5 Cara Untuk Menghadapi Situasi Keuangan yang Memburuk – Kemampuan untuk kembali bangkit setelah timbul masalah keuangan adalah suatu keharusan dalam kondisi keuangan yang sedang tidak stabil.

Kondisi keuangan yang tidak stabil bisa dalam bentuk kehilangan pekerjan, timbul masalah kesehatan dan membutuhkan biaya yang besar, sampai permasalahan ekonomi.

Baca Juga: Lakukan 4 Kebiasaan Seorang Jenius Ini agar Anda Lebih Sukses!

Kemampuan untuk bertahan dan kembali pulih dari kemunduran keuangan tergantung pada kemampuan Anda mempersiapkan semua hal sebelum bencana itu datang.

Meskipun Anda tidak bisa memprediksi masalah keuangan, tidak bisa mengendalikannya, dan mencegah bencana keuangan.

Setidaknya ada beberapa hal yang perlu dilakukan untuk menghadapi situasi keuangan yang memburuk.


5 Cara Untuk Menghadapi Situasi Keuangan yang Memburuk

1Melakukan Persiapan

7 Tips Travelling Dengan Teman yang Memiliki Budget Berbeda

Berdasarkan laporan yang dikeluarkan oleh GoBankingRates mengungkapkan bahwa sekitar 39% orang Amerika dari 8.000 orang yang disurvey tidak memiliki tabungan dan sekitar 57% hanya memiliki tabungan kurang dari USD 1000.

Itu artinya hampir 2/3 dari orang yang disurvey tidak bisa menahan kemunduran keuangan yang signifikan.

Baca Juga: Hindari 5 Kesalahan Keuangan yang Bisa Merusak Pernikahan

Kemampuan Anda untuk pulih dari kondisi keuangan yang memburuk berbanding lurus dengan kesehatan keuangan yang dimiliki.

Jika tidak memiliki uang yang disimpan, memiliki banyak hutang, dan tidak mempersiapkan anggaran, Anda akan kesulitan untuk menghadapi situasi keuangan yang buruk.


2Melakukan Latihan

konten - kolaborasi karyawan - kantor (5) - 7 Kesalahan yang Mampu Menghancur Efektivitas Kepemimpinan Anda - 5 Cara Terbaik Untuk Melibatkan Karyawan dalam Pelatihan yang Berkelanjutan

Salah satu bentuk latihan untuk menghadapi kondisi keuangan yang buruk adalah mempersiapkan anggaran dengan baik.

Membuat anggaran akan memungkinkan Anda mengetahui kemana uang yang dimiliki pergi.

Baca Juga: 7 Cara Ampuh Agar Generasi Millennial Berhasil Mengelola Gaji Bulanan

Cara lain yang bisa dilakukan untuk mempersiapkan kejutan keuangan yang bisa saja terjadi di masa depan adalah memotong pengeluaran yang tidak penting.

Mulailah berlatih bersama keluarga untuk memenuhi kebutuhan pokok yang penting dan mulai mengurangi berbagai keperluan yang tidak diperlukan.


3Jangan Mudah Panik

panik pusing stres - 6 Langkah Mudah Ubah Stres Jadi Uang, Coba Bersama Yuk!- pensiun dini - kehilangan fokus - strategi untuk pensiun dini-mempersiapkan dana pensiun- stres-masalah-keuangan

Saat masalah keuangan terjadi, penting untuk tetap tenang dan tidak panik. Saat Anda tertekan, maka keputusan yang diambil akan membuat masalah semakin memburuk.

Oleh karena itu, penting untuk menilai situasi keuangan dan menemukan berbagai solusi yang memungkinkan sebelum membuat keputusan.


4Membuat Prioritas Keuangan

Menggabungkan Keuangan Sebelum Menikah

Selanjutnya, Anda perlu menetapkan prioritas keuangan sebelum bencana datang. Anda harus selalu merencanakan berbagai kebutuhan dasar, seperti makanan, perumahan, transportasi, dan lain sebagainya.

Prioritaskan kebutuhan yang bisa menjaga diri Anda dan keluarga tetap hidup, merasa nyaman, sehat, dan aman.


5Bersikap Proaktif

mitigasi risiko - bisnis-sukses-tips-bersama temann-

Hal terakhir yang perlu dilakukan sebelum dan selama masalah keuangan terjadi adalah selalu bersikap proaktif.

Proaktif artinya Anda secara aktif menemukan berbagai solusi keuangan untuk mengatasi masalah dan mencegah hal buruk semakin parah.

Misalnya saja Anda mulai mendanai agar berbagai kebutuhan di masa depan dapat terpenuhi dengan baik, mulai mempersiapkan dana darurat agar bisa membantu Anda mengatasi masalah keuangan, ย dan belajar berhemat.

Baca Juga: 7 Teknik Membuat Keputusan Keuangan yang Lebih Cerdas, Patut Ditiru!

Jika Anda takut dengan resiko investasi yang bisa saja terjadi, maka kami menyarankan Anda untuk mulai mendanai di KoinWorks.

KoinWorks adalah platfom investasi yang memungkinkan Anda bisa berinvestasi dengan dana minim mulai dari Rp100.000 saja.

Dengan dana yang terbatas potensi imbal hasil yang akan didapatkan mencapai lebih dari 21,32% per tahun.

Bagaimana dengan resiko investasi?

Tenang saja, KoinWorks telah menawarkan fasilitas dana proteksi yang nilainya sampai dengan 100% tergantung tingkat resiko yang diambil.

Dengan demikian, Anda tidak perlu khawatir saat hasil investasi tidak berjalan sesuai dengan harapan.

Dengan menerapkan 5 langkah di atas, maka Anda telah berada di jalur yang benar untuk menghadapai situasi keuangan yang memburuk. Semoga bermanfaat!


Agar kami dapat memahami kebutuhan informasi Anda dengan baik dan menyediakan konten yang berkualitas serta informatif kepada setiap pembaca, mohon luangkan waktu untuk mengisi survei singkat berikut:

Isi Survei
.

Tersedia di: ย 

Mulai perjalanan finansialmu, dengan caramu.

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.