5 Tips yang Membantu Para Pemimpin Mencapai Tujuan – Agar bisa mencapai sasaran yang akan dituju, seorang pemimpin harus bekerja sama dengan anggota tim yang lain untuk mencapai tujuan tersebut.

Hal yang menjadi permasalahan adalah banyak pemimpin memiliki sejumlah tujuan yang akan dicapai, namun gagal mencapai tujuan tersebut karena gagal mengkomunikasikan tujuan tersebut dengan anggota tim yang lain.

Baca Juga: 4 Faktor Kepemimpinan yang Membuat Kinerja Tim Tidak Berkembang

Tanpa adanya dukungan dari anggota tim, tujuan Anda tidak akan tercapai di masa depan. Untuk itulah pada kesempatan kali ini, kami akan mencoba untuk menjelaskan tentang 5 tips yang membantu para pemimpin mencapai tujuan bersama dengan anggota tim yang lain.

Bagaimana caranya? Berikut ini pembahasan selengkapnya.


5 Tips yang Membantu Para Pemimpin Mencapai Tujuan

1Buatlah Tujuan Menjadi Sederhana dan Jelas

Muncul Perasaan Malas Belajar? Ini 5 Kunci yang Bisa Dilakukan Untuk Mengatasinya

Apakah Anda seorang pemimpin perusahaan besar atau pemimpin di perusahaan yang berskala kecil, Anda tetap harus memastikan bahwa tujuan yang ditetapkan jelas dan spesifik.

Itu artinya bagaimana kontribusi anggota tim untuk mencapai tujuan tersebut.

Baca Juga: 5 Gaya Kepemimpinan Para Leader Sukses, Apakah Anda Menerapkannya?

Salah satu kesalahan yang banyak ditemui adalah masing-masing departemen mempunyai tujuan yang berbeda dan tidak ada satu pun dari tujuan tersebut mencerminkan sasaran keseluruhan dari perusahaan.


2Mulai Dengan Membuat Tujuan Keseluruhan

Jangan menetapkan sasaran di tingkat departemen, Anda harus memulainya dengan membuat semua orang memahami tujuan perusahaan secara keseluruhan.

Misalnya, perusahaan memiliki tujuan untuk mendapatkan kenaikan omzet sekitar 10% pada tahun ini.

Selanjutnya, Anda bisa mengkomunikasikan tujuan tersebut kepada semua anggota di departemen yang berbeda.

Baca Juga: 5 Kualitas Pemimpin yang Perlu Dimiliki Untuk Meraih Keberhasilan Dalam Perusahaan dan Organisasi

Jika semua orang mengetahui tujuan yang akan dicapai, maka Anda bisa meminta mereka memikirkan bagaimana kontribusi yang bisa mereka berikan agar bisa mencapai tujuan tersebut.


3Komunikasikan Tujuan Anda Secara Berkelanjutan

4 Tujuan Keuangan yang Wajib Anak Jaman Sekarang Punya! - merdeka finansial- kuliah sambil kerja

Setelah Anda menjelaskan tujuan dengan jelas dan spesifik kepada anggota tim, jangan sampai tidak ada komunikasi lebih lanjut tentang tujuan yang akan dicapai.

Seorang pemimpin memiliki tanggung jawab terhadap tujuan yang akan dicapai dan berusaha untuk terus memperkuat tujuan dan memotivasi anggota tim secara keseluruhan.

Baca Juga: 5 Cara Memperkuat Kinerja Tim, Dapatkan Hasil yang Lebih Baik!

Anda bisa mengingatkan semua anggota setiap minggu tentang tujuan.

Atau bisa juga secara teratur memberikan umpan balik kepada anggota tim tentang bagaimana kemajuan mereka dan berusaha mengingatkan mengapa tujuan tersebut perlu dicapai.


4Motivasi Anggota Tim Secara Teratur

Bayangkanlah keuntungan yang akan didapat ketika sedang tidak termotivasi

Seorang pemimpin harus selalu fokus dan mengingatkan anggota tim yang lain tentang dimana posisi kita saat ini dan mengapa kita melakukannya.

Pemimpin yang akan selalu mengingatkan tentang tujuan, sasaran tim, dan apa yang perlu dilakukan untuk mencapai tujuan tersebut.

Baca Juga: 5 Kiat yang Diperlukan Manajer Baru Agar Membuat Keputusan Lebih Efektif

Seorang pemimpin tahu persis apa saja yang bisa memotivasi setiap anggota tim.

Hal ini akan sangat bermanfaat dan bisa Anda gunakan untuk mempertahankan fokus dan motivasi anggota tim pada tujuan yang menjadi sasaran.


5Bersikaplah Transparan

terbuka dan transparan manajer inspiratif

Salah satu alasan yang membuat tujuan tidak tercapai adalah kurangnya transparansi atau keterbukaan informasi di dalam perusahaan.

Hal ini bisa terjadi karena pemimpin berpikir bahwa anggota tim tidak perlu mengetahui tentang target penjualan atau target yang lainnya.

Baca Juga: 7 Kualitas Pemimpin yang Membuat Mereka Disenangi Karyawan

Saat Anda melakukan hal di atas dan tidak membangun transparansi di dalam perusahaan, maka akibatnya bisa merusak kemampuan tim untuk bekerja sama mencapai tujuan.

Sebaliknya, saat anggota tim antar departemen mengetahui tujuan mereka masing-masing, maka akan sangat besar kemungkinan mereka untuk bekerja sama mencapai tujuan.

Sikap transparan atau keterbukaan inilah yang perlu dimiliki oleh seorang pemimpin untuk mencapai tujuan bersama yang telah ditetapkan sebelumnya.

Dengan menerapkan 5 tips di atas, kami berharap bisa membantu para pemimpin mencapai tujuan bersama dengan anggota tim yang lainnya.

Selain itu, Anda juga bisa melatih keterampilan kepempimpinan atau leadership menjadi lebih baik melalui pendidikan dan pelatihan non-formal.

Baca Juga: 5 Cara Melatih Diri Menjadi Pemimpin Hebat

Tidak perlu khawatir dengan biaya pendidikan yang bisa memberatkan keuangan rumah tangga.

Saat ini telah ada solusi pinjaman dana pendidikan yang ditawarkan oleh KoinPintar.

Prosesnya seperti ini, setelah pengajuan pinjaman disetujui, maka KoinPintar akan membayarkan biaya pendidikan kepada lembaga terkait secara langsung.

Selanjutnya, Anda tinggal membayar pinjaman tersebut dengan cara mengangsur sampai dengan 12 bulan ke depan.

Cara di atas tentu saja jauh lebih ringan daripada harus membayarkan biaya pendidikan secara langsung di muka.

Tidak hanya itu saja, suku bunga yang ditawarkan oleh KoinPintar juga sangat rendah yaitu mulai dari 0,75% per bulan atau sekitar 9% per tahun.

Suku bunga yang jauh lebih rendah daripada suku bunga yang ditawarkan oleh lembaga keuangan yang lain.

Kemudahan di atas bisa terjadi karena tujuan utama dari KoinPintar adalah membantu seluruh masyarakat Indonesia mendapatakan pendidikan dan keterampilan berkualitas tanpa perlu khawatir dengan biaya pendidikan yang mahal dan memberatkan.

Semoga informasi di atas bisa memberikan banyak manfaat dan inspirasi!


Simulasi Pinjaman Dana Pendidikan
Pendidikan Formal
Pendidikan Non-Formal

Download Aplikasi KoinWorks

apple app store iosgoogle play store android app

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.