Home » Blog » Gaya Hidup » 7 Menteri Termuda di Dunia, Ada yang Memulai Karirnya di Usia 25 lho!

7 Menteri Termuda di Dunia, Ada yang Memulai Karirnya di Usia 25 lho!

pengusaha muda Indonesia yang mendunia- 7 menteri termuda di dunia

7 Menteri Termuda di Dunia, Ada yang Memulai Karirnya di Usia 25 lho!– Memasuki revolusi 4.0, bisa dibilang bahwa saat ini Indonesia sedang memberikan harapan baru kepada para anak muda Indonesia.

Hal ini terlihat dari upaya Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo yang sedang mempercayakan urusan negara kepada para millenial. Mereka diunjuk untuk menjadi Menteri di Kabinet Indonesia Maju ataupun menjadi staff khusus kepresidenan.

Adapun, beberapa anak muda yang telah diberikan kepercayaan oleh Presiden Joko Widodo, yaitu Nadiem Makariem (35 thn), mantan CEO Go-Jek, Putri Tanjung(23 thn) CEO Creativepreneur, Adamas Belva (29 thn), CEO Ruangguru.com dan beberapa anak muda lainnya.

Namun, tidak hanya di Indonesia saja. Terdapat beberapa millenial di luar sana yang berhasil menempati posisi sebagai menteri, bahkan pada saat usianya 20-an lho!

Kali ini, KoinWorks merangkum 7 millenial yang telah diberikan kepercayaan oleh negaranya masing-masing untuk menjadi menteri. Yuk, kita simak, siapa saja 7 millenial tersebut.


7 Menteri Termuda di Dunia, Ada yang Memulai Karirnya di Usia 25 lho!

Shamma Al-Mazrui – Menteri Urusan Kepemudaan UAE (25 tahun)

Shamma Al-Mazrui - 7 menteri termuda di dunia

Saat ini, Shamma Al Mazrui telah diberikan kepercayaan untuk menjabat sebagai Menteri Urusan Kepemudaan Uni Emirat Arab. Shamma menjabat sebegai menteri pada saat usianya 22 tahun di tahun 2016.

Baca juga: Hindari Kebiasaan Ini Jika Anda Ingin Menjadi Salah Satu Pengusaha Sukses

Selain handal di bidang politik, Shamma juga dikenal pintar di bidang pendidikan lho. Ia
telah menamatkan gelar sarjana bidang ekonomi di New York University Abu Dhabi dan melanjutkan gelar magister kebijakan publik dari Oxford University.


Anupriya Patel – Menteri Kesehatan India (35 tahun)

Anupriya Patel - 7 menteri termuda di dunia

Pada tahun 2016, Anupriya Patel dinobatkan oleh majelis parlemen India sebagai Menteri Kesehatan dan Kesejahteraan Keluarga.

Adapun usia wanita kelhiran 28 April 1981 ini ketika menjabat sebagai menteri adalah 35 tahun dan pada usia 31 tahun ia terpilih menjadi anggota legislatif untuk konstituen Rohaniya.

Anupriya Patel sendiri adalah penyandang gelar S2 Psikologi dan Master in Business Administration dari Universitas Perempuan Lady Shri Ram, Universitas Amity dan Universitas Kanpur itu pernah menjabat sebagai sekretaris jenderal Partai Apna Dal.


Simon Harris – Menteri Kesehatan Irlandia (33 tahun)

simonharris- 7 menteri termuda di dunia

Pada 2016, Simon Harris dipercaya untuk menjadi Menteri Kesehatan Irlandia. Saat itu, Simon Harris baru berusia 29 tahun ketika ia sedang dilantik.

Namun, sebelum menjabat sebagai menteri Kesehatan Irlandi, Simon mejabat sebagai Menteri negara Bagian di Departemen Keuangan PER dan Taoiseach 2014-2016 serta bertanggung jawab khusus untuk pengadaan umum, dan internasional.

Baca juga: 5 Pengusaha Muda Indonesia yang Sukses Masuk Daftar Forbes 30 Under 30 Asia

Kini, Simon pun telah dinobatkan menjadi menteri termuda di Irlandia, yaitu dengan usia 33 tahun.


Sebastian Kurz – Menteri Urusan Luar Negeri dan Integrasi Austria (33 tahun)

Sebastian Kurz - 7 menteri termuda di dunia

Bisa dibilang bahwa Sebastian Kurz adalah pemimpin termuda yang pernah dimiliki Austria.

Pada saat Austria pernah membuat keputusan besar untuk menjadikan Sebastian Kurz sebagai menteri Urusan Luar Negeri dan Integrasi, ia masih berusia 27 tahun di tahun 2017.

Sebastian Kurz sendiri telah berpengalaman di bidang politik. Terbukti bahwa ia sudah terjun ke dunia politik sejak 2013 sebagai anggota Partai Rakyat Austria. Di usia 31 tahun, Sebastian menjabat sebagai Presiden Austria setelah partai yang dipimpinnya memenangkan pemilu.


