10 Orang Terkaya di Dunia dan Cara Menjadi Seperti Mereka – Orang terkaya di dunia memiliki harta kekayaan yang mengejutkan, yang tentu saja luar biasa besar jumlahnya. Beberapa di antara mereka memiliki jumlah harta yang setara atau bahkan lebih besar dari PDB beberapa negara.

Orang terkaya dunia seperti Mark Zuckerberg dan Bill Gates berjuang keras dalam mengubah ide brilian menjadi sesuatu yang inovatif, yang pada akhirnya membuat mereka menjadi seperti sekarang.

Baca Juga: Menurut Para CEO Dunia, 8 Hal Ini Harus Anda Lakukan Di Saat Usia 20-an

Sementara Koch Bersaudara, yang juga muncul dalam daftar orang terkaya ini, memiliki bisnis bernama Koch Industries yang diwariskan oleh orang tua mereka.

Namun gaya kepemimpinan hebat yang mereka terapkan mampu membuat bisnis mereka kian maju dan membuat Koch Bersaudara menjadai dua di antara 10 besar orang terkaya dunia.

Penasaran untuk mengetahui lebih lanjut siapa saja mereka yang mengisi daftar 10 orang terkaya dunia? Simak berikut ini:

Daftar 10 Orang Terkaya di Dunia

1. Jeff Bezos, Pendiri Sekaligus CEO Amazon.com

orang terkaya di dunia - jeff bezos
Gambar: Dailypost.ng

Belum lama ini, Jeff Bezos sukses melampaui nilai kekayaan Bill Gates yang sekaligus mengantarkannya sebagai orang terkaya di dunia versi terbaru.

Baca Juga: 7 Hal yang Wajib Dilakukan Dari Sekarang Jika Anda Ingin Menjadi Milyarder

Jeff Bezos merupakan orang di balik kesuksesan Amazon, e-commerce terbesar di dunia saat ini. Jeff Bezos mendirikan raksasa ritel Amazon.com pada tahun 1994 setelah meninggalkan pekerjaannya di New York.

Amazon awalnya merupakan toko buka yang ia mulai dari garasi rumahnya di Seattle. Menurut data CNBC, Amazon kini memiliki nilai sebesar $430 miliar atau setara Rp 5.745,23 triliun.

Selain Amazon.com, Jeff Bezos juga memiliki perusahaan antariksa swasta bertajuk Blue Origin. Ia juga mengakuisisi The Washington Post pada tahun 2013 dengan mahar $250 miliar atau setara dengan Rp 3.340,25.

Amazon juga mengakuisisi Whole Foods dengan estimasi $13.7 miliar atau setara dengan Rp 183 triliun. Sebagai orang terkaya dunia, Jeff Bezos juga ingin berbagi rejekinya lewat program pendidikan.

Baca Juga: Menjadi Orang Terkaya, Ini 5 Rahasia Keuangan Orang Terkaya Dunia yang Bisa Anda Tiru Mulai Sekarang

Orang tua Jeff Bezos, Jackie dan Mike Bezos, saat ini juga mengelola Bezos Family Foundation, yayasan yang mendukung pendidikan anak muda.

  • Industri: Teknologi
  • Kekayaan Bersih: $90.6 miliar atau Rp 1.210 triliun

2. Bill Gates, Pendiri Microsoft

orang terkaya di dunia - bill gates
Gambar: CNBC.com

Nama Bill Gates sudah lama dikenal sebagai orang terkaya di dunia. Meski sudah dilampaui oleh Jeff Bezos, namanya sepertinya sulit untuk keluar dari daftar 10 besar orang terkaya di dunia.

Baca Juga: Bermimpi Untuk Menjadi Miliarder? Ini 5 Kebiasaan yang Dilakukan Miliarder Supaya Cepat Kaya

Bill Gates merupakan sosok di balik kesuksesan Microsoft, yang sistem operasinya, Windows, terpasang di mayoritas komputer di dunia.

Ia dan Paul Allen, teman masa kecilnya, memiliki ketertarikan khusus pada bidang komputer, dan bersama-sama mendirikan Microsoft di tahun 1975.

Sejak saat itu Ia menjadi CEO Microsoft hingga tahun 2000. Ia juga menjadi pemimpin perusahaan dan pemegang saham terbesar hingga tahun 2014. Bill Gates masih menjadi penasihat perusahaan di bidang teknologi.

Bill Gates dan istrinya Melinda mendirikan Bill and Gates Foundation, yayasan amal terbesar di dunia. Yayasan yang didirikan tahun 1999 ini fokus pada penghentian infeksi penyakit menular di seluruh dunia, termasuk HIV dan malaria.

