Home » Blog » Daily, KoinGaji » Cara Meningkatkan Kinerja Karyawan dan Indikatornya

Cara Meningkatkan Kinerja Karyawan dan Indikatornya

·
3 menit
Meningkatkan Kinerja Karyawan

Cara Meningkatkan Kinerja Karyawan dan Indikatornya – Bekerja di sebuah perusahaan yang memiliki lingkungan yang menyenangkan pasti menjadi impian semua orang.

Percaya atau tidak, lingkungan menyenangkan juga bisa meningkatkan kinerja karyawan, lho!

Nah, jika kamu seorang pengusaha atau memiliki impian menjadi seorang pengusaha maka perhatikanlah beberapa hal ini untuk meningkatkan kinerja karyawanmu:

1. Transparansi

Sebuah keterbukaan antara perusahaan dan karyawan merupakan hal yang penting agar visi dan misi keduanya dapat berjalan beriringan.

Itulah fungsi dari pemberian informasi profil perusahaan secara lengkap terutama visi dan misi perusahaan kepada setiap karyawan yang baru bergabung.

Selain itu, melakukan update informasi perusahaan secara berkala juga penting supaya para karyawan mengetahui bagaimana kondisi perusahaan saat ini.

Apabila kondisinya kurang baik atau belum mencapai target, maka karyawan akan berusaha untuk memperbaiki strategi atau cara kerja mereka untuk menggapai target.

Tidak perlu takut untuk membagi informasi perusahaan apabila perusahaan dalam kondisi yang kurang baik, asalkan kamu sebagai pengusaha bisa menyampaikannya dengan cara yang baik agar karyawan tidak khawatir.

Lagipula hal ini sangat berguna, karena bisa saja diantara karyawan ada yang memiliki solusi atas masalah yang sedang dihadapi oleh perusahaan.


2. Bebas dan Bertanggung Jawab

Memberikan kebebasan berkreasi kepada karyawan adalah hal yang wajib, karena hal ini berarti kamu mempercayai karyawanmu.

Rasa percaya yang ditanamkan kepada karyawan tentunya akan menimbulkan rasa tanggung jawab di dalam diri karyawan untuk memberikan hasil yang maksimal karena sudah diberi kebebasan.

Meskipun begitu, kamu juga harus mendampingi setiap proses yang dijalankan oleh karyawanmu, supaya apabila terjadi kesalahan atau kemungkinan terjadi kesalahan pada proses kamu bisa memberikan peringatan kepada karyawan.

Pemberian guidelines yang jelas namun fleksibel bisa membantu meningkatkan kinerja karyawan karena tidak terpatok terhadap satu peraturan saja.

Peraturan yang terlalu kaku seringkali menyebabkan keterbatasan ide dari karyawan.


3. Berikan Apresiasi

Tahukah kamu? Apresiasi adalah hal yang diam-diam dibutuhkan oleh para karyawan.

Mengapa?

Karena melalui apresiasi para karyawan bisa memahami sejauh mana keberhasilan mereka dalam mengerjakan sebuah pekerjaan dan hal itu bisa menjadi indikator bagi mereka dalam menyusun langkah berikutnya pada pekerjaan mereka.

Berikan apresiasi melalui pujian singkat seperti “Good Job” juga bisa memberikan perasaan senang ke karyawan, karena mungkin kamu sebagai pengusaha tidak mengetahui seberapa besar usaha karyawanmu dalam menyeleasikan tugas yang kamu berikan dengan sangat baik.

Kamu juga bisa memberikan reward kepada karyawan-karyawan yang memiliki performa sangat baik di dalam satu tahun terakhir.

Percayalah seberapapun reward yang kamu berikan, perasaan bangga yang tumbuh di dalam diri karyawan akan memercikan api semangat yang akan meningkatkan kinerja mereka di tahun-tahun berikutnya.


4. Rasa Bahagia

Banyak orang yang mengatakan bahwa mustahil untuk merasa bahagia ketika sedang bekerja, tapi sebenarnya tidak begitu.

Rasa bahagia bisa kamu ciptakan kapanpun, dimanapun dan kepada siapapun.

Bagaimana cara memberikan rasa bahagia kepada karyawan?

Kamu bisa mulai dari memberikan ruang kerja nyaman dan juga ditunjang dengan fasilitas yang bisa sedikit memanjakan para karyawan.

Misalnya saja memberikan fasilitas free snack kepada karyawan.

Memang bukan hal yang terlalu besar, tapi dengan begitu karyawan akan merasa diperhatikan dan hal ini bisa meningkatkan kinerja karyawan.


5. Bangun Kedekatan Personal

Yang dimaksud membangun kedekatan personal disini adalah membangun rasa kekeluargaan antara kamu dan para karyawan.

Semakin erat dan dalam rasa kekeluargaan yang kalian miliki maka setiap pergerakan yang dilakukan dalam perusahaan akan berjalan seirama dalam mencapai target.

Selain itu, membangun kedekatan secara personal mampu mengurangi rasa canggung atau mungkin takut yang ada dalam diri karyawan ketika berhadapan dengan kamu sebagai pengusaha.

Rasa canggung dan rasa takut dapat menjadi penghalang bagi karyawan apabila ingin menyampaikan ide dan pendapat, padahal bisa saja ide yang akan disampaikan akan sangat membantu perusahaan.

Menjadi seorang atasan yang disegani jauh lebih baik daripada seorang atasan yang ditakuti oleh karyawan.


Lalu, apa indikator dalam menilai kinerja karyawan?

Kamu bisa menilai bagaimana kinerja karyawan melalui beberapa indikator seperti kualitas, kuantitas, ketepatan waktu, efektivitas dan kemandirian karyawan dalam menyelesaikan semua pekerjaan.

Selain itu, berikan dukungan lebih lagi kepada karyawan dengan memberikan bantuan finansial  melalui  pencairan gaji lebih awal kepada karyawan yang membutuhkan.

KoinWorks melalui KoinGaji memungkinkan karyawan mitra pelaku usaha untuk mencairkan gajinya lebih awal atau yang lebih dikenal dengan salary advance.

Yuk, pelajari lebih jauh tentang KoinGaji di aplikasi KoinWorks sekarang!

Gina Valerina
Beware of little expenses, a small leak will sink a great ship - Benjamin Franklin

Langganan via Email​

Dapatkan Tips dan Berita Keuangan Gratis di Inbox Anda​

Waah, dapet modal awal 475 ribu pas daftar :), kode promo BUTUHUANG