Jawab 4 Pertanyaan Ini Sebelum Anda Membeli Barang Mahal – Salah satu hal yang bisa dilakukan dengan uang adalah membuat keputusan terbaik tentang cara Anda menghabiskannya.

Saat Anda melakukan pembelian mungkin sering terlintas tentang apakah pembelian ini masuk akal dan sepadan dengan harganya.

Untuk menentukan apakah pembelian tersebut sepadan, berikut ini 4 pertanyaan yang perlu Anda jawab sebelum membeli barang mahal.

Jawab 4 Pertanyaan Ini Sebelum Anda Membeli Barang Mahal

1Mampukah Anda Membelinya?

rumah-desain-model-tipe

Pertanyaan mendasar yang wajib dijawab adalah apakah pembelian tersebut bisa Anda penuhi atau Anda harus berhutang untuk membelinya. Hal ini sangat penting dijawab untuk memastikan bahwa pembelian tersebut tidak akan menyebabkan kerugian keuangan.

Lebih baik melakukan pembelian barang secara tunai daripada membeli barang dengan cara kredit yang mengharuskan Anda membayar pokok utang ditambah dengan beban bunga.


2Apakah Pembelian Tersebut Diperlukan?

pamer - Cara Mengatasi Kantong Bolong Gara-gara Doyan Belanja - Berencana Membeli Barang Mewah? Sebaiknya Tanyakan Hal Ini Kepada Diri Sendiri! - 8 Juta untuk Hidup di Jakarta - investasi tas mewah - merek tas mewah

Tentukan apakah pembelian yang akan dilakukan bermanfaat untuk memenuhi kebutuhan atau hanya sekedar memenuhi gaya hidup saja. Prioritaskan pembelian yang bermanfaat untuk kebutuhan sehari-hari dan jangan hanya untuk memenuhi gaya hidup saja.

Pertimbangkan apakah barang tersebut akan benar-benar digunakan dan berapa sering item tersebut akan digunakan.

Jika barang yang akan dibeli hanya sesekali saja, maka lebih masuk akal untuk menyewa barang atau meminjam dari orang lain saja. Bersikaplah realistis tentang seberapa penting dan berguna barang tersebut di dalam hidup Anda.


3Akankah Pembelian Tersebut Meningkatkan Kualitas Hidup?

Banyak Orang Kaya Menyesali 4 Pembelian Besar Ini, Apa Saja - jam tangan

Ingatlah bahwa uang adalah salah satu sumber daya yang diperlukan untuk meningkatkan kualitas hidup Anda secara keseluruhan.

Saat Anda akan melakukan pembelian, maka penting untuk mempertimbangkan apakah itu bisa memberikan kesenangan atau tidak. Misalnya saja Anda mengeluarkan uang untuk memperluas wawasan, pengalaman baru, atau kenangan yang sulit dilupakan.

Pengeluaran seperti  di atas tidak akan Anda sesali, karena bisa memperkaya dan meningkatkan kualitas hidup.


4Apakah Pembelian Sesuai dengan Tujuan Anda?

mempersiapkan keuangan menjelang liburan dengan investasi - 1

Segera mencari tahu apa yang penting dan menjadi tujuan Anda di masa depan. Misalnya Anda ingin membeli rumah impian, berlibur ke negara asing, membeli mobil impian, atau memiliki tabungan yang cukup untuk masa pensiun.

Jika tujuan di masa depan sudah diketahui, maka Anda bisa menentukan pengeluaran apa yang cocok dengan tujuan tersebut.

Misalnya Anda ingin berlibur ke negara asing, maka penting untuk menyisihkan uang untuk menabung agar tujuan tersebut dapat tercapai. Atau Anda ingin membeli rumah, maka mulailah berinvestasi dari sekarang agar pembayaran DP bisa dilakukan di masa depan.

KoinWorks bisa menjadi instrumen yang akan membantu Anda mencapai tujuan keuangan di masa depan. Anda hanya perlu mengalokasikan dana mulai dari Rp100.000 untuk berinvestasi.

Imbal hasil yang bisa didapatkan saat berinvestasi di KoinWorks mencapai lebih dari 21,32% per tahun. Andalkan juga fitur RoboLending dan Auto Purchase untuk mengotomatisasikan kegiatan investasi Anda. Dengan demikian, kegiatan investasi Anda akan lebih fleksibel dan efisien.

Nah, itulah dia 4 pertanyaan yang mesti Anda jawab sebelum membeli barang mahal. Semoga membantu Anda membuat pembelian yang lebih bijaksana!


Agar kami dapat memahami kebutuhan informasi Anda dengan baik dan menyediakan konten yang berkualitas serta informatif kepada setiap pembaca, mohon luangkan waktu untuk mengisi survei singkat berikut:

Isi Survei
.

Tersedia di:  

Mulai perjalanan finansialmu, dengan caramu.

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.