Selain berkarya dengan Microsoft, Bill Gates, Warren Buffet dan Mark Zuckerberg mendirikan The Giving Pledge untuk mendorong milyarder lainnya untuk berdonasi untuk kepentingan amal.

  • Industri: Teknologi
  • Kekayaan Bersih: $90 miliar atau setara Rp 1.202 triliun

3. Amancio Ortega, Pemilik Zara

Belajar Mengembangkan Bisnis dari Pendiri Zara, Amancio Ortega - orang terkaya di dunia
Gambar: Ekapija

Amancio Ortega, milyarder asal Spanyol, lebih dikenal sebagai sosok pendiri grup perusahaan Inditex yang bergerak di bidang fashion, induk perusahaan yang menaungi Zara dan beberapa perusahaan lainnya.

Baca Juga: Ingin Usaha Anda Berkembang? Yuk, Belajar Dari Bos Zara Amancio Ortega

Selain sebagai orang terkaya nomor tiga di dunia, Amancio Ortega juga merupakan orang terkaya di Eropa. Bersama istrinya Rosalia Mera, Amancio Ortega mendirikan Inditex di tahun 1975 silam.

Ortega yang kini sudah berumur 80 tahun lebih juga merupakan retailer terkaya di dunia dan memiliki 59% saham Inditex yang menaungi 7.000 toko ritel di seluruh dunia.

  • Industri: Ritel
  • Kekayaan Bersih: $83,2 miliar atau setara Rp 1.111 triliun

4. Warren Buffett, Investor Ulung

warrent buffet
Gambar: Wikimedia.org

Nama Warrent Buffet mungkin sudah terngiang dalam ingatan orang sebagai sosok investor jenius. CEO Berkshire Hathaway ini merupakan figur ikonik yang membeli saham pertamanya di usia 11 tahun. Saat ini, Warren Buffet memiliki 60 lebih perusahaan.

Baca Juga: Strategi Investasi dari Warren Buffet

Salah satu investor terbaik dunia ini juga dikenal sebagai sosok yang sangat sederhana. Dalam sebuah film dokumenter tentangnya yang dirilis oleh HBO, Warren Buffet mengaku bahwa ia hanya menghabiskan sekitar $4 untuk sarapan di McDonald’s setiap paginya..

Seperti kebanyakan orang terkaya di dunia lainnya, Warren Buffet juga memiliki sifat dermawan dan berkomitmen untuk menyumbangkan 99% kekayaannya untuk kegiatan sosial

  • Industri: Keuangan dan Investasi
  • Kekayaan Bersih: $74,3 miliar atau setara Rp 992,4 triliun

5. Mark Zuckerberg, Pendiri Facebook

mark zuckerberg pendiri facebook
Gambar: Wikimedia.org

Mark Zuckerberg membuat versi pertama Facebook di tahun 2004 saat ia masih menjadi mahasiswa tingkat dua di Universitas Harvard.

Baca Juga: Belajar Dari Kegagalan Mark Zuckerberg

Media sosial yang ia ciptakan di lingkungan kampusnya itu kini memiliki lebih dari 1 miliar pengguna di seluruh dunia. Kantor Facebook pun tersebar ke seluruh dunia. Hingga saat ini, Facebook sebagai sebuah perusahaan memiliki kekayaan sebesar $400 miliar.

Meski tidak pernah lulus kuliah, Mark merupakan orang termuda dalam daftar orang terkaya di dunia saat berusia 33 tahun, sekaligus menjadi pemimpin dan CEO Facebook.

Latar belakang pendirian Facebook bahkan sudah pernah difilmkan lewat The Social Network. Sama seperti Warren Buffet, Mark dan istrinya Priscilla Chan berkomitmen untuk mendonasikan 99% total kekayaan mereka lewat inisiasi Chan Zuckerberg untuk berbagai kegiatan konstruktif di seluruh dunia.

  • Industri: Teknologi
  • Kekayaan Bersih: $72,2 miliar atau setara Rp 964,3 triliun

6. Carlos Slim Helu, Milyarder Asal Meksiko

orang terkaya di dunia - carlos slim helu
Gambar: Top500.biz

Taipan bisnis asal Meksiko Carlos Slim Helu adalah sosok terkaya di negara asalnya dan saat ini membawahi 200 perusahaan di bidang ritel, perbankan hingga telekomunikasi. America Movil, salah satu perusahaan miliknya, merupakan perusahaan mobile seluler terbesar di Amerika Latin.

