6 Alasan Perlu Memiliki Pekerjaan Atau Bisnis Sampingan – Saat ini banyak sekali orang yang bekerja sebagai karyawan di sebuah perusahan dan menghabiskan sebagian besar waktu mereka untuk bekerja dari pagi sampai sore.

Hal yang menjadi permasalahan adalah tidak semua orang menyukai rutinitas harian yang demikian, ditambah lagi dengan pendapatan yang terbatas setiap bulannya.

Sehingga ada sebagian masyarakat yang mencari kesibukan lain di luar pekerjaan utama mereka, salah satunya adalah dengan bekerja atau berbisnis sampingan.

Baca juga: 12 Tujuan Keuangan Pada Usia 30 Tahun yang Harus Dicapai

Ternyata ada 6 alasan mengapa memiliki pekerjaan atau bisnis sampingan di luar pekerjaan utama sangat menguntungkan untuk dilakukan. Mari kita simak penjelasannya di bawah ini.

6 Alasan Perlu Memiliki Pekerjaan Atau Bisnis Sampingan

1Melakukan Apa yang Disukai

Memiliki pekerjaan sampingan atau bisnis sampingan memungkinkan Anda untuk melakukan sesuatu hal yang disukai. Anda bisa memulai sesuatu dari hobi yang disukai, bisa dengan berdagang makanan ringan, mendesain brosur, atau pekerjaan yang lainnya.

Saat Anda melakukan sesuatu yang disukai, maka Anda tidak akan melihat pekerjaan atau bisnis yang dilakukan sebagai aktivitas yang membosankan. Hal ini dapat terjadi karena Anda melakukannya dengan senang hati.


2Berpotensi Untuk Bertemu dengan Orang Baru

Jika Anda bekerja di sebuah kantor, maka orang yang akan ditemui hanya teman-teman yang sama setiap harinya. Anda juga akan melakukan hal yang sama dan berbicara dengan orang sama setiap harinya.

Hal di atas sangat berbeda saat Anda memiliki bisnis atau pekerjaan sampingan, dimana Anda bisa bertemu dengan pelanggan baru, supplier baru, dan klien yang baru. Hal ini tentu saja akan semakin mengasah kemampuan sosial dan komunikasi yang Anda miliki.


3Membuat Lebih Bahagia

Masalah keuangan merupakan salah satu tekanan terbesar yang dialami oleh sebagian besar masyarakat. Jumlah pendapatan yang terbatas membuat Anda kesulitan untuk memenuhi berbagai kebutuhan dalam hidup.

Apalagi jika Anda bekerja pada level staff dan masih memiliki jumlah penghasilan yang tidak terlalu besar.

Baca juga: 5+ Cara Menghemat Biaya Hidup Agar Keuangan Bisa Selamat

Memiliki pekerjaan atau bisnis sampingan memungkinkan Anda untuk menghasilkan uang ekstra setiap bulan.

Kelebihan uang tersebut bisa Anda gunakan untuk hal-hal yang bermanfaat dan menyenangkan seperti berinvestasi, membeli pakaian baru, pergi berjalan-jalan dengan keluarga, dan lain sebagainya.

Namun dari beberapa pilihan di atas, kami lebih menyarankan untuk menginvestasikan kelebihan dana yang didapatkan. Cukup sisishkan Rp100.000 setiap bulan, maka Anda sudah bisa berinvestasi di KoinWorks.

KoinWorks merupakan platform investasi peer to peer lending yang akan mempertemukan para investor dengan penerima pinjaman

Dari kerja sama ini akan ada dua pihak yang mendapatkan keuntungan, di mana investor mendapatkan imbal hasil atas investasi dan penerima pinjaman mendapatkan dana yang bisa mereka manfaatkan.


4Bisa Mengasah Keterampilan Anda

Alasan paling jelas dan bisa membawa manfaat saat melakukan pekerjaan sampingan adalah adanya kesempatan untuk mengasah keterampilan.

Hal yang jarang disadari adalah bisa saja keterampilan yang dikembangkan dari pekerjaan sampingan bisa mendukung pekerjaan utama yang Anda miliki.


5Memperluas Jaringan yang Dimiliki

Saat memiliki pekerjaan atau bisnis sampingan, artinya Anda memiliki kesempatan untuk bertemu dengan orang baru di luar lingkup pekerjaan utama.

Jaringan yang luas akan sangat bermanfaat untuk membantu Anda mengembangkan karir dan pekerjaan di masa depan. Anda juga tidak akan kesulitan untuk menemukan bantuan saat terjadi masalah suatu saat.


6Mendapatkan Uang Ekstra Setiap Bulannya

Seperti yang sudah kita ketahui bersama, bahwa tidak semua perusahaan di Indonesia mampu menggaji karyawannya dengan layak.

Meskipun pemerintah sudah menetapkan upah minimum sebagai patokan gaji, namun masih saja ada beberapa perusahaan kecil yang memberikan bayaran jauh di bawah pendapatan minimum. Hal seperti ini tentu saja akan mempengaruhi kualitas hidup layak yang akan didapatkan.

Dengan adanya pekerjaan atau bisnis sampingan, maka Anda memiliki kesempatan untuk mendapatkan lebih banyak penghasilan setiap bulannya.

Baca juga: 5 Hal yang Patut Dipertimbangkan Saat Membeli Smartphone Baru, Jangan Sampai Memboroskan Uang!

Selain itu, pekerjaan atau bisnis sampingan yang Anda jalani bisa memberikan perlindungan, saat Anda kehilangan pekerjaan utama suatu saat.

Anda tidak perlu terlalu bergantung pada satu aliran pendapatan saja, sebab pekerjaan sampingan bisa membantu saat terjadi krisis keuangan yang menimpa.

Secara garis besar memiliki pekerjaan atau bisnis sampingan memungkinkan Anda mempunyai jumlah penghasilan yang lebih besar setiap bulan.

Jumlah penghasilan yang lebih besar membuat Anda mampu meningkatkan kualitas hidup menjadi lebih baik dari sebelumnya.

Anda bisa menggunakan kelebihan uang tersebut untuk mengajak keluarga pergi berjalan-jalan, makan di luar, membeli pakaian, dan yang terpenting adalah kesempatan untuk berinvestasi lebih besar.

Berinvestasi sangat kami tekankan disini karena investasi yang cerdas dan disiplin bisa membuat Anda mencapai berbagai tujuan keuangan di masa depan.

Hasil investasi yang didapakan bisa digunakan untuk membeli rumah, membiayai dana pendidikan anak, biaya berlibur, dan lain sebagainya.

KoinWorks merupakan salah satu instrumen investasi berbiaya rendah yang bisa dilakukan oleh pemula. Sistem yang bekerja secara online memungkinkan Anda bisa melakukan investasi di mana saja dan kapan saja selama ada koneksi internet yang baik dan memadai.

Semoga bermanfaat dan memberikan banyak inspirasi!


Agar kami dapat memahami kebutuhan informasi Anda dengan baik dan menyediakan konten yang berkualitas serta informatif kepada setiap pembaca, mohon luangkan waktu untuk mengisi survey singkat di halaman berikut.




Punya pertanyaan seputar KoinWorks?

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.