Syed Saddiq – Menteri Pemuda dan Olahraga Malaysia (27 tahun)

syed saddiq- 7 menteri termuda di dunia
Youth & Sports Minister,YB Syed Saddiq Syed Abdul Rahman

Selain dikenal karena menjadi menteri termuda dalam sejarah di Malaysia, Syed Saddiq pun menjadi viral dikarenakan parasnya yang rupawan.

Syed Saddiq adalah Menteri Pemuda dan Olahraga di Malaysia, yang mana pada saat menerima jabatan tersebut ia masih berusia 25 tahun.

Salah satu menteri yang ngefans sama Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo ini adalah lulusan dari International Islamic University Malaysia jurusan hukum.


Nadiem Makariem – Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Indonesia (35 tahun)

pengusaha muda Indonesia yang mendunia- 7 menteri termuda di dunia

Tampaknya tidak afdal jika kita tidak membahas salah satu menteri di Indonesia, yang sempat menghebohkan jagad raya beberapa waktu lalu, yaitu Nadiem Makarim.

Sebelum menjabat sebagai menteri pendidikan dan kebudayaan RI di kabrinet Indonesia maju, Nadiem pun dikenal sebagai pembawa terobosan baru di tanah air, yaitu dengan menciptakan teknologi transportasi online, atau yang dikenal dengan Go-Jek.

Kesuksesannya menjadi CEO Go-Jek diraihnya pada saat usia 30 tahun. Kini, ia pun telah menjadi salah satu kepercayaan Presiden pada usia 35 tahun.

Baca juga: Perjalanan 5 pengusaha Indonesia yang mendunia

Nadiem pun diharapkan dapat memberikan terobosan-terobosan baru di dunia pendidikan, seperti halnya yang ia lakukan di perusahaan Go-Jek yang telah ia bangun.


Sanna Marin – Menteri Transportasi Finlandia (34 tahun)

sanna marin - 7 menteri termuda di dunia

Tidak kalah dengan negara lainnya, Finlandia pun kini memiliki menteri termuda yang berusia 34 tahun, yaitu Sanna Marin.

Sanna Marin diberikan kepercayaan untuk menjadi menteri transportasi setelah perdana menteri Rinne mengundurkan diri.

Dikutip dari The Guardian, selain menjadi menteritermuda di Finlandia, Sanna Marin juga menjadi perdana menteri perempuan ketiga di Finlandia.

Ibu Muda dengan satu orang putri ini dikenal mengalami peningkatan di karir politiknya sejak ia menjadi wali kota di kota asalnya, yaitu Tampere pada usia 27 tahun, dan bergabung dengan parlemen pada tahun 2015.


Berikut tadi adalah 7 menteri termuda dari berbagai negara. Jika saat ini sebagian anak berusia muda mungkin masih disibukkan dengan problematika tentang pendidikan, kehidupan atau bahkan mengikuti perkembangan teknologi dan smartphone terbaru.

Hanya segelintir dari mereka yang tertarik dengan urusan politik, tidak sedikit juga yang masih apatis terhadap persoalan politik.

Namun, akhir-akhir ini tampaknya banyak perubahan pada pola pikir banyak anak muda. Saat ini dunia politik mulai diminati oleh kalangan muda karena terjun ke dalam politik sepertinya dapat menjanjikan kesuksesan.

Seperti beberapa anak muda yang telah dijelaskan di atas, dengan usia muda tersebut mereka sudah dipercaya menjadi seorang menteri.

Dengan begitu, anggapan bahwa untuk menjadi menteri hanya bagi mereka yang berusia 40 tahun keatas tampaknya tidak lagi berlaku. Karena siapa pun bisa menempati posisi tersebut, meskipun ia berusia 25 tahun ataupun seorang wanita.

Sama halnya dengan KoinWorks, siapa pun bisa mendanai atau memberikan pengaruh baik bagi sekitarnya.

Siapa pun kamu, mahasiswa, ibu rumah tangga atau pun karyawan bisa turut membantu perkembangan ekonomi Indonesia ataupun UMKM Indonesia. Karena, kini kamu bisa mulai mendanai hanya dengan Rp100.000.

Dengan mendanai di KoinWorks, selain bisa turut memajukan perekonomian Indonesia, kamu pun bisa mendapatkan pendapatan tambahan, karena kamu bisa mendapatkan imbal hasil hingga 21,32%.

Yuk, saatnya mulai mendanai untuk memberikan pengaruh yang baik di lingkungan sekitar kamu. Karena siapa pun bisa!

Langganan via Email​

Dapatkan Tips dan Berita Keuangan Gratis di Inbox Anda​

Waah, dapet modal awal 475 ribu pas daftar :), kode promo BUTUHUANG