Hindari 5 Kesalahan Keuangan yang Bisa Merusak Pernikahan – Masalah keuangan yang terjadi di dalam rumah tangga menjadi salah satu faktor yang menyebabkan pernikahan rusak.

Hati-hati, apabila tidak dihindari atau dihadapi dengan baik, bisa berujung pada hal-hal yang tidak diinginkan. Salah satunya ialah perceraian. Mencegah agar masalah keuangan tidak terjadi di masa depan menjadi hal penting yang perlu Anda lakukan.

Baca juga: Begini Trik Mempersiapkan Biaya Pernikahan Dengan Investasi

Pada pembahasan kali ini akan dijelaskan tentang 5 kesalahan keuangan yang bisa merusak pernikahan Anda. Jangan sampai Anda melakukan salah satu kesalahan di bawah ini.

Hindari 5 Kesalahan Keuangan yang Bisa Merusak Pernikahan

1. Anda dan Pasangan Tidak Terbuka Tentang Uang

8 Tips Keuangan untuk Pasangan yang Baru Menikah

Solusi terbaik untuk memecahkan masalah keuangan adalah dengan komunikasi yang baik antara Anda dan juga pasangan.

Jika Anda tidak pernah membicarakan berbagai masalah keuangan dengan pasangan, Anda tidak akan pernah tahu apa yang menjadi masalah dan keinginan tentang uang dari pasangan Anda.

Baca juga: Tips Keuangan: Ikuti Tips Ini Demi Mempersiapkan dan Menghemat Biaya Pernikahan

Jangan menjadi pribadi yang tertutup dengan pasangan Anda sendiri, beri tahu pasangan Anda bagaimana Anda ingin menyimpan uang, jelaskan tujuan Anda berhemat kepada pasangan, dan dengarkan apa pikiran pasangan Anda tentang keuangan keluarga.

Dengan komunikasi yang terbuka antara satu dengan yang lainnya, maka langkah selanjutnya Anda bisa mulai bekerja sama dengan pasangan tentang bagaimana uang yang dimiliki akan disimpan dan dihabiskan.


2. Jangan Terlalu Emosional dengan Uang

Zodiak Berpeluang Kaya Raya Sebelum Usia 30!

Bisa saja suatu saat Anda bekerja keras berhemat dan menyimpan uang, tetapi pasangan Anda malah menghabiskannya untuk membeli smartphone baru atau membeli mobil baru.

Hal yang wajar jika Anda marah atas hal tersebut. Namun, hal ini bukanlah langkah yang tepat untuk mengatasi masalah yang sudah terjadi.

Baca Juga: Agar Pengelolaan Gaji Bisa Lebih Terarah, Coba 5 Tips Ini

Sebaiknya berbicara dan mulai satukan pikiran Anda dan pasangan tentang bagaimana cara menghabiskan uang dan menyimpan uang.

Jelaskan kepada pasangan tentang pentingnya berhemat dan tidak berfoya-foya menghabiskan banyak uang.


3. Tidak Memiliki Dana Darurat

mempersiapkan dana darurat - emergency fund

Anda tidak akan pernah tahu, jika suatu saat tertimpa musibah secara mendadak seperti mengalami kecelakaan, mobil rusak, atau terkena PHK dari perusahaan.

Saat hal tersebut terjadi, keuangan Anda akan kacau balau, jika tidak mulai mempersiapkan dana darurat.

Baca Juga: Agar Keuangan Tetap Terkendali, Coba 5 Aplikasi Pengelola Keuangan Ini

Ajak pasangan Anda untuk mulai menyisihkan uang sebagai dana darurat yang bisa digunakan untuk berbagai keperluan yang mendesak seperti di atas.

Idealnya Anda harus memiliki dana darurat sebesar minimal 6 kali pengeluaran bulanan keluarga.


4. Anda Tidak Memiliki Anggaran untuk Bersenang-Senang

8 Tips Keuangan untuk Pasangan yang Baru Menikah

Seimbang dalam menjalani hidup, di mana Anda bisa menyisihkan uang untuk ditabung dan untuk bersenang-senang merupakan sebuah langkah bijak untuk diterapkan bersama pasangan.

Jangan terlalu kaku dan hanya berfokus untuk menyimpan uang, tanpa memikirkan tentang dana bersenang-senang.

Baca Juga: 6 Tips Hemat Untuk Wanita yang Wajib Diterapkan

Hal yang harus digarisbawahi di sini adalah bersenang-senang tidak selamanya harus mengeluarkan banyak uang yang menguras pendapatan bulanan.

Anda tetap bisa bersenang-senang bersama dengan pasangan dengan hemat. Ajak pasangan Anda makan malam romantis, berjalan-jalan ke pantai, melihat event di akhir pekan, atau sekedar berjalan-jalan di mal.


