu dapat.

Rp ,00
Rp ,00
Perkenalkan diri Anda

Kami akan memberikan informasi mengenai promo KoinWorks setiap bulannya ke email Anda.

+62
Rekomendasi Diversifikasi

Dengan modal awal Rp dan tambahan Rp tiap bulan, maka rekomendasi diversifikasimu adalah sebagai berikut:

Dana awal:
Tiap bulan:
Dana awal:
Tiap bulan:
Dana awal:
Tiap bulan:
Dana awal:
Tiap bulan:
Dana awal:
Tiap bulan:
Dana awal:
Tiap bulan:
Dana awal:
Tiap bulan:
Dana awal:
Tiap bulan:

Dengan imbal hasil sebesar per tahun, setelah tahun maka perkiraan pengembalian uangmu adalah sebagai berikut

Rp,-

Mulai Mendanai

Mulai lakukan pendanaan di aplikasi KoinWorks sekarang dan dapatkan gratis KOIN (dana percobaan) sebesar Rp350.000,- untuk Anda gunakan di KoinP2P

Install Aplikasi KoinWorks
Gina Valerina
Beware of little expenses, a small leak will sink a great ship - Benjamin Franklin

Langganan via Email​

Dapatkan Tips dan Berita Keuangan Gratis di Inbox Anda​

Waah, dapet modal awal 475 ribu pas daftar :), kode promo BUTUHUANG