Baca Juga: 6 Jenis Investasi Terpercaya yang Bisa Membuat Anda Menjadi Milyarder!

Menurut lapuran Business Insider, ayah dan keluarganya bermigrasi dari Lebanon ke Meksiko sebelum Carlos lahir dan disana sudah sukses dengan beberapa bisnis seperti ritel dan real estate.

Carlos mewarisi bisnis tersebut setelah ayahnya meninggal di tahun 1953 dan mendirikan perusahaan pertamanya di bidang asuransi bernama Inversora Bursatil setelah lulus kuliah di awal tahun 1960-an.

Pengaruhnya pun menyeruak hingga ke luar Meksiko. Ia memiliki 17% saham New York Times. Sama seperti yang lain, Carlos juga termasuk filantropis.

  • Industri: Telekomunikasi, ritel dan perbankan
  • Kekayaan Bersih: $69,7 miliar atau setara Rp 930,2 triliun

7. Larry Ellison, Pemimpin Oracle

orang terkaya di dunia - larry ellison
Gambar: CNBC.com

Larry Ellison, pendiri, pemimpin sekaligus mantan CEO Oracle yang merupakan perusahaan software terkemuka di dunia. Ia mendirikan perusahaan tersebut di tahun 1977, padahal sebenarnya belum pernah mengenyam pendidikan formal mengenai ilmu komputer di sekolah.

Baca Juga: 8 Hal yang Harus Dilakukan di Usia 20-an Untuk Menjadi Jutawan Pada Usia 30-an

Dari Chicago ia pindah ke California setelah dua kali drop out dari kuliah, dan sempat beberapa kali bekerja dimana ia mempelajari programming komputer, termasuk pembuatan database CIA yang ia bantu.

Dia dan seorang rekan kerja kemudian meninggalkan perusahaan tersebut untuk mendirikan Oracle yang kemudian menjadi salah satu database paling populer di dunia. Menurut laporan Wall Street Journal, ia merupakan eksekutif dengan gaji tertinggi di Amerika Serikat sebelum mengundurkan diri dari jabatan CEO tahun 2014.

  • Industri: Software
  • Kekayaan Bersih: $62,1 miliar atau setara Rp 828,8 triliun

8. Michael Bloomberg, Pemilik Bloomberg L.P.

orang terkaya di dunia - Michael Bloomberg
Gambar: Politico.com

Selain sebagai seorang pengusaha, ia juga merupakan seorang dermawan dan politikus. Pada tahun 1981, ia mendirikan Bloomberg L.P., sebuah perusahaan sistem teknologi informasi dan media yang nilainya saat ini sudah tumbuh menjadi $45 miliar dengan lebih dari 100 kantor perwakilan di seluruh dunia. Sebelumnya, ia merupakan seorang mitra di Salomon Brothers, bank investasi Wall Street.

Baca Juga: Membeli Rumah, Apartmen, atau P2P Lending: Investasi Apa yang Lebih Untung?

Sebagai seorang filantropis, Bloomberg telah menyumbangkan sebesar $5 miliar untuk berkontribusi terhadap hal-hal yang terkait dengan kepentingan politiknya, seperti pengendalian senjata dan perubahan iklim.

Bloomberg juga merupakan seorang politikus berpengalaman. Ia pernah menjabat sebagai mayor di New York City dari tahun 2002 hingga 2013.

  • Industri: Media
  • Kekayaan Bersih: $53,3 miliar atau setara Rp 711,3 triliun

9. Bernard Arnault, Orang di Balik Brand Terkemuka

orang terkaya di dunia - Bernard Arnault
Gambar: Turner.com

Bulgari dan Louis Vuitton hanyalah dua di antara brand terkemuka di bawah naungan Bernard Arnault. Milyarder berkebangsaan Prancis tersebut merupakan pemimpin dan CEP LVMH, perusahaan barang-barang mewah terbesar di dunia.

Baca Juga: Agar Keuangan Masa Depan Terkendali, Berikut Rencana Keuangan yang Tepat Untuk Anak Millennial

Bernard memulai kariernya sebagai insinyur teknik sipil dan kemudian mengambilalih perusahaan orang tuanya, Groupe Arnault. Di tahun 1980-an, dia membeli brand fashion Christian Dior, sebuah langkah yang mencegah bangkrutnya perusahaan tersebut.

Meski tidak selalu masuk dalam daftar 10 besar orang terkaya di dunia, kekayaan Bernard tumbuh lebih dari $5 miliar di akhir April 2017 sebagaimana yang dilaporkan oleh Forbes ketika ia mengumumkan bahwa ia akan mengambil kendali penuh atas Christian Dior.