5. Anda Tidak Jujur tentang Uang

8 Tips Keuangan untuk Pasangan yang Baru Menikah - keuangan yang berantakan - 5 Pertimbangan Penting Sebelum Menggunakan Jasa Penasihat Keuangan

Jangan membiasakan diri Anda menyembunyikan pengeluaran dari pasangan, seperti pengeluaran untuk membeli pakaian, makan mewah di restoran, dan membeli perhiasan baru.

Saat sudah menikah, maka masalah keuangan Anda akan menjadi masalah keuangan bersama. Dengan demikian kebiasaan tertutup dan tidak jujur tentang masalah keuangan harus Anda hilangkan mulai saat ini.

Baca Juga: Dapatkan Passive Income dengan Investasi Online P2P Lending

Anda jangan pernah berpikiran, bahwa pasangan tidak perlu mengetahui kebiasaan belanja dan hutang yang dimiliki.

Buka komunikasi dan biasakan terbuka tentang masalah keuangan dengan pasangan Anda. Saat sudah menikah Anda dan pasangan harus saling memahami setiap masalah keuangan yang dimiliki.


Jika sudah terlanjur, bagaimana memperbaikinya?

8 Tips Keuangan untuk Pasangan yang Baru Menikah 4 - aturan penting soal uang

Lima hal di atas merupakan beberapa faktor utama yang banyak merusak rumah tangga sebuah keluarga.

Jangan biarkan keluarga Anda rusak hanya karena masalah keuangan seperti yang sudah kami sampaikan di atas.

Baca Juga: 3 Alasan Kenapa Investasi Itu Perlu Dilakukan Sekarang Juga

Jika Anda dan pasangan sudah terlanjur melakukan hal di atas, maka mulailah memperbaiki diri dan berkomitmen untuk tidak lagi melakukan hal tersebut. Apa lagi yang penting dalam keuangan rumah tangga?

Jangan lupakan investasi!

Dengan berinvestasi, Anda bisa lebih mudah mencapai berbagai tujuan keuangan yang diimpikan di masa depan.

Baca Juga: Mempersiapkan Dana Pensiun Dengan Rp 100.000 Setiap Hari

Tujuan keuangan tersebut bisa berupa impian liburan bersama keluarga, membayar DP rumah, membiayai dana pendidikan anak, membeli kendaraan untuk keluarga, dan lain sebagainya.

Semua itu bisa Anda capai dengan berinvestasi di platform peer-to-peer lending seperti KoinWorks. KoinWorks merupakan instrumen investasi yang bisa dimulai dengan modal mimimal Rp100.000 saja.

Meskipun modal untuk memulainya sangat minim, imbal hasil yang bisa didapatkan sangat tinggi yaitu, mampu mencapai bunga efektif 18% dalam setahun.

Baca juga: 7 Tanda Ini Menunjukkan Bahwa Anda Belum Siap Membeli Rumah, Jangan Dipaksakan

Bahkan investasi di KoinWorks juga semakin menguntungkan karena bisa mengikuti #invite2invest Referral Contest di mana Anda dan pasangan berkesempatan untuk mendapatkan iPhone X, liburan gratis ke Singapura dan Jepang untuk 2 orang, serta hadiah-hadiah menarik lainnya.

Caranya gampang sekali. Setelah mendaftar sebagai investor di KoinWorks, undang rekan/keluarga Anda untuk menjadi investor dengan membagikan Kode Referral pada dashboard Anda.

Baca juga: 3 Cara Memanfaatkan THR dengan Bijak, Anda Pasti Bisa!

Jika Anda berhasil mengundang 3 Active Referral yang berinvestasi sebesar Rp1 juta saja, Anda bisa mendapatkan Rp300 ribu di Kas Anda. Keterangan lengkap, silakan rujuk artikel berikut ini.

Bagaimana sangat menarik sekali bukan?

Jangan lupa, tetap prioritaskan investasi sebagai salah satu pengeluaran yang perlu Anda lakukan bersama dengan pasangan setiap bulannya. Cukup sisihkan minimal 10% dari penghasilan Anda untuk dialokasikan ke berbagai instrumen investasi.

Ke depannya, semoga Anda dan pasangan bisa terhindar dari kesalahan keuangan yang bisa merusaka pernikahan, ya.


Agar kami dapat memahami kebutuhan informasi Anda dengan baik dan menyediakan konten yang berkualitas serta informatif kepada setiap pembaca, mohon luangkan waktu untuk mengisi survey singkat di halaman berikut.

Download Aplikasi KoinWorks

apple app store iosgoogle play store android app

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.