Β 5 Tanda Wanita Mandiri Secara Finansial – Menjadi seseorang yang mandiri secara finansial mungkin menjadi impian bagi kebanyakan wanita.

Memang, selama ini wanita dikenal sebagai perencana dan pengatur keuangan yang baik. Meski demikian, apakah benar Anda sudah mandiri secara finansial? Belum tentu.

Baca juga: Mapan Secara Finansial Sebelum Umur 30? Mungkin! Ini yang Harus Dilakukan Mulai Sekarang

Oleh karena itu, kenali diri Anda dengan baik, sebab masalah keuangan bukanlah sesuatu yang main-main. Di bawah ini ada 5 tanda Anda sudah mandiri secara finansial. Apakah Anda salah satunya?

Β 5 Tanda Wanita Mandiri Secara Finansial

1. Punya penghasilan sendiri dan bebas utang

10 Hal yang Harus Diketahui Setiap Wanita tentang Keuangan 3

Seorang wanita yang memiliki penghasilannya sendiri bisa memenuhi kebutuhannya sehari-hari.

Penghasilannya tersebut pun juga digunakan untuk persiapan di masa depan, misalnya untuk dana darurat atau dana pensiun. Mandiri secara finansial berarti tidak lagi bergantung pada orang lain, misalnya orangtua atau kerabat.

Baca juga: 6 Kesalahan yang Sering Dilakukan Wanita dalam Mengatur Keuangan

Kemudian, selain memiliki penghasilan sendiri, tanda lainnya adalah Anda bebas dari utang. Memang, membeli sesuatu dengan cara mencicil adalah hal yang biasa terjadi. Misalnya, ingin membeli motor.

Namun, bukan soal utang atau cicilan yang jadi masalah, melainkan bagaimana Anda membayar utang tersebut hingga lunas, tanpa menganggu pembiayaan kehidupan sehari-hari.


2. Memiliki tujuan keuangan

tips mempersiapkan biaya pernikahan - cara mempersiapkan biaya pernikahan

Poin kedua ini juga tidak kalah pentingnya. Memiliki tujuan keuangan adalah hal yang baik karena itu berarti berarti Anda memiliki perencanaan jangka pendek dan jangka panjang, terkait apa yang ingin Anda capai di masa depan.

Ambil contoh, Anda ingin memiliki apartemen sendiri, Anda ingin traveling ke Eropa selama sebulan penuh, Anda ingin menikah.

Baca juga: 10 Hal yang Harus Diketahui Setiap Wanita tentang Keuangan

Nah, guna memenuhi semua tujuan keuangan tersebut, Anda pun perlu mengetahui bagaimana cara merealisasikannya.

Apakah dengan menabung saja cukup untuk membeli apartemen? Apakah dengan membuka bisnis sendiri, bisa dijadikan modal tambahan untuk menikah nanti?


3. Tidak boros, apalagi terpengaruh gaya hidup mewah

4 Tips Cara Hidup Hemat di Jakarta4
Shopping

Bayangkan, anggaplah Anda adalah sorang karyawan yang bekerja di Jakarta. Seperti yang diketahui, biaya hidup enak dan nyaman di Jakarta tidaklah murah.

Baca juga: Kantong Bolong Gara-gara Doyan Belanja? Simak 5 Cara Mengatasinya!

Belum lagi, gaya hidup mewah yang kian digembar-gemborkan di media sosial seolah merasuki banyak orang untuk memiliki kehidupan serupa.

Faktanya, gaya hidup mewah tidak melulu memberikan kebahagiaan. Banyak yang sudah memiliki rumah atau kendaraan sendiri, tatpi merasa belum mendiri secara finansial.

Baca juga: Yuk, Intip Strategi Mengatur Keuangan Berdasarkan Zodiak!

Oleh karena itu, gaya hidup sederhanalah yang seharusnya diagungkan. Anda tidak perlu takut akan krisis global karena Anda bukanlah orang yang boros. Anda juga tidak suka menghambur-hamburkan uang demi hal-hal tiak bermanfaat.


4. Berinvestasi sejak dini

pendapatan dari gaji - uang - Investasi Dengan Modal Rp 1 Juta - Mengumpulkan Modal Investasi

Menabung untuk masa depan memang penting. Namun, jangan harap Anda mampu menjadi mandiri secara finansial jika tidak berinvestasi sejak dini. Investasi sendiri bisa dilakukan dalam berbagai bentuk.

Misalnya, investasi online peer-to-peer lending di KoinWorks yang bisa dimulai dari Rp100 ribu saja. Dengan berinvestasi, Anda bisa mendapatkan bunga efektif mulai dari 18% per tahun.

Baca Juga: Begini Cara Kerja KoinWorks dalam Hal Investasi Fintech Lending

Pilihlah pula investasi terpercaya yang sudah terdaftar resmi dan diawasi OJK.

Perlu diingat, ketika berinvestasi, Anda juga harus mendiversifikasikan portofolio Anda. Mengapa? Sebab, ini merupakan strategi yang ampuh untuk memaksimalkan keuntungan investasi Anda. Dengan begitu, tujuan keuangan Anda bisa tercapai.


5. Siap mental hidup prihatin

umur usia 20-an - millennial - anak millennial

Mandiri secara finansial juga berarti Anda siap mental untuk hidup prihatin. Maksudnya, jika suatu saat nanti kondisi finansial Anda sedang tidak memungkinkan, kebahagiaan Anda tidak terganggu.

Hal ini dikarenakan uang bukanlah sesuatu yang mudah membuat Anda merasa khawatir. Toh, bukannya Anda sudah mempersiapkan Dana Darurat?

Baca juga: 3 Hal Yang Membuat Millenial Kehabisan Uang dan Cara Mengatasinya

Yang paling penting dari semua hal di atas adalah Anda menyadari bahwa kemandirian finansial bisa dicapai dengan adanya perencanaan matang dan kedisiplinan.

Mandiri secara finansial bukan berarti Anda harus menjadi orang yang kaya raya, melainkan membuat hidup Anda lebih nyaman dan bebas dari segi keuangan.

Nah, itulahΒ  5 tanda wanita mandiri secara finansial. Andakah salah satunya?


Agar kami dapat memahami kebutuhan informasi Anda dengan baik dan menyediakan konten yang berkualitas serta informatif kepada setiap pembaca, mohon luangkan waktu untuk mengisi survey singkat di halaman berikut.


Punya pertanyaan seputar KoinWorks?

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.