4 Hal Yang Perlu Dicermati Sebelum Berinvestasi

·
3 menit
5 Jenis Investasi Populer & Menguntungkan di Indonesia yang Cocok untuk Anda

Beberapa Hal Yang Perlu Dicermati Sebelum Berinvestasi – Berinvestasi atau penanaman modal adalah suatu istilah yang berhubungan dengan keuangan dimana seseorang akan menempatkan uang atau dana dengan harapan untuk memperoleh keuntungan terntentu di masa yang akan datang.

Investasi juga bisa diartikan sebagai aktivitas yang berhubungan dengan usaha penarikan sumber dana yang dipakai untuk mengadakan barang modal yang dapat menghasilkan aliran produk baru.

Baca Juga: Semua yang Perlu kamu Ketahui Tentang Peer to Peer Lending (P2P Lending)

Investasi merupakan cara yang paling banyak dipilih oleh para pelaku bisnis untuk mendapatkan keuntungan dalam jangka waktu yang panjang. Sebelum melakukan investasi seorang pelaku bisnis harus merencanakan tujuan investasi yang jelas dan matang.

Ada dua macam cara yang bisa dilakukan untuk melakukan investasi, yaitu investasi pada aset riil dan investasi ada aset keuangan. Investasi pada aset riil biasanya dilakukan dengan membeli aset bisnis langsung seperti pembelian emas atau properti, properti tersebut biasanya berupa tanah, rumah, dan lain-lain.

Sedangkan untuk investasi pada aset keuangan bisa dilakukan dengan cara membeli saham, deposito, reksadana dan sebagainya. Investasi pada umumnya tidak memiliki resiko yang besar namun tetap menjanjikan keuntungan yang sangat menggiurkan.

Jika kamu tertarik untuk melakukan investasi ada beberapa hal penting yang perlu kamu cermati sebelum memutuskan untuk berinvestasi yaitu:

4 Hal Yang Perlu Dicermati Sebelum Berinvestasi

1. Tujuan kamu Melakukan Investasi

Sebelum melakukan investasi ada baiknya jika kamu merencenakan tujuan investasi yang jelas. Jika kamu memiliki tujuan yang jelas dan dijalankan secara sistemastis maka besar kemungkinan bisnis yang kamu kelola pun akan berjalan dengan lancar hingga mencapai kesuksesan.

Banyak pelaku investasi yang mengalami kegagalan dikarenakan hanya memikirkan keuntungan yang akan diraihnya akan tetapi tidak merencanakan tujuan investasi yang jelas dan sistemastis.

Baca Juga: Investasi Sebagai Pendapatan Utama: Apa dan Bagaimana?

Salah satu perencanaan investasi yang baik adalah dengan merencanakan pola keuangan bisnis investasi yang memadai agar bisnis yang kamu jalankan nantinya tidak akan terganggu oleh kendala-kendala keuangan yang tidak perlu

2. Hitung Pendapatan yang kamu Miliki

Sangat penting untuk mengatur pendapatan yang kamu miliki dengan cara mencatat semua jenis pemasukan keuangan secara rinci. Dengan mencacat semua pemasukan yang kamu miliki tersebut maka kamu akan mengetahui tentang kondisi keuangan kamu.

Jika kamu sudah mengetahui kondisi keuangan dengan baik, maka kamu bisa menyesuaikan banyaknya modal yang akan kamu berikan untuk bisnis kamu tersebut. Pastikan kondisi keuangan kamu ada dalam keadaan yang stabil.

Baca Juga: Cara Menghitung Bunga Mendanai di KoinWorks

Karena jika kondisi keuangan kamu masih dalam keadaan yang tidak menentu maka bisnis investasi yang akan jalankan pun tidak akan berjalan dengan lancar.

3. Hutang Piutang yang kamu Miliki

Hutang piutang juga merupakan hal yang perlu kamu cermati sebelum melakukan investasi. Banyak para pelaku bisnis yang gagal menjalankan bisnisnya karena mengabaikan hal ini.

