Bisa Ditiru! Ini 11 Kebiasaan Orang yang Sukses Beli Properti

kebiasaan orang sukses yang beli properti

Dalam membeli properti, kamu bisa meniru kebiasaan orang sukses yang beli properti agar bisa mewujudkannya dengan lebih mudah. Bahkan agar makin praktis, kamu bisa membelinya di situs jual-beli rumah yang terpercaya. Kamu bisa beli rumah di Pinhome sebagai salah satu platform jual beli dan sewa properti terbaik di Indonesia

Pasalnya, Pinhome hadir dengan berbagai fitur dan program yang sangat membantu. Salah satu yang terbaru adalah Titip Jual Rumah. Lewat fitur ini para pemilik properti yang ingin menjual dan sewa properti dapat mengunggah listing sebanyak-banyaknya dengan gratis.

Tentunya bagi pencari rumah, program tersebut akan menambah banyak referensi unit yang kamu dambakan. Jadi kamu bisa lebih mencari unit yang cocok dengan kebutuhan kamu. 

Kebiasaan Orang yang Sukses Beli Properti

Bukan hanya memilih tempat membeli rumah, kamu juga harus merubah beberapa kebiasaan. Tidak ada salahnya bila kamu meniru kebiasaan orang sukses yang beli properti.

Apa saja kebiasaan yang bisa kamu ikuti agar bisa mewujudkan hunian impian? Berikut ini adalah kebiasaan yang bisa dapat kamu jadikan contoh baik.


Mengalokasikan Uang Tabungan

kebiasaan orang sukses yang beli properti

Salah satu kebiasaan orang sukses yang beli properti adalah dapat mengalokasikan tabungan. Contoh teknik menabung yang bisa kamu lakukan adalah cara 10-20-30-40.

Artinya, kamu bisa mengalokasikan 10% kebaikan, 20% untuk investasi dan dana darurat, 30% untuk cicilan termasuk rumah, dan 40% untuk kebutuhan hidup. Dengan pembagian semacam ini, kamu juga akan belajar mengendalikan pengeluaran dengan baik.


Mencatat Pemasukan dan Pengeluaran

kebiasaan orang sukses yang beli properti

Mereka yang sukses membeli properti seperti rumah umumnya bisa mengelola keuangan dengan baik. Salah satu caranya adalah dengan mencatat pemasukan dan pengeluaran dengan teratur.

Pencatatan seperti ini membantu mereka mengetahui dengan rinci kondisi keuangan. Jadi, mereka dapat mengetahui kapan harus stop pengeluaran atau kapan bisa lebih “bersantai”.


Hindari Pembelian Impulsif

kebiasaan orang sukses yang beli properti

Salah satu musuh utama mereka yang ingin membeli rumah adalah pembeliaan di luar rencana (impulsive buying). Nah, mereka yang sukses membeli properti biasanya dapat menghindari hal ini dengan baik..

Agar dapat mencegah impulsive buying kamu bisa menyusun daftar kebutuhan dan barang yang ingin dibeli terlebih dulu. Jadi, saat berbelanja kamu harus berpatok pada daftar yang sudah dibuat. Dengan demikian, kamu bisa menyisihkan uang untuk keperluan pembelian rumah.


Mencari Informasi Properti Terbaru

kebiasaan orang sukses yang beli properti

Saat rencana membeli properti muncul, sebaiknya kamu terus mengikuti informasi perkembangan terbaru seputar properti. Kamu bisa mencari informasi mengenai program KPR yang bisa diikuti, harga dan lokasi properti yang diincar.

Kamu bisa mencari informasi tersebut di situs dan aplikasi Pinhome. Pasalnya, di platform tersebut kamu akan dengan mudah mendapatkan informasi mengenai program KPR, lokasi, harga, dan keunggulan properti dengan mudah dan lengkap.


Mempersiapkan Dana saat Punya Properti

kebiasaan orang sukses yang beli properti

Saat ingin membeli rumah yaitu kamu juga harus memperhitungkan biaya lain. Pasalnya, saat beli properti seperti rumah kamu tidak hanya akan membayar sejumlah harga belinya saja.

Ada biaya lain yang harus kamu siapkan. Misalnya, biaya untuk pajak, asuransi, akta jual pajak, biaya cek sertifikat dan lain sebagainya. Jadi, siapkanlah perencanaan keuangan kamu dengan matang dan bijak, ya!


