Mengakui Ketidaktahuan Akan Sesuatu, Ini Manfaat dan Cara Mendapatkan Banyak Pengetahuan Baru

·
4 menit
penasihat keuangan jurusan matematika

Mengakui Ketidaktahuan Akan Sesuatu, Ini Manfaat dan Cara Mendapatkan Banyak Pengetahuan Baru – Banyak orang berpikir bahwa kemampuan seseorang untuk mendapatkan pekerjaan didasarkan pada pengetahuan dan bakat yang mereka miliki dalam hal tertentu.

Begitu juga para karyawan yang mendapatkan pelatihan intensif, biasanya hal ini bisa terjadi karena sebelumnya mereka dianggap sebagai seorang profesional dan dihormati.

Baca Juga: 6 Keterampilan Kerja yang Bisa Membantu Anda Menghasilkan Lebih Banyak Uang

Beberapa alasan di atas jugalah yang menjadi faktor mengapa banyak orang sulit mengatakan dan mengakui bahwa mereka tidak tahu akan sesuatu.

Padahal kenyataannya tidaklah demikian, potensi dan kepasitas seseorang untuk belajar jauh lebih penting dan jauh lebih berharga daripada pengetahuan yang telah dimiliki.

Bagaimana hal di atas bisa terjadi?

Berikut ini penjelasannya dan cara mudah mendapatkan lebih banyak pengetahuan baru.


4 Cara Mendapatkan Pengetahuan Baru

Belajar dari Apa yang Anda Miliki

belajar hal yang disukai di perguruan tinggi - Mengakui Ketidaktahuan Akan Sesuatu, Ini Manfaat dan Cara Mendapatkan Banyak Pengetahuan Baru

Langkah awal yang perlu Anda lakukan untuk mendapatkan pengetahuan baru adalah mengumpulkan setiap informasi yang diperlukan. Hal yang tidak kalah penting adalah memastikan bahwa sumber informasi bisa diandalkan dan dapat dipercaya.

Baca Juga: 7 Universitas Termahal di Dunia, Siapkan Dana Pendidikan dari Sekarang

Anda bisa membuat sebuah daftar konsep yang perlu diketahui lebih lanjut, inilah langkah awal untuk mendapatkan pengetahuan baru.


Belajar dari Berbagai Sumber

7 Tips Belajar Bahasa Inggris dengan Mudah dan Cepat, Tak Perlu ke Luar Negeri! - Mengakui Ketidaktahuan Akan Sesuatu, Ini Manfaat dan Cara Mendapatkan Banyak Pengetahuan Baru

Jika langkah di atas untuk mendapatkan pengetahuan baru sudah dilakukan, maka Anda bisa melanjutkannya dengan memfokuskan diri untuk mengetahui apa yang tidak diketahui selama ini.

Ada banyak sekali sumber pengetahuan yang bisa digunakan yaitu buku, podcast, mengikuti seminar, pelatihan, atau pendidikan. Pastikan sumber pengetahuan yang Anda dapatkan berasal dari sumber yang bisa dipercaya dan kredibel.

Baca Juga: 9 Alasan Mengapa Anda Tidak Mendapatkan Kenaikan Gaji, Lakukan Perbaikan Segera!

Bukankah mengikuti pelatihan dan pendidikan membutuhkan banyak biaya?

Memang benar, namun Anda tidak perlu khawatir jika saat ini tidak memiliki dana yang cukup untuk membayar dana pendidikan yang akan diikuti.

Saat ini telah ada solusi pinjaman dana pendidikan yang bisa digunakan. Salah satunya adalah pinjaman dana pendidikan formal dan non-formal yang ditawarkan oleh KoinPintar.

KoinPintar menawarkan pinjaman dana dengan suku bunga rendah yaitu mulai dari 0,75% per bulan atau sekitar 9% per tahun.

Suku bunga yang jauh lebih rendah daripada suku bunga yang ditawarkan oleh lembaga keuangan yang lain.

Baca Juga: Kapan Usia yang Tepat Bagi Anak-Anak untuk Belajar Bahasa Inggris?

Tidak hanya itu saja kemudahan yang akan didapatkan, pinjaman yang telah diambil selanjutnya bisa diangsur sampai dengan 12 bulan ke depan.

Cara seperti ini tentu saja jauh lebih ringan daripada harus membayar biaya pendidikan secara langsung di muka.

Setiap bunga dan beban akan diinformasikan secara transparan kepada Anda dan tidak ada yang disembunyikan. Sehingga Anda tidak akan mendapatkan beban bunga yang tiba-tiba bertambah atau jumlah cicilan yang berubah.

Baca Juga: 12 Keterampilan yang Perlu Diasah Untuk Mengembangkan Bisnis, Sudah Punya?

Berbagai kemudahan di atas bisa terjadi karena tujuan utama dari KoinPintar adalah membantu seluruh masyarakat di Indonesia mendapatkan pendidikan dan keterampilan yang berkualitas tanpa perlu khawatir dengan suku bunga yang memberatkan atau biaya pendidikan yang mahal.


Menerapkan Apa yang Telah Anda Ketahui

Perhatikan jeda saat berbicara presentasi yang baik - Mengakui Ketidaktahuan Akan Sesuatu, Ini Manfaat dan Cara Mendapatkan Banyak Pengetahuan Baru

Pengetahuan dan keterampilan yang dimiliki akan semakin bermanfaat, jika Anda mampu membagikan informasi tersebut kepada orang lain.

Tidak hanya itu saja, pengetahuan baru yang dimiliki bisa juga digunakan untuk memberikan solusi atas setiap masalah yang terjadi.

Baca Juga: 9 Alasan Mengapa Anda Tidak Mendapatkan Kenaikan Gaji, Lakukan Perbaikan Segera!

Itu artinya pengetahuan baru yang Anda miliki akan sangat bermanfaat untuk pengambilan keputusan yang jauh lebih baik dari sebelumnya.


Berdiskusi dan Melakukan Brainstorming

berikan penekanan pada tiap kalimat presentasi yang baik - Mengakui Ketidaktahuan Akan Sesuatu, Ini Manfaat dan Cara Mendapatkan Banyak Pengetahuan Baru

Prinsip yang harus Anda pegang setiap saat adalah semua orang memiliki pengetahuan dan keterampilan yang bermanfaat. Anda bisa mendapatkan pengetahuan baru tersebut dengan cara berdiskusi dengan orang-orang yang tepat.

Anda bisa mengajak rekan kerja, teman, atau pimpinan Anda di kantor untuk berdiskusi tentang masalah apapun.

Melakukan diskusi dan brainstorming merupakan langkah potensial untuk menemukan solusi kreatif atas setiap masalah yang sedang dihadapi, tentu saja anda berkesempatan mendapatkan pengetahuan baru.

Baca Juga: Belajar di Perguruan Tinggi Tidak Selamanya tentang Gaji Tinggi, Simak Alasan Berikut!

Berdasarkan penjelasan di atas dapat diketahui bahwa sikap rendah hati dan merasa tidak tahu adalah sikap yang penting untuk mengembangkan diri menjadi lebih baik dari sebelumnya.

Jangan pernah merasa bahwa Anda telah mengetahui segala hal, sebab sikap seperti ini tidak akan membuat Anda menjadi pribadi yang berkembang dan lebih baik.

Teruslah mengasah pengetahuan baru dan keterampilan dengan mengikuti pendidikan dan pelatihan dalam bidang apapun.

Baca Juga: 7 Tips yang Bisa Diterapkan Untuk Memilih Universitas Terbaik, Jangan Salah Pilih!

Tidak perlu khawatir dengan biaya pendidikan yang harus dibayarkan, sebab saat ini telah ada solusi pinjaman dana pendidikan yang ditawarkan oleh KoinPintar untuk Anda semua.

KoinPintar akan menawarkan pinjaman dengan suku bunga rendah yaitu mulai dari 0,75% per bulan atau sekitar 9% per tahun. Tidak hanya itu saja, pinjaman yang telah Anda ambil bisa dicicil sampai dengan 12 bulan ke depan.

Dimana hal ini tentu saja jauh lebih ringan daripada harus membayar biaya pendidikan secara langsung di muka.

Kami berharap informasi di atas bisa memberikan banyak manfaat dan inspirasi kepada Anda semua.

 

Wahyu Utama
Freelance Content Writer

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

0 Comments
Inline Feedbacks
Lihat semua komentar

Langganan via Email​

Dapatkan Tips dan Berita Keuangan Gratis di Inbox Anda​

Super Financial App yang
membawamu #MelangkahLebih