Home » Blog » Gaya Hidup » Jangan Mulai Berkeluarga Jika Belum Mencapai 4 Sasaran Keuangan Ini

Jangan Mulai Berkeluarga Jika Belum Mencapai 4 Sasaran Keuangan Ini

anak - keluarga - menabung - menghemat pengeluaran dalam keluarga - 5 Tips Keuangan untuk Keluarga yang Memiliki Satu Sumber Penghasilan - Orangtua Perlu Melakukan 6 Hal Ini Jika Ingin Mengajari Anak Investasi - Jangan Mulai Berkeluarga Jika Belum Mencapai 4 Sasaran Keuangan Ini

Jangan Mulai Berkeluarga Jika Belum Mencapai 4 Sasaran Keuangan Ini – Memulai sebuah keluarga dan membesarkan anak membutuhkan biaya yang tidak sedikit. Belum lagi saat harus memberikan mereka pendidikan sampai ke perguruan tinggi.

Oleh karena itu, sangat masuk akal jika Anda perlu mencapai tujuan keuangan tertentu sebelum memulai sebuah keluarga. Dengan persiapan keuangan yang baik, Anda bisa lebih mudah membesarkan anak-anak dan memenuhi berbagai kebutuhan mereka.

Baca Juga: Menikah Tanpa Wedding Organizer Ternyata Lebih Hemat Budget!

Simak 4 sasaran keuangan di bawah ini yang harus dicapai sebelum mulai berkeluarga dan memiliki anak.


Jangan Mulai Berkeluarga Jika Belum Mencapai 4 Sasaran Keuangan Ini

Memiliki Dana Darurat Sedikitnya 6 Bulan Biaya Hidup

mempersiapkan dana darurat - emergency fund - 5 Cara Sederhana Menyimpan Dana Darurat, Jangan Sampai Anda Berhutang!

Saat memiliki anak, Anda akan dihadapkan dengan berbagai keadaan yang mungkin terjadi di masa depan. Misalnya saja biaya medis yang tidak ditanggung asuransi, kemungkinan mendapatkan PHK, dan keadaan mendesak yang lainnya.

Sebagian besar pakar keuangan merekomendasikan untuk memiliki setidaknya 6 bulan biaya hidup agar disimpan dalam rekening tabungan dana darurat.

Apakah Anda telah memilikinya?


Pekerjaan yang Stabil dan Menghasilkan

multitasking - 4 Alasan Utama yang Membuat Banyak Orang Mengubur Impian Mereka -7 Tanda Anda Bekerja Berlebihan, Yuk Utamakan Kesehatan Anda!

Anda membutuhkan penghasilan tetap untuk membayar berbagai biaya membesarkan anak-anak.

Salah satu cara terbaik untuk mendapatkan penghasilan yang tetap adalah membangun karier yang stabil di bidang yang Anda tekuni. Pastikan Anda telah memiliki beberapa tahun pengalaman kerja sebelum memiliki anak.

Baca Juga: Menikah Tanpa Bantuan Orang Tua, Siap-Siap Mendapatkan Keuntungan Ini

Pengalaman dan kompetensi yang lebih baik di bidang pekerjaan membuat Anda memiliki resiko yang lebih rendah untuk kehilangan pekerjaan.

Meskipun masih ada kemungkinan kehilangan pekerjaan, Anda akan lebih mudah menemukan pekerjaan baru nantinya.


Menabung untuk Pensiun

Kesalahan Menabung Dana Pensiun

Mungkin Anda berpikir bahwa pensiun masih jauh dan tidak perlu terlalu dini mempersiapkannya. Faktanya adalah tidak pernah ada alasan terlalu dini untuk mulai menabung dana pensiun.

Semakin awal Anda mulai mempersiapkan dana pensiun, maka akan semakin banyak uang yang bisa dimanfaatkan setelah Anda meninggalkan dunia pekerjaan.

Baca Juga: Bingung Mau Menikah di Gedung atau Rumah? Cek Ini Dulu, Yuk!

Tidak hanya mempersiapkan dana pensiun saja, Anda juga perlu mempersiapkan investasi agar bisa memenuhi kebutuhan di masa depan dengan mudah.

Ingin berinvestasi tapi ingin memulainya dengan dana yang minim? Yuk, coba berinvestasi di KoinWorksCukup menyediakan dana mulai dari Rp100.000, Anda sudah bisa mendapatkan imbal hasil mulai dari 21,32% per tahunnya.

Nah, hasil investasi yang Anda lakukan di KoinWorks nantinya bisa digunakan untuk berbagai keperluan keluarga, misalnya untuk dana pendidikan anak, dana liburan, dan lain sebagainya.


Merencanakan Pendidikan Tinggi untuk Anak Anda

Manfaat bahasa Inggris adalah membuat Anda bisa berkuliah di luar negeri - 5 Langkah Penting untuk Mencapai Impian dan Kesuksesan, Raih Apapun yang Diinginkan! - 5 Langkah Keuangan yang Harus Dilakukan Setelah Lulus dari Perguruan Tinggi

Meskipun masuk ke perguruan tinggi masih sangat lama, Anda tetap harus mempersiapkan dananya sejak dini.

Kami menyarankan Anda untuk mempersiapkan dana pendidikan tinggi di pasar saham. Investasi di pasar saham bisa memberikan imbal hasil yang tinggi, jika berinvestasi dalam jangka panjang yaitu di atas 10 tahun.

Apakah Anda telah mempersiapkan 4 hal yang ada di atas?

Baca Juga: Menikah Dengan Budget Seminim Mungkin? Bisa Kok!

Jika belum mulailah memiliki dana darurat minimal 6 bulan biaya hidup, memiliki pekerjaan yang stabil, mempersiapkan investasi, dan mulai mempersiapkan dana pendidikan untuk mereka.

Menjadi kepala keluarga yang berencana akan memudahkan anggota keluarga untuk terpenuhi berbagai kebutuhan mereka di masa depan. Sebagai orang tua, Anda memiliki kewajiban untuk menafkahi mereka, memenuhi kebutuhan pokok, menjaga mereka, dan memberikan pendidikan yang baik.

Semoga pembahasan di atas bisa menjadi inspirasi bagi Anda yang memiliki rencana untuk menikah dan memiliki anak dalam waktu dekat ini. Jangan sampai karena tidak mempersiapkan keuangan dengan baik, anggota keluarga Anda tidak terpenuhi kebutuhannya.


Artikel Lainnya

Langganan via Email​

Dapatkan Tips dan Berita Keuangan Gratis di Inbox Anda​

Waah, dapet modal awal 475 ribu pas daftar :), kode promo BUTUHUANG