Perlu Dicatat, Ini 3 Manfaat Kasbon atau Salary Advance untuk Karyawan

manfaat kasbon - koingaji - koinworks

Perlu Dicatat, Ini 3 Manfaat Kasbon atau Salary Advance untuk Karyawan – Banyak perusahaan yang menawarkan dan menyediakan beragam fasilitas untu karyawan.

Hal ini tidak hanya dapat menarik calon karyawan baru, tetapi juga dapat menimbulkan loyalitas karyawan pada perusahaan.

Dari banyaknya fasilitas yang ada, salah satu yang sangat membantu karyawan adalah adanya kasbon atau salary advance.

Kasbon adalah keadaan di mana karyawan mengambil sebagian gajinya duluan sebelum hari gajian.

Nantinya, pembayarannya biasanya akan langsung dipotong dari gaji karyawan saat gajian tiba.

Fasilitas ini dinilai lebih dapat membantu karyawan saat mereka punya keperluan mendesak dan butuh dana dibandingkan dengan meminjam ke bank.

Manfaat kasbon juga sebenarnya tidak hanya dirasakan oleh karyawan, tetapi juga perusahaan lho. Lalu, apa saja manfaat kasbon?


Perlu Dicatat, Ini 3 Manfaat Kasbon untuk Karyawan

Loyalitas Karyawan Membaik

manfaat kasbon - karyawan - senang - strategi marketing

Secara tidak langsung, adanya fasilitas seperti ini akan sangat memudahkan karyawan dalam memenuhi kebutuhan mendesaknya. Tentu saja, fasilitas yang ditawarkan perusahaan ini bisa menjadi keunggulan di mata karyawan.

Maka, dari loyalitas merupakan manfaat kasbon yang bisa dirasakan oleh perusahan. Alasannya? karena secara tak langsung, karyawan akan terikat selama pinjamannya masih berlangsung.


Produktivitas Karyawan Meningkat

manfaat kasbon - konten - kolaborasi karyawan - kantor (5) - tips investasi untuk PNS

Karyawan memiliki beragam kebutuhan dan tak bisa dipungkiri bahwa kadangkala adanya gaji atau tunjangan tidak mencukupi.

Banyak hal yang bisa terjadi, seperti munculnya kejadian tidak terduga atau hal lain yang membutuhkan sejumlah dana dalam tenggat waktu mendesak.

Tentu saja, jika perusahaan dapat memberikan dukungan terhadap kehidupan karyawan, mereka bisa merasa terbantu dan “berhutang budi” pada perusahaan.

Tak hanya itu, pikiran mereka juga bisa menjadi lebih tenang karena masalahnya keuangannya terbantu, jadi mereka akan lebih fokus dalam bekerja.


Biaya Pengelolaan Lebih Efisien

manfaat kasbon - tabungan pendidikan anak - hitung biaya pendidikan

Jika dua manfaat kasbon di atas terpenuhi, tentu turnover di perusahaan menjadi rendah dan hal ini, dapat mengurangi beban personalia perusahaan.

Alasannya karena HRD tidak perlu mengeluarkan biaya rekrutmen yang melonjak di kuartal tertentu.

Tak hanya itu, jika karyawan bisa lebih lama bertahan dalam suatu perusahaan, maka manajemen dapat merancang program-program peningkatan sumber daya manusia dengan lebih baik.


Setelah mengetahui manfaat kasbon dari poin-poin di atas, ada di benak kamu sebagai seorang HRD atau pemilik perusahaan untuk memberikan fasilitas kasbon.

Tapi perlu diingat, bahwa untuk memberlakukan fasilitas ini, kamu harus memiliki administrasi yang baik, sehingga tidak ada kerugian pada kedua belah pihak, perusahaan dan karyawan.

Tak hanya itu, kamu juga harus memastikan bahwa fasilitas salary advance karyawan tidak mengganggu arus kas perusahaan.

Sebagai solusinya KoinGaji dari KoinWorks siap membantu kamu dalam melakukan transaksi salary advance ini.

Dengan menggunakan KoinGaji, kamu sebagai pemilik perusahaan atau bagian HRD tak perlu repot mengurus administrasi, semua akan dilakukan oleh pihak KoinWorks.

Selain itu, karyawan juga bisa tetap mendapatkan salary advance hingga 80% gaji melalui sistem peer-to-peer lending, tanpa membebani arus kas perusahaan.

Bagaimana cara bergabung dengan KoinGaji?

Perusahaan harus melakukan kerjasama terlebih dahulu dengan tim KoinWorks, untuk bisa memulai menggunakan KoinGaji.

Kamu bisa mengisi form di bit.ly/koingajiform dan tim kami akan segera menghubungi kamu.

Setelah ketentuan yang diharuskan telah selesai terpenuhi, karyawan bisa mengajukan salary advance melalui aplikasi KoinWorks dengan mudah.

Yuk, jadikan karyawan tetap produktif dengan KoinGaji dari KoinWorks!

Dapatkan berbagai informasi seputar Panduan KoinGaji dan Daily lainnya hanya di KoinWorks.

Tentang Penulis
Firda Nur Asmita

Firda Nur Asmita

As Firda enters her twenties, financial things become exciting stuff for her. Born with no golden steps on her shoes, make her sticks a big goal in life: financial freedom. So here it is, she's digging more and more knowledge to reach her goal. Then, share it with you through something she loves: words.
Kalkulator finansial untuk hitung kebutuhan kamu

Hitung semua keperluan finansial kamu cukup di satu tempat

Punya uang Rp.100 Ribu? Mulai pendanaan sekarang dan dapatkan keuntungan hingga 14,5%.