Menentukan Batas Pengeluaran Tertinggi

kebiasaan orang sukses yang beli properti

Cara lain agar kamu bisa mengelola keuangan adalah dengan menetapkan batas tertinggi pengeluaran. Tips ini penting untuk kamu yang misalnya ingin berliburan saat akhir pekan.

Kamu bisa menentukan batas maksimal pengeluaran yang bisa digunakan saat itu berapa. Akhirnya, kamu akan terhindar dari pengeluaran yang berlebihan (overspend).


 Membiasakan Diri Membayar Tepat Waktu

 kebiasaan orang sukses yang beli properti

Kebiasaan orang yang sukses membeli properti lainnya adalah tidak membiasakan diri membayar tagihan terlambat. Pasalnya, mereka sadar bahwa hal ini akan banyak mengacukan rencana keuangan.

Dengan membiasakan diri bayar tepat waktu, kamu bisa mendapatkan riwayat kredit yang baik. Selain itu, kamu terhindar dari biaya denda keterlambatan yang bisa menyulitkan kamu mengumpulkan modal beli properti.


Tidak Ragu Mencari Pekerjaan Sampingan

Tidak Ragu Mencari Pekerjaan Sampingan

Orang yang berhasil mendapatkan hunian impiannya tidak ragu untuk mendapat sumber pemasukan baru. Salah satunya adalah dengan mencari pekerjaan sampingan. Cara ini pun bisa kamu tiru agar bisa membeli rumah segera.

Kamu tidak perlu memilih kerja yang berat untuk pekerjaan sampingan ini. Pilihlah pekerjaan yang sesuai dengan kemampuan kamu.

Misalnya, kamu bisa jadi freelancer yang memang saat ini sedang banyak dibutuhkan. Bukan hanya itu, kamu juga mulai mendirikan bisnis online dengan modal kecil.


Menghindari Pembelian Konsumtif

Menghindari Pembelian Konsumtif

Ada beberapa pengorbanan yang kadang harus kamu lakukan untuk bisa segera miliki rumah idaman. Salah satunya adalah meninggalkan kebiasaan pembelian konsumtif.

Kamu bisa mengurangi pengeluaran untuk kebutuhan yang sifatnya sekunder atau tersier. Misalnya, kamu bisa menahan diri untuk tidak membeli terlebih dahulu gadget keluaran baru. Bukan hanya itu, alih-alih banyak menggunakan uang untuk nongkrong kamu bisa menabungnya untuk modal beli rumah.


Menerapkan Gaya Hidup Hemat

Menerapkan Gaya Hidup Hemat

Cara hidup hemat di sini bukan berarti kamu harus mengirit sehingga kamu sendiri tersiksa. Tetapi perhatikan kembali penggunaan keuangan kamu apakah sudah efisien atau belum.

Misalnya, ceklah penggunaan listrik selama ini apakah sudah tepat atau boros. Bila ternyata masih banyak barang elektronik yang hidup begitu saja, ubahlah kebiasaan tersebut. Cara sederhana ini membantu kamu menghemat, bukan? 


Tidak Terburu-Buru dalam Menabung

Tidak Terburu-Buru dalam Menabung

Membeli rumah adalah goal dalam hidup yang banyak diinginkan oleh orang-orang. Kamu tentunya ingin segera meraih keinginan tersebut.

Tetapi, dalam mengumpulkan uang untuk beli rumah kamu tidak boleh terlalu terburu-buru. Jangan memaksakan diri untuk bisa mengumpulkan uang dalam waktu yang sangat singkat. Nikmatilah prosesnya dengan penuh perencanaan yang matang.

Itulah tadi beberapa contoh kebiasaan orang yang sukses beli properti. Kamu bisa menirunya agar lebih disiplin dalam mengelola keuangan untuk beli properti. Semoga bermanfaat!

 

Dapatkan berbagai informasi seputar Gaya Hidup dan Daily lainnya hanya di KoinWorks.

Tentang Penulis
Gina Valerina

Gina Valerina

Gina began her professional journey within the realm of finance, accumulating a wealth of invaluable insights and hands-on experiences. Building upon this extensive background, she uses her expertise to carefully create informative articles. Each article is born from in-depth research and her unwavering dedication to providing her audience with well-verified insights.
Kalkulator finansial untuk hitung kebutuhan kamu

Hitung semua keperluan finansial kamu cukup di satu tempat

Punya uang Rp.100 Ribu? Mulai pendanaan sekarang dan dapatkan keuntungan hingga 14,5%.