12 Tujuan Keuangan Pada Usia 30 Tahun yang Harus Dicapai – Usia 30 tahun merupakan rentang usia di mana seseorang mulai mendapatkan kemapanan secara finansial.

Hal ini mampu didapatkan karena pada usia 30 tahun, seseorang sudah memiliki pekerjaan yang mampu mencukupi kebutuhan hidupnya dan juga nilai investasi yang mencukupi.

Meskipun demikian tidak semua orang mampu mencapai kemapanan secara finansial pada usia 30 tahun. Untuk itulah, pada artikel ini akan dijelaskan beberapa tujuan keuangan pada usia 30 tahun yang harus dicapai.

12 Tujuan Keuangan Pada Usia 30 Tahun yang Harus Dicapai

1Jangan Bergantung Pada Orangtua

Ini dia tujuan keuangan pada usia 30 tahun yang perlu Anda capai. Ya, sudah menjadi naluri seorang orangtua, di mana mereka ingin membantu anak-anaknya terlepas dari masalah keuangan.

Baca juga: Gaji di Kantor Tidak Cukup? Pelajari 5 Tips Mendapatkan Penghasilan Tambahan

Hal yang menjadi masalah adalah rasa cinta yang mereka berikan kepada anak-anak seringkali menjadi penghalang seseorang untuk bisa dewasa dan mandiri secara finansial.

Oleh sebab itu, berusahalah untuk hidup mandiri dengan menghasilkan pendapatan sendiri dan tidak lagi bergantung pada mereka.


2Terbebas dari Utang

Semua utang yang Anda miliki terutama utang konsumtif harus segera dihapuskan pada saat usia Anda menginjak 30 tahun. Jangan membiasakan diri untuk berutang. Jika Anda memiliki utang, segera lunasilah. Jangan jebak diri Anda sendiri pada sesuatu yang tidak bisa Anda bayar.


3Memiliki Asuransi Kesehatan

Anda yang masih berusia muda mungkin berpikir bahwa asuransi kesehatan bukanlah hal yang penting untuk dimiliki.

Padahal dengan adanya asuransi kesehatan, Anda bisa terhindar dari pengeluaran yang besar untuk membayar biaya pengobatan dan rumah sakit. Penting untuk menyisihkan sebagian pendapatan yang dimiliki untuk dialokasikan ke asuransi kesehatan.


4Jangan Lupa Mencatat Pengeluaran

Aktivitas ini memang terasa membosankan untuk dilakukan, tetapi dengan melakukan pencatatan pengeluaran Anda bisa mengetahui ke mana aliran uang pergi.

Pada saat usia menginjak 30 tahun, Anda harus sudah terbiasa melacak semua pembelian dan pengeluaran yang dilakukan.


5Memiliki Arah Karier yang Jelas

Pekerjaan yang Anda miliki merupakan sumber utama keuangan keluarga. Oleh karena itu, sangat penting untuk sudah mengetahui kemana arah karir dan pekerjaan yang Anda lakukan saat ini.


6Memiliki Portofolio Investasi

Investasi merupakan langkah yang perlu Anda lakukan untuk mencapai berbagai tujuan keuangan di masa depan.

Dengan investasi yang dimiliki, Anda bisa dengan mudah membiayai dana pendidikan anak, membayar DP rumah, membiayai dana pernikahan, dan memiliki dana untuk berlibur.

Lakukan diversifikasi investasi ke berbagai instrumen investasi yang ada, mulai dari saham, reksadana, obligasi, emas batangan, dan peer to peer lending. KoinWorks bisa menjadi instrumen investasi peer to peer lending yang bisa Anda mulai dengan segera.

Melalui KoinWorks, Anda bisa memulai investasi dengan dana minimal  Rp100.000 saja. Modal investasi yang terbilang rendah dan sangat terjangkau untuk sebagian besar masyarakat di Indonesia.

Baca juga: 4 Hal Yang Perlu Dicermati Sebelum Berinvestasi

Hal yang tidak kalah menarik adalah tingkat imbal hasil yang didapatkan dari investasi di KoinWorks berada di atas rata-rata laju inflasi tahunan Indonesia. Ini sangat memungkinkan dana yang Anda tanam bisa tumbuh dengan optimal di masa depan.

Tidak hanya itu saja, investasi yang Anda lakukan di KoinWorks juga bisa membantu perkembangan UMKM di Indonesia. Hal ini bisa terjadi karena KoinWorks akan mempertemukan investor selaku pemilik dana dengan peminjam dana yang dalam hal ini adalah pelaku UMKM di Indonesia.


7Memiliki Dana Darurat

Dana darurat bermanfaat untuk memenuhi pengeluaran darurat yang bisa saja terjadi di masa depan, seperti saat terjadinya PHK sepihak dari perusahaan, ada keluarga yang sakit keras, atau biaya pengobatan yang tidak ditanggung asuransi.


8Memiliki Penghasilan Sampingan yang Menguntungkan

Memiliki pendapatan sampingan apapun bentuknya sangat penting untuk Anda miliki di usia 30 tahun. Temukan sumber penghasilan alternatif di luar pekerjaan utama yang Anda miliki.


9Nilai Kekayaan Bersih yang Positif

Sangat sederhana untuk menilai kekayaan bersih yang Anda miliki, yaitu dengan mencari selisih antara Aset dan Kewajiban saat ini.

Jumlah Aset yang lebih besar dari Kewajiban merupakan pertanda yang baik dan menunjukkan bahwa Anda memiliki nilai kekayaan bersih yang positif.


10Jangan Berorientasi Konsumtif

Jangan mudah tergoda untuk membelanjakan berbagai barang konsumtif di usia 30 tahunan. Kurangi perilaku membeli pakaian baru, membeli gadget baru, atau membeli mobil yang nilainya akan terus menurun di masa depan.


11Rutin Beramal dan Menyisihkan Sebagian Pendapatan Anda

Anda perlu menganggarkan sebagian penghasilan yang didapatkan setiap bulan untuk beramal dan membantu orang yang kurang beruntung. Tidak ada salahnya berbagi kebahagiaan dan menyisihkan sebagian rezeki yang Anda miliki kepada orang lain.


12Hapus Pengeluaran yang Tidak Perlu

Berbagai pengeluaran seperti biaya keanggotaan pusat kebugaran, biaya membeli majalah bulanan, biaya nongkrong setiap minggu, dan rutin menonton ke bioskop sebenarnya bisa Anda batasi.

Anggarkan biaya untuk bersenang-senang dan disiplinlah mengikuti anggaran yang sudah Anda tetapkan tersebut.

Jika perlu Anda bisa menemukan hiburan pengganti yang lebih murah dan tidak perlu mengeluarkan banyak biaya untuk mendapatkannya.

Baca juga: 5 Alasan Mengapa Harus Terus Meningkatkan Pengetahuan tentang Uang, Meskipun Anda Telah Kaya Raya

Misalnya saja dengan berolahraga di rumah dan melakukan gerakan sederhana, membuat kopi sendiri di rumah dibandingkan harus membeli kopi di cafe yang mahal, dan berbagai alternatif yang lain.

Demikianlah 12 tujuan keuangan yang seharusnya Anda capai pada usia ke 30 tahun. Semoga informasi yang kami sampaikan di atas bisa memberikan banyak manfaat untuk Anda semua.

 


Agar kami dapat memahami kebutuhan informasi Anda dengan baik dan menyediakan konten yang berkualitas serta informatif kepada setiap pembaca, mohon luangkan waktu untuk mengisi survey singkat di halaman berikut.


Punya pertanyaan seputar KoinWorks?

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.