Baca Juga: Apa itu Debt Stacking dan Bagaimana Cara Menerapkannya?

Dalam dunia bisnis, sangatlah penting untuk memiliki kemampuan dalam pengelolaan keuangan dengan cara mengatur strategi yang tepat dan akurat saat akan menanamkan modal investasi.

Jika kamu masih memiliki banyak hutang piutang yang belum terbayarkan maka sebaiknya kamu terlebih dahulu melunasinya, karena bisa jadi hutang piutang tersebut akan menjadi kendala yang dapat mengganggu bisnis investasi yang kamu jalankan.

4. Banyaknya Aset yang kamu Miliki

Aset berharga yang kamu miliki inilah yang akan menjadi modal awal kamu dalam mendapatkan keuntungan investasi di masa yang akan datang.

Semakin banyak aset yang kamu miliki maka akan semakin besar pula keuntungan yang mungkin kamu dapatkan karena kamu tidak perlu mencari sumber dana lain untuk menanamkan modal.

Baca Juga: Mengenal Investasi dan Cara Memulai Investasi dengan Rp 1 juta

Dengan begitu sangatlah penting untuk memperbanyak aset berharga agar stabilitas bisnis yang kamu jalankan pun akan semakin meningkat. Oleh karena itu sangat dianjurkan untuk memperbanyak aset berharga untuk lebih memudahkan kamu dalam melakukan investasi.

Demikianlah beberapa hal yang perlu kamu cermati sebelum berinvestasi. Dari semua hal yang penting diatas ada satu hal penting lainnya yang perlu kamu perhatikan. Hal tersebut adalah keyakinan dan kesungguhan dalam diri kamu dalam melakukan investasi tersebut.

Jika kamu masih merasa tidak yakin, maka lebih baik urungkanlah niat kamu untuk berinvestasi karena kesungguhan dan keyakinan seseorang dapat menjadi sebuah motivasi tersendiri untuk menjalankan bisnis investasi yang sesuai dengan apa yang diharapkan oleh orang tersebut.

Simulasi Pendanaan KoinWorks
  • 1
  • 2
  • 3
  • 4
Ketahui profil risiko investasi Anda
Profil Risiko

Berdasarkan hasil profiling kami, maka risiko investasi yang cocok untuk Anda adalah dengan imbal hasil hingga .

Jumlah dan Jangka Waktu Investasi

Masukkan jumlah dan jangka waktu pendanaan untuk mensimulasikan diversifikasi dan imbal hasil yang akan kamu dapat.

Rp ,00
Rp ,00
Perkenalkan diri Anda

Kami akan memberikan informasi mengenai promo KoinWorks setiap bulannya ke email Anda.

+62
Rekomendasi Diversifikasi

Dengan modal awal Rp dan tambahan Rp tiap bulan, maka rekomendasi diversifikasimu adalah sebagai berikut:

Dana awal:
Tiap bulan:
Dana awal:
Tiap bulan:
Dana awal:
Tiap bulan:
Dana awal:
Tiap bulan:
Dana awal:
Tiap bulan:
Dana awal:
Tiap bulan:
Dana awal:
Tiap bulan:
Dana awal:
Tiap bulan:

Dengan imbal hasil sebesar per tahun, setelah tahun maka perkiraan pengembalian uangmu adalah sebagai berikut

Rp,-

Mulai Mendanai

Mulai lakukan pendanaan di aplikasi KoinWorks sekarang dan dapatkan gratis KOIN (dana percobaan) sebesar Rp350.000,- untuk Anda gunakan di KoinP2P

Install Aplikasi KoinWorks
Jonathan
Head of Marketing at KoinWorks
0 0 vote
Article Rating

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

1 Comment
Inline Feedbacks
Lihat semua komentar

Langganan via Email​

Dapatkan Tips dan Berita Keuangan Gratis di Inbox Anda​