Bernard juga merupakan kolektor barang-barang seni dan mendirikan Foundation Louis Vuitton, sebuah yayasan yang mendukung pembuatan barang-barang artistik yang berbasis di Paris, Perancis.

  • Industri: Ritel
  • Kekayaan Bersih: $53 miliar atau setara Rp 707,4 triliun

10. Koch Bersaudara, Sosok di Balik Koch Industries

orang terkaya di dunia - Koch Bersaudara
Gambar: Youtube.com

Charles Koch berusia lebih dari 81 tahun merupakan CEO, pemimpin dan pemilik Koch Industries, perusahaan swasta terbesar kedua di Amerika Serikat.

Ia dan saudaranya masing-masing memiliki 42% kepemilikan Koch Industries yang memproduksi brand seperti Dixie Cup, Quilted Northern dan Stainmaster. Kedua bersaudara tersebut mewarisi Wichita, perusahaan yang berbasis di Kansas dari ayah mereka.

  • Industri: Ritel
  • Kekayaan Bersih: $48,5 miliar atau setara Rp 647,4 triliun

Sumber Informasi & Gambar: Time.com


Cara Menjadi Seperti Orang Terkaya di Dunia

tips menjadi milyarder

Anda sekarang sudah tahu siapa saja orang terkaya dunia, nah sekarang, bagaimana caranya agar kita bisa seperti mereka?

Baca Juga: 5 Tips Mencapai Financial Freedom

Menilik dari latar belakangnya, mayoritas orang terkaya di dunia adalah pengusaha atau paling tidak memiliki kepemilikan saham di beberapa perusahaan. Contoh Warren Buffet, selain memiliki perusahaannya sendiri, ia juga aktif berinvestasi di perusahaan lain lewat investasi saham.

Beberapa di antara mereka juga memiliki hasrat berbisnis yang sangat tinggi seperti Bill Gates dan Mark Zuckerberg, yang membangun bisnis mereka dari sebuah ide menjadi perusahaan bervaluasi tinggi seperti sekarang. Ada juga yang mengawali kariernya sebagai seorang karyawan dan memutuskan untuk membangun bisnis sendiri seperti Jeff Bezos.

Baca Juga: Menjadi Orang Terkaya, Ini 5 Rahasia Keuangan Orang Terkaya Dunia yang Bisa Anda Tiru Mulai Sekarang

Tapi yang jelas, bagaimana caranya kita bisa memiliki kepemilikan atas perusahaan dan mentransformasinya menjadi sebuah perusahaan bervaluasi tinggi? Memulai bisnis, terutama di usia muda, menjadi keuntungan diri sendiri.

Usia muda biasanya masih kuat dari segi fisik dan mental untuk menghadapi segala risiko, tantangan, kesalahan sehingga bisa lebih siap untuk sukses.

Bila Anda ingin memulai bisnis, mulailah sedini mungkin. Bila Anda terkendala modal usaha, pinjaman modal bisnis dari KoinWorks bisa senantiasa diandalkan, apalagi seluruh prosesnya bisa dilalui sepenuhnya secara online.

Begitu pun berinvestasi. Investasi tentu saja bisa membuat kita menjadi seperti orang terkaya di dunia. Warren Buffet bisa kita jadikan contoh nyata menyoal ini.

Beliau sudah mulai berinvestasi di usia yang masih sangat muda. Banyak hal yang ia pelajari sepanjang proses investasi yang telah ia lalui. Hingga kini, ia memiliki saham dengan valuasi yang besar di sejumlah perusahaan terkenal.

Baca Juga: Mapan Secara Finansial Sebelum Umur 30? Mungkin! Ini yang Harus Dilakukan Mulai Sekarang

Investasi pun harus dilakukan sedini mungkin. Investasi saham, reksadana, obligasi, emas, properti hingga peer to peer lending, tentukan sendiri minat Anda, cobalah sebisa mungkin alokasikan pendapatan Anda untuk diinvestasikan.

Jadi, sudah tahu apa yang harus diperbuat untuk menjadi seperti orang terkaya di dunia?


Hitung Efek Compounding Investasi Anda

Investasi Awal:
Investasi Bulanan:
Suku Bunga per Tahun (%):
Jangka Waktu (Tahun):



Total Investasi:
Future Value:
Bunga Keuntungan:
Daftar Dapat 150.000

(*) KOIN, Khusus Pendaftar Baru


Download Aplikasi KoinWorks

apple app store iosgoogle play store android app

2 KOMENTAR

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.