4 Faktor Kepemimpinan yang Membuat Kinerja Tim Tidak Berkembang

orang kantor berkomunikasi di kantor - 4 Faktor Kepemimpinan yang Membuat Kinerja Tim Tidak Berkembang

4 Faktor Kepemimpinan yang Membuat Kinerja Tim Tidak Berkembang – Setiap pemimpin atau manajer pasti menginginkan semua rencana dan tujuan dapat berjalan lancar.

Hanya saja tidak semua tujuan bisa berjalan dengan baik dan salah satu faktor yang membatasi keberhasilan rencana bisa karena faktor seorang pemimpin.

Kepemimpinan yang belum optimal bisa dikarenakan Anda masih baru memegang tanggung jawab sebagai pemimpin.

Berikut ini kami akan menjelaskan tentang 4 faktor kepemimpinan yang membuat kinerja tim menjadi buruk dan tidak berkembang.

4 Faktor Kepemimpinan yang Membuat Kinerja Tim Tidak Berkembang

Perhatikan Perilaku Anda Sebagai Seorang Pemimpin

Dalam sebuah bisnis yang dijalankan, ukuran sebuah keberhasilan adalah hasil yang didapatkan.

Jika tim Anda secara konsisten gagal dalam mencapai target, saatnya mengakui ada masalah dan mulainya mencari solusinya. Sebelum Anda menyalahkan banyak faktor, sebaiknya mulailah dengan mengamati perilaku diri sendiri.

Baca juga: 3 Langkah yang Akan Membantu Anda Menjadi Seorang Pemimpin Karismatik

Temukan akar masalah dan kembangkan perubahan yang diperlukan untuk mengatasi masalah tersebut.

Hal yang harus diingat adalah Anda yang menjadi pemimpin disini, itu artinya keberhasilan dan kegagalan sebuah tim sangat dipengaruhi oleh tindakan dan keputusan yang Anda buat.


Gagasan dan Ide di Lingkungan Kerja

3 Strategi yang Bisa Dilakukan Untuk Mendapatkan Perhatian Audiens Saat Sedang Presentasi

Saat ide untuk berinvovasi atau memecahkan masalah tidak berjalan dengan baik, itu artinya ada faktor kepemimpinan yang terlibat.

Seorang pemimpin memiliki tanggung jawab untuk membentuk lingkungan kerja. Saat orang-orang di dalam lingkungan tersebut pasif dan tidak menawarkan ide yang cemerlang, itu artinya Anda harus belajar mengubah pendekatan yang dilakukan.

Sebagian besar pemimpin lebih sering mengeluarkan perintah dan menjelaskan apa yang harus dilakukan. Pendekatan seperti ini harus diubah dengan mulai bertanya kepada anggota tim tentang apa yang ingin mereka lakukan.

Selanjutnya Anda juga harus mengamati perilaku yang dilakukan selama ini, apakah Anda membuat karyawan merasa takut atau lebih sering menghukum seseorang saat mereka mencoba hal yang baru.

Baca juga: 7 Kualitas Pemimpin yang Membuat Mereka Disenangi Karyawan

Jika hal tersebut Anda lakukan, maka bisa jadi inilah salah satu faktor yang membuat karyawan menjadi pasif dan tidak memiliki ide-ide baru untuk perkembangan bisnis.

Sebagai seorang pemimpin, Anda harus memberikan dukungan kepada setiap karyawan untuk bereksperimen dan menerapkan ide-ide yang bermanfaat untuk perkembangan bisnis.

Jadikan kegagalan sebagai pelajaran dan selalu mendorong mereka untuk terus mencari solusi.


Kepercayaan yang Anda Berikan Kepada Mereka

Ini 6 Alasan Utama Mengapa Perusahaan Mau Mempekerjakan Anda, Jangan Salah Melangkah!

Seorang pemimpin bisa jadi memiliki masalah kepercayaan dengan anggota tim. Hal ini biasanya terjadi saat Anda baru mulai bekerja bersama mereka.

Banyak pemimpin yang memiliki pemahaman bahwa seorang karyawan harus bekerja keras untuk bisa mendapatkan kepercayaan dari pemimpin.

Sebagai gantinya, Anda bisa mulai dengan pendekatan yang baru yaitu memberikan kepercayaan kepada anggota tim dengan segera.

Anggota tim pasti akan memahami sikap positif yang Anda berikan dan karyawan akan merespon dengan kinerja yang baik agar tidak mengecewakan Anda.

Berikan kepercayaan terlebih dahulu kepada karyawan Anda!


Karyawan Tidak Mengetahui Kinerja Bisnis

7 Tips Sukses Menjalani Bisnis Sesuai Passion

Masalah kepemimpinan selanjutnya yang cukup banyak terjadi adalah Anda hanya melibatkan karyawan untuk bekerja saja.

Dengan demikian, karyawan tidak mengetahui apakah pekerjaan mereka berhubungan dengan hasil yang positif atau tidak.

Baca juga: 5 Cara Efektif Agar Anda Menyukai Hari Senin, Jangan Malas Lagi!

Sebagai seorang pemimpin, kewajiban Anda adalah membawa misi dan tujuan bersama-sama dengan anggota tim yang lain.

Pastikan anggota tim mengetahui dan melihat jelas bagaimana upaya yang mereka lakukan berhubungan dengan misi perusahaan dan tujuan utama di dalam perusahaan.

Selanjutnya, Anda juga harus memastikan bahwa anggota tim memahami keseluruhan kinerja perusahaan dan berupaya bersama-sama untuk meningkatkan perkembangan bisnis di masa depan.

Bagikan hasil kinerja perusahaan dan jelaskan kepada anggota tim yang ada di dalamnya. Ajak mereka untuk meningkatkan kinerja yang lebih baik dan sampaikan manfaat yang akan mereka dapatkan saat kinerja perusahaan menjadi lebih baik.

Menjadi seorang pemimpin membutuhkan keterampilan yang mumpuni agar bisa menghasilkan kinerja organisasi yang lebih baik di masa depan.

Nah, 4 faktor di atas merupakan beberapa kesalahan yang cukup sering dilakukan oleh seorang pemimpin di dalam perusahaan. Jika Anda telah mengetahui kesalahan di atas, maka mulailah mempersiapkan diri untuk menjadi pemimpin yang lebih baik.

Mengikuti pelatihan atau workshop yang berkaitan dengan leadership merupakan salah satu langkah terbaik yang bisa dilakukan untuk meningkatkan skill kepemimpinan Anda. Hanya saja, pelatihan dan pendidikan non-formal membutuhkan biaya pendidikan yang tidak sedikit.

Bagaimana jika saat ini Anda tidak memiliki anggaran yang cukup untuk meningkatkan keterampilan kepemimpinan?

Baca juga: Menjadi Seorang Pemimpin Millenial, Berikut 4 Tips yang Bisa Dilakukan

Solusi yang bisa dilakukan adalah dengan menggunakan pinjaman dana pendidikan yang ditawarkan oleh KoinWorks.

KoinWorks memiliki produk pinjaman dana pendidikan yang bernama KoinPintar dan layanan ini bisa memberikan bantuan dana untuk pelatihan dan pendidikan yang Anda ikuti.

Tidak perlu khawatir dengan bunga pinjaman yang memberatkan, sebab KoinPintar menawarkan suku bunga rendah mulai dari 9% per tahun. Selain itu, pinjaman yang Anda ambil bisa dicicil sampai dengan 12 bulan ke depan.

Jauh lebih ringan bukan?

Dengan adanya KoinPintar, tidak ada lagi alasan dan kendala untuk mendapatkan pengetahuan serta keterampilan yang lebih baik.

Dapatkan berbagai informasi seputar Gaya Hidup lainnya hanya di KoinWorks.

Tentang Penulis
Kalkulator finansial untuk hitung kebutuhan kamu

Hitung semua keperluan finansial kamu cukup di satu tempat

Punya uang Rp.100 Ribu? Mulai pendanaan sekarang dan dapatkan keuntungan hingga 14,5%.