Kapan Usia yang Tepat Bagi Anak-Anak untuk Belajar Bahasa Inggris?

belajar bahasa pertama, baru bahasa Inggris

Kapan Saat yang Tepat Bagi Anak-Anak Belajar Bahasa Asing? – Semua orangtua pasti ingin hal yang terbaik untuk anaknya, termasuk dalam hal pendidikan. Mengajak anak-anak untuk belajar dan mahir berbahasa Inggris banyak dilakukan oleh orangtua saat ini.

Hal di atas sangat wajar, sebab keterampilan berbahasa inggris bisa memudahkan anak Anda untuk berkompetisi dengan orang lain di dunia pekerjaan dan bisnis.

Baca Juga: 5 Skill yang Perlu Diasah Sebelum Memasuki Dunia Kerja

Hal yang membingungkan para orangtua adalah kapan waktu terbaik untuk mulai mengajarkan anak-anak bahasa kedua. Pada kesempatan kali ini, kami akan mencoba menjelaskan kepada Anda tentang usia terbaik untuk belajar bahasa inggris.

Berikut ini penjelasan selengkapnya.

Kapan Saat yang Tepat Bagi Anak-Anak Belajar Bahasa Asing?

Usia 3 Atau 4 Tahun

belajar bahasa Inggris sejak usia dini

Sebuah studi yang dilakukan oleh Harvard University menunjukkan bahwa kreativitas, keterampilan berpikir kritis, dan fleksibilitas pikiran bisa meningkat secara signifikan saat anak-anak belajar bahasa kedua di usia dini.

Tiga tahun pertama seorang anak diyakini sebagai periode yang penting di dalam kehidupan anak. Penjelasan ini menunjukkan bahwa anak-anak mempunyai kemampuan alami untuk belajar dan bisa dikembangkan selama 3-4 tahun pertama kehidupan mereka.

Baca Juga: 7 Biaya Terbesar di Tahun Pertama Kelahiran Bayi

Pada usia ini sebenarnya Anda bisa mulai mengajarkan anak-anak bahasa kedua. Meski terdengar sulit dilakukan, belajar bahasa Inggris di usia dini bisa dengan mudah dilakukan anak-anak di usia dini.

Ada sebuah penelitian yang memperkuat pernyataan di atas, yakni ditemukan bahwa 50% kemampuan anak untuk belajar berkembang pada usia 4 – 8 tahun. Inilah alasannya mengapa anak berusia 3-4 tahun sangat dianjurkan untuk belajar bahasa kedua.

Awal Masa Remaja

Belajar bahasa Inggris sejak remaja

Ada sebuah penelitian yang dilakukan terhadap 17.000 anak-anak di Inggris yang belajar bahasa Perancis di sekolah. Penelitian ini menunjukkan bahwa anak-anak yang mulai belajar bahasa asing pada usia belasan tahun memiliki tes kemampuan bahasa yang lebih baik dibandingkan dengan anak yang belajar di usia 8 tahun.

Sampai saat ini, studi kasus di atas menjadi penelitian terbesar mengenai anak-anak yang belajar bahasa asing di ruang kelas. 

Baca Juga: 4 Masalah Pendidikan yang Banyak Dihadapi Orang, Bisakah Diperbaiki?

Selain itu ada temuan lain yang menyebutkan kalau remaja yang belajar bahasa asing sebelum berusia 15 tahun memiliki pengucapan yang lebih baik saat menggunakan bahasa kedua dibanding yang tidak belajar di bawah usia tersebut.

Hal ini menunjukkan bahwa semakin muda seseorang belajar bahasa kedua, maka akan semakin baik mereka mengembangkan aksen bahasa tersebut.

Meski demikian, penelitian lain mengungkapkan kalau anak-anak yang berusia di atas 15 tahun dan orang dewasa lebih baik dalam mempelajari bahasa baru daripada anak-anak yang lebih muda.

Hal ini bisa terjadi karena mereka yang berusia dewasa mempunyai pengalaman dan kognitif yang lebih baik daripada anak-anak yang masih muda.

Mulai dari Bahasa Pertama

belajar bahasa pertama, baru bahasa Inggris

Jika bahasa pertama seorang anak belum dikembangkan dengan baik, maka sebaiknya Anda harus menghindari anak-anak untuk belajar bahasa kedua. Penelitian menunjukkan bahwa mempelajari bahasa ganda secara langsung pada anak tidak memungkinkan mereka untuk menjadi mahir dalam salah satu bahasa yang dipelajari.

Berdasarkan penejelasan di atas dapat diketahui bahwa mempelajari bahasa kedua bisa dilakukan pada saat anak-anak berusia 3-4 tahun.

Namun, sebelum mengajarkan mereka bahasa kedua, Anda harus memastikan bahwa anak sudah memahami dengan baik bahasa pertama mereka.

Jangan pernah memaksakan mereka untuk mempelajari bahasa kedua, saat bahasa pertama belum dikuasai dengan baik.

Baca Juga: 7 Tips Belajar Bahasa Inggris dengan Mudah dan Cepat

Sebakinya, Anda mengajarkan anak-anak untuk belajar bahasa kedua di usia di bawah 15 tahun atau pada usia sekitar 11 – 13 tahun agar lebih optimal.

Jika sudah mengetahui usia yang tepat untuk mengajarkan anak belajar bahasa kedua, maka inilah saatnya untuk memilih tempat kursus bahasa Inggris yang terbaik dan berkualitas untuk anak Anda.

Anda tidak perlu khawatir dengan biaya pendidikan yang mahal dan bisa memberatkan keuangan keluarga.

KoinPintar bisa menjadi solusi pinjaman dana pendidikan yang bisa Anda gunakan untuk membiayai dana pendidikan anak-anak. KoinPintar bertujuan untuk membantu masyarakat Indonesia mendapatkan pendidikan yang berkualitas.

Hal inilah yang menjadikan suku bunga pinjaman dari KoinPintar sangat rendah yaitu mulai dari 0,75% per bulan.

Hal yang sangat menarik adalah pinjaman yang Anda ambil bisa dicicil sampai dengan 12 bulan ke depan. Hal ini tentu saja lebih meringankan daripada harus membayar biaya kursus di muka.

KoinPintar akan membantu anak Anda mendapatkan keterampilan bahasa Inggris yang akan bermanfaat di masa depan.

Semoga menginspirasi!

Dapatkan berbagai informasi seputar Gaya Hidup lainnya hanya di KoinWorks.

Tentang Penulis
Wahyu Utama

Wahyu Utama

Freelance Content Writer
Kalkulator finansial untuk hitung kebutuhan kamu

Hitung semua keperluan finansial kamu cukup di satu tempat

Punya uang Rp.100 Ribu? Mulai pendanaan sekarang dan dapatkan keuntungan hingga